Bisnis Online: Peluang Usaha Berbasis Internet (e-Business)

Judul posting ini, “Peluang Usaha Berbasis Internet (e-Business)”, jika menggunakan “bahasa akademis”, bisa diubah menjadi “Internet: Perspektif Kewirausahaan” atau “Peluang dan Tantangan Usaha Berbasis Internet”. Topiknya: Peluang Bisnis Online.

e-bisnis usaha online

Usaha berbasis internet disebut juga e-business, e-commerce, dan digitalpreneurship atau lebih populer disebut bisnis online.

Kalau Anda ketik kata kunci “bisnis online” di Seach Form blog ini, Anda akan menemukan beberapa posting saya tentang bisnis online, termasuk “28 Cara Bisnis Online” dan “Internet Marketing”.

Internet atau website (blog) di Indonesia sudah berkembang menjadi ajang bisnis. Kita mengenal “marketplace”, tempat para netter melakukan promosi dan transaksi bisnis, seperti kaskus dan tokobagus.

Katanya sih, perusahaan yang bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis mereka, dipastikan akan mendapatkan pendapatan yang jauh lebih besar!

Baca Juga

“Bentar…! Saya bukan bisnisman, bukan pengusaha, bukan pula pelaku bisnis online full time. Posting ini sekadar share tentang “hasil Googling” tentang usaha berbasis internet (e-business). Yang saya amalkan baru dikit!”

Katanya, kemudahan akses internet membuka peluang usaha berbasis internet ikut berkembang, di antaranya penjualan produk melalui internet (online store/toko online), affiliate marketing, network marketing, “menguangkan” space (pemasangan iklan, termasuk adsense), dan menjual jasa internet (provider, hosting, domain, design, content editor, admin sosial media, pelatihan).

Kunci sukses usaha berbasis internet adalah pengelolaan website (blog) agar banyak pengunjung, mudah ditemukan di mesin pencari, dan “disukai” pengunjung. Satu kata untuk itu: SEO!

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses pengelolaan website agar mudah terindeks mesin pencari, mudah nongol di mesin pencari, berada di posisi teratas hasil pencarian, punya ranking baik, meningkatkan traffic pengunjung, okoknya….  jadi web terpopuler dan terbanyak dikunjungi deh.

Keuntungan e-Business

  • Biaya relatif murah. Sewa domain sekitar Rp 100 ribu ber bulan. Sewa hosting standar Rp 300 ribuan. Bahkan, bisa  gratis! Bikin saja blog di WordPress atau Blogspot.
  • Tak perlu kantor atau gedung, cukup di kamar tidur! Baiknya sih, siapkan kamar khusus, ruang kerja gitu deh, biar “khusyu”.
  • Buka 24 Jam! Selama tidak mati listrik, selama ada setrum dan koneksi internet, toko Anda tetap buka.
  • Go International. Usaha Anda dikenal luas di seluruh dunia. Internet gitu loh!

Tahapan e-Business

Tahap awal usaha berbasis internet adalah menentukan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Setelah itu, e-business cuma memerlukan tiga langkah:

  • Bikin blog atau website.
  • Tentukan metode pembayaran (Transfer, PayPal, Kliring, Micropayment, Credit Card).
  • Teknis pengiriman (jasa kurir).

Peluang Bisnis Online

Mengutip suara, berikut ini 4 peluang usaha online dengan modal kecil.

1. Reseller Online

Jika Anda seorang pemula, Anda bisa memilih peluang usaha ini. Menjadi reseller tidak membutuhkan modal besar. Anda justru bisa mendapatkan keuntungan yang besar bila produk yang Anda jual sudah memiliki pasar tersendiri. Anda bisa menjadi reseller dari produk seperti fashion, skincare, ataupun makanan.

2. Dropshipper

Peluang usaha ini juga cukup menjanjikan. Hampir sama dengan reseller, namun modal yang Anda keluarkan untuk jadi dropshipper jauh lebih kecil dari reseller. Anda akan menjualkan produk milik orang lain dengan harga yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

3. Web Developer

Perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan semakin canggih dan berlomba-lomba untuk memperindah tampilan perusahaan mereka melalui Website.

Jika Anda punya ketertarikan dalam bidang ini, bisa menjadi sebuah peluang usaha. Menjadi seorang Web Developer cukup menjanjikan. Tidak sedikit perusahaan yang siap merogoh kocek untuk seorang pembuat atau pengembang website.

4. Jasa Desain Grafis

Memiliki keahlian dalam bidang desain grafis bisa menjadi peluang usaha untuk Anda kembangkan, saat ini sudah banyak freelancer desain grafis yang mengerjakan berbagai desain dari perusahaan-perusahaan besar.

Tidak membutuhkan toko fisik, Anda cukup membutuhkan tempat untuk mengerjakan pesanan desain yang Anda terima, Jasa Desain Grafis tidak terikat dengan waktu.

Itulah 4 Peluang Usaha Online. Enam peluang lainnya saya kutipkan dari Kompas. Berikut ini 6 jenis peluang bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah.

5. Jadi Pengiklan Website (Ads Publisher)

Bisnis online rumahan yang tidak membutuhkan modal banyak adalah menjadi seorang pengiklan website. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak.

Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis pengiklan website. Bisnis ini dirasa simpel dan menguntungkan. Anda bisa membuat website dengan konten yang menarik.

Namun, jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nantinya, bisa ditambahkan iklan atau ads. Tentu dari iklan tersebut bisa didapatkan uang yang lumayan banyak.

Pastikan jika memiliki jumlah visitor signifikan pada website Anda agar nantinya pihak yang ingin produknya diiklankan mau agar iklannya dipasang di website tersebut.

6. Sebagai Pembangun List (List Building)

Bisnis online yang kedua adalah membuat daftar (list building). Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Hanya saja Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik.

Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan. Data yang diambil juga bersifat umum, misalnya membangun list dari nomor WhatsApp, BBM, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender, dan sebagainya.

7. Memasarkan Produk sebagai Affiliate Marketer

Bisnis dengan minim modal lainnya adalah menjadi affiliate marketer. Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan list building dan bisnis ini juga memiliki target pasar.

Anda harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi. Anda akan memasarkan dan menjual produk, misalnya harga dari produk tersebut sekitar Rp10.000 dan bisa dijual hingga Rp50.000 artinya Rp40.000 akan menjadi milik Anda.

8. Membangun Online Shop/Toko Online

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya, toko adalah sebuah bangunan yang di dalamnya tertata rapi barang-barang dagangan, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder.

Namun, lain halnya dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko. Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara.

Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online.

9. Pay Per Post/Content Writer/Penulis

Peluang bisnis online tanpa modal lainnya adalah menjadi seorang penulis atau content writer. Menjadi seorang penulis tidaklah membutuhkan modal yang banyak. Namun, Anda membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik.

Menjadi seorang penulis harus mampu memiliki pengetahuan tentang apa saja yang ada di lingkungan sekitar dan di seluruh lapisan masyarakat. Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pribadi.

10. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa

Peluang bisnis online rumahan tanpa modal lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya.

Dalam bisnis ini, Anda tidak membutuhkaan waktu yang lama untuk mendapatkan uang. Waktu bekerja, waktu duduk, Anda sendirilah yang akan menentukannya.

Dalam bisnis online rumahan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan tentunya koneksi internet yang lancar.

Selamat berbisnis. Jangan lupa bayar zakat, infak, dan sedekah ya….. biar berkah! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. PT. SEMEN TONASA TBK
    mengundang putra/putrid terbaik yang mempunyai semangat, integritas tinggi, ulet dan kometen untuk bergabung dan mengembangkan karir menjadi calon karyawan PT. Semen Sentosa.
    Kantor Perwakilan :
    Alamat: Graha Irama Lt 11
    Jl HR Rasuna Said Kav.1-2, Kuningan Jakarta 12950.

    Di Buka Lowongan untuk :
    1.Technical Trainee Program
    2.Staff Administrasi
    3.Administrasi
    4. Asisstant Management
    5.Analisis Kimia
    6.Pengolahan

    Lokasi Kerja di : Jakarta, Makassar, Balikpapan

    Jenjang D3:
    1. Teknik Mesin
    2. Teknik Elektro (Listrik)
    3. Teknik Fisika / Instrumen
    4. Teknik Kimia
    5. Analis Kimia
    6. Teknik Sipil
    7. Teknik Tambang
    8. Ekonomi Manajemen
    9. Akuntansi
    10. Komunikasi

    Jenjang S1:
    1. Teknik Mesin
    2. Teknik Elektro (Listrik)
    3. Teknik Fisika / Instrumen
    4. Teknik Kimia
    5. Teknik Sipil
    6. Teknik Tambang
    7. Teknik Informatika
    8. Ekonomi Manajemen
    9. Akuntansi
    10. Hukum
    11. Psikologi Industri
    Persyaratan :
    – Pria / Wanita
    – Usia maksimal 30 tahun
    – Pria, pengalaman minimal 1 tahun
    – Pendidikan minimal D3,S1,sedrajat semua jurusan
    – Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif paling rendah 2,75
    – Mampu mengoperasikan komputer (minimal Ms. Word & Excel)
    – Mampu berbahasa asing akan menjadi kelebihan
    – Bersedia mengikuti interview di wilayah kerja PT. Semen Tonasa
    – Bersedia ditempatkan di wilayah kerja PT. Semen Tonasa

    Kelengakapan berkas lamaran :
    1. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup.
    2. Foto Copy ijazah dan transkrip
    3. Fotokopi KTP.
    4. Pasphoto ukuran 4 x 6 cm
    5.No.Telp/Handpone
    6.Email Lengkap

    Kirimkan Lamaran/CV Fax-mail ke :
    Manager HRD PT.Semen Tonasa
    Ir. Syaiful Abunawar
    EMAIL ; Humas@programmer.net

    Kantor Perwakilan :
    Alamat: Graha Irama Lt. 11 Jl. H.R.Rasuna Said Kav.1-2 Kuningan Jakarta 12950