Fungsi Utama Penerapan Digital Platform untuk Manajemen Bisnis

Fungsi Utama Penerapan Digital Platform Untuk Manajemen Bisnis

Dikenal menjadi salah satu bagian dari digitalisasi perusahaan, penggunaan platform digital bisa menjadi solusi bisnis modern.

Melalui integrasi dan orkestrasi teknologi dalam satu solusi, digital platform memberikan beberapa fungsi utama di dalam manajemen bisnis. Bahkan, fungsi tersebut mengakar pada tiga jenis manajemen berikut.

Manajemen SDM

Dalam dunia SDM atau ketenagakerjaan, penggunaan sistem digitalisasi dapat menjadi solusi penyederhanaan tugas. Hal ini akan sangat membantu tugas dari staff SDM dalam mengatur pekerja di dalam perusahaan. Pasalnya, tugas dan tanggung jawab dari setiap staff pun berkaitan dengan banyak hal termasuk absen, jobdesc, dan kinerja.

Jika terjadi kesalahan kecil, maka seluruh sistem SDM dan informasi dapat kacau. Disinilah fungsi platform digital dibutuhkan. Dengan adanya digitalisasi integrasi, informasi detail mengenai SDM dapat diinput dengan mudah dan tepat. Integrasi dari platform pun mengurangi miskomunikasi dan menghindari kesalahan dalam proses bisnis suatu perusahaan.

Manajemen Keuangan

Tak hanya mengenai SDM, fungsi yang perlu dipertimbangkan adalah dapat menunjang kinerja manajemen keuangan. Dalam hal ini, fungsi utamanya adalah mendukung kalkulasi dan memberi info seimbang akan arus kas di dalam perusahaan. Sekali lagi, info mengenai keuangan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena itulah digunakan Digital platform.

Baca Juga

Berbagai informasi mengenai arus keuangan di dalam perusahaan seperti pembelian, utang, penjualan, dan lain sebagainya harus tercatat dengan mendetail. Dalam hal ini, digitalisasi terintegrasi dan ter orkestrasi akan membantu mengurangi kesalahan perhitungan dan human error. Input dari berbagai pihak pun mampu terekam dengan sempurna agar tak terjadi kesalahan.

Manajemen Operasional

Meski kerap dikaitkan dengan aktivitas harian, namun kerancuan di dunia operasional bisnis dapat mempengaruhi kinerja usaha. Dalam hal ini, tugas utama pihak manajemen tak lain adalah mengurus aktivitas, kegiatan, dan produksi sehari hari. Karena itulah, operasional dalam suatu perusahaan dapat berjalan lancar. Namun, tak jarang masih terdapat kesalahan.

Karena itulah fungsi digitalisasi pada manajemen operasional dibutuhkan. Produk digital ini akan membantu perekaman informasi operasional dari tahap awal hingga akhir. Seperti contohnya adalah produksi dari tahap bahan baku, penggunaan mesin, tenaga listrik, SDM, hingga rekam jumlah produksi barang di akhir proses.

Jika diambil garis besarnya, digital platform juga menjadi kunci kesinambungan antara tiga pihak manajemen tersebut. Salah satu hasil terbaik dari penerapan tersebut adalah kemampuan ekspansi.

Sistem operasi, database, storage, komputasi, hingga API application programming interface pun dapat diterapkan di perusahaan untuk menjadi lebih baik.

Dari tiga bidang tersebut, dapat diambil garis besar bahwa kehadiran platform digital ini adalah kunci solusi digitalisasi.

Fungsinya pun fleksibel dan dapat disesuaikan dengan setiap bidangnya. Seperti melakukan pengaturan pada keuangan dan kas, integrasi tugas, hingga pengaturan SDM. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk dari Soltius.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.