Deteksi Dini Kemampuan dengan Tes Bakat Online

149 views

Tes Bakat Online

Setiap orang memiliki potensi yang berbeda antara satu orang dengan orang lainya. Oleh sebab itu, untuk menggali potensi, maka harus dilakukan deteksi mengenai minat dan bakat dari tiap-tiap individu.

Salah satu tools untuk melakukan deteksi kemampuan diri dapat dilakukan dengan tes bakat online.

Beberapa kelebihan dari tes bakat online yaitu kemudahan akan akses, prosedur sederhana, waktu yang fleksibel, dan pengukuran bakat yang yang lebih baik.

Bagi Anda para human recruitment (HR), tools ini sangat membantu untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan posisi lowongan. Salah satu jasa penyedia jasa ini adalah mercer-mettl yang berpengalaman di bidang ini.

Jenis-Jenis Tes Bakat Online

Berikut jenis-jenis tes bakat online untuk menggali potensi Anda

1. Tes Psikometri

Tes ini mengukur 4 aspek utama kepribadian manusia yaitu, positif traits, dark traits, motivation dan value, serta cognitive ability.

Melalui serangkaian tes anda dapat mengetahui pengembangan manusia yang tepat, recruitment yang sesuai bidang, serta membentuk karakter pemimpin yang sesuai dengan value dari perusahaan. Tes ini sangat penting untuk melihat kepribadian dari setiap orang.

2. Tes Bakat

Tes bakat ini akan memberikan gambaran evaluasi kognitif yang menyeluruh terhadap setiap individu. Tes ini menggambarkan nilai intelligence yaitu kemampuan untuk menyerap hal baru dan bagaiman seseorang dalam penyelesaian masalah yang dihadapi. Tes ini terdiri dari tes penalaran abstrak, penalaran spasial, dan penalaran visual.

Selanjutnya kecerdasan kristal yaitu kemampuan untuk mengambil dan menggunakan informasi di dalam diri untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan. tes ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tes bahasa dan pemahaman, logical dan critical reasoning, penyelesaian masalah, dan tes pengambilan keputusan dan pertimbingan.

3. Tes Coding

Tes bakat online untuk para programer juga dapat dilakukan oleh mercer-mettl yang berpengalaman lebih dari 2000 perusahaan di seluruh dunia. Tujuan tes ini yaitu untuk menilai seorang programer dari keahlian di dalam dirinya.

Beberapa koleksi simulator coding yang tersedia yaitu simulasi coding dasar, simalator database, R simulator, dan simulator full stack. Selain itu mercer-mettl juga menyediakan koleksi tes seperti, tantangan coding java, pengembangan perangkat lunak frot end, peneliti data R, Tes database MySQL.

Tools yang tersedia sangat banyak dan lengkap sehingga bagi anda yang sedang mencari seorang tenaga ahli di bidang programer, penulis sangat merekomendasi perusahaan mercer-mettl. Selain lengkapnya jenis tes hasil yang ditampilkan akurat sehingga kesalahan pemilihan calon akan dapat diminimalisir.

4. Tes Sales Profiler

Tujuan dari tes ini yaitu untuk melakukan proses asesmen dan mengetahui kompetensi dari sales. Tes ini memakan waktu 40-50 menit dengan item yang harus diselesaikan sebanyak 110. Komposisi dari tes ini terdiri dari mettl personality profiler, dan mettl personality inventory.

Mettl personality profilter memiliki fungsi untuk menilai dan mengidentifikasi sifat dan kepribadian dari setiap individu. Sedangkan mettl personality inventory dirancang untuk mengukur sifat-sifat kepribadian yang terkait dengan kekuatan dan peluang improvement seseorang, bagaimana cara mempengaruhi orang lain, dam pemahaman mengenai kepribadian dari seseorang.

5. Tes Domain

Tes bakat online juga dapat mengukur kompetensi teknis dari setiap orang yang dikenal dengan tes domain. Tes ini berfungsi untuk memahami kompetensi berdasarkan pada konteks khusus pekerjaan. tes ini terdiri dari pertanyaan tipe objektif, caselet, dan simulator studi kasus.

Tes bakat online dapat menilai kepribadian seseorang, aspek teknis, cara penyelesaian masalah, serta kemampuan programer seseorang. Hal itu sangat penting bagi anda yang bekerja sebagai HR untuk menemukan bakat yang tepat untuk perusahaan.*

 

Tes Bakat Online

Related Post

Leave a reply