Kiat Memandu Acara – Teknik MC dan Moderator

1048 views

BUKU Kiat Memandu Acara – Teknik MC dan Moderator ini sudah “naik pangkat” menjadi salah satu buku nasional –materi pendukung di sekolah-sekolah di Indonesia.

kiat memandu acara - tips mc buku

Buku ini saya tulis atas “desakan” seorang mahasiswa yang merasa sulit mencari buku panduan menjadi pembawa acara atau master of ceremony (MC) dan menjadi moderator acara diskusi.

Berdasarkan pengalaman sebagai penyiar radio yang tugasnya juga memandu acara (siaran radio), sering jadi moderator, dan sesekali jadi MC, ditambah studi literatur, maka jadilah buku saku tentang teknik MC dan Moderator ini.

Buku ini kecil, buku saku, dan tipis, cocok dibawa ke mana-mana untuk dipelajari dan menjadi panduan bagi Anda yang ingin menjadi MC dan piawai melaksanakan tugas sebagai moderator.

Penerbit: Nuansa Cendikia, Bandung. Order: buka www.nuansa.co

Kata Pengantar “Kiat Memandu Acara – Teknik MC dan Moderator”

Berikut ini saya kutipkan kata pengantarnya:

MCMENYEBUT nama “acara” (events) bisa berarti banyak: seminar, pelantikan pejabat, resepsi pernikahan, diskusi, kuis, request, talkshow, peresmian gedung, dan masih banyak lagi. Yang pasti, untuk kelancara acara tersebut, dibutuhkan sebuah kepanitiaan panitia, event organizer (pengelola acara), dan seorang pemandu acara –Master of Ceremony (MC), moderator, penyiar, atau presenter—sebagai ujung tombaknya.

Kesuksesan sebuah acara atau program di televisi, radio, ataupun acara off air di gedung-gedung atau di panggung-panggung (on the stage), banyak ditentukan oleh pemandunya. Sebuah acara bisa berjalan monoton dan membosankan jika pemandunya kurang lincah dan tanggap. Sebaliknya, sebuah acara bisa menjadi sangat menarik dan mengesankan jika pemandunya lincah, enerjik, responsif, dan bahkan bisa menyelipkan humor-humor segar di sela-sela pembicaraannya.

Dengan demikian, sebuah panitia acara tidak boleh sembarangan memilih pemandu acara. Mereka harus memilih orang yang qualified, bahkan profesional. Jika memungkinkan, mereka bisa memilih orang dari kalangan penyiar radio atau presenter televisi yang sudah terbiasa dan mahir menyajikan dan memandu sebuah acara yang disaksikan atau didengar ribuan bahkan jutaan orang.

Banyak acara yang berjalan tidak menarik, menjemukan, bahkan kacau akibat ketidakandalan pemandunya. Sebaliknya, banyak pula acara yang sukses, menarik, meriah, dan “heboh” berkat kepiawaian sang pemandu. Bahkan, sang pemandu acara menjadi “bintang” pada acara tersebut. Memang mestinya begitu –pemandu acara menjadi orang yang paling menonjol dalam sebuah acara.

Bagaimana caranya memandu acara dengan baik sehingga menarik? Itulah yang akan kita kupas secara teoritis dan praktis dalam buku sederhana ini, khusus tentang kiat menjadi MC dan Moderator. *

 

Buku pembawa acara Teknik MC Teknik Moderator

Related Post

Leave a reply