Startup Studio Indonesia, Rumah bagi Talenta Digital Tanah Air

Startup Studio Indonesia, Rumah Bagi Talenta Digital Tanah Air

Demi mendukung talenta digital Tanah Air, pemerintah melalui Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mengadakan program Startup Studio Indonesia (SSI).

Program ini telah serius dijalankan sejak 2020 lalu, dan tak disangka mampu berlangsung hingga batch kelima yang pendaftarannya telah resmi dibuka belum lama ini.

Antusiasme masyarakat terhadap program tersebut pun begitu besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar program SSI dari batch pertama hingga terakhir.

Lantas, apa yang membuat para founder startup antusias dengan program ini? Selengkapnya akan kami rangkum dalam informasi seputar Startup Studio berikut ini.

Apa itu SSI?

Bagi kamu yang serius ingin membangun startup menuju solusi perekonomian negara, wajib mengetahui SSI.

Baca Juga

SSI (Startup Studio Indonesia) merupakan program intensif yang diselenggarakan oleh Kominfo untuk memberdayakan early-stage startup untuk mengakselerasi skala bisnis.

Inisiatif program ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam memperbaiki ekosistem perekonomian digital yang lebih mempermudah pengembangan startup terpilih.

Sekilas mungkin terdengar sebagai sebuah program yang sama dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Namun, keduanya berbeda.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mencari startup pada tahap ideation, sementara target SSI merupakan startup yang sudah berada di tahap angle hingga pre-series A.

Tujuan dari adanya program ini ialah untuk membantu para talenta digital Indonesia dalam mengembangkan skala bisnis dengan lebih cepat. Dukungan maksimal demi tercapainya tujuan tersebut siap diberikan bagi startup terpilih.

Program Startup Studio Indonesia

Sebelum memasuki periode program, para talenta digital yang telah mendaftar akan mengikuti penyeleksian. Mulai dari presentasi hingga wawancara yang nantinya jika berhasil lolos langsung mengikuti pelatihan selama 4-5 bulan.

Berdasarkan batch 4 yang diadakan sebelumnya, program SSI akan dilaksanakan secara online melalui 3 bagian utama, yaitu Startup Diagnosis, Founder’s Camp, dan 1-on-1 Coaching. Termasuk di dalamnya memberikan dukungan pengembangan teknologi selama 2 bulan menyesuaikan kebutuhan.

Pada sesi pertama di tahap Startup Diagnosis, para talenta mendiskusikan tantangan yang selama ini dihadapi. Tujuan dari sesi program tersebut yaitu agar masing-masing peserta dapat dipasangkan dengan coach yang paling cocok.

Pertemuan berikutnya dilanjutkan dengan serangkaian mentoring pada sesi Founder’s Camp dengan para praktisi industri startup yang sudah berhasil mencapai tahap product market fit. Terakhir adalah sesi coaching, yaitu lebih kepada upaya penyempurnaan produk dan model bisnis.

Milestone Day akan menjadi puncak dari serangkaian program, yang mana para finalis berkesempatan memaparkan model bisnis beserta pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup.

Tim SSI memastikan program yang telah dijalani memberikan dampak langsung bagi para talenta digital terpilih, serta dapat segera menyelesaikan tantangan yang didiskusikan pada tahap awal pelatihan.

Kriteria Startup Terpilih

SSI terus berupaya memilih startup berdasarkan tagline awal dibangunnya program ini, yaitu yang “Go The Extra Mile” atau startup yang benar-benar siap untuk dibimbing ke level yang lebih tinggi.

Adapun indikator memilihnya bisa dilihat dari beberapa hal:

  • Founder startup sudah full time
  • Startup telah berbadan hukum
  • Startup menunjukkan kemampuan scale up dan memiliki path to scalability and profitability
  • Startup menunjukkan potensi menuju product market fit, dilihat dari grafik traction active users dan retention rate
  • Startup telah memiliki traction minimal 2-6 bulan
  • Startup berada dalam tahap pendanaan Bootstrap, Angel, Pre-seed

Pengertian Startup, Karakteristik, dan Contohnya

Cara Daftar Startup Indonesia

Dalam perjalanan membangun startup hampir sering founder menemukan tantangan yang menghambat kemajuan. Maka dari itu, dibutuhkan pihak eksternal untuk memberikan perspektif baru yang diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi seperti SSI.

Program atas inisiasi pemerintah tersebut bukanlah program biasa, melainkan rumah bagi para talenta digital sebagai bagian penting dari kemajuan perekonomian negara. Harapannya program ini dapat menjadi tempat belajar untuk menemukan titik terang dari permasalahan yang dihadapi sepanjang perjalanan mengembangkan startup sampai berhasil.

Siapa pun yang sudah memenuhi kriteria persyaratan memiliki kemungkinan besar menjadi startup terpilih pada batch selanjutnya. Tinggal mendaftarkan diri dengan mengisi data yang meliputi nama lengkap, email, nama startup, sektor, kota, dan nomor telepon.

Kunjungi Startup Studio Indonesia untuk mengetahui informasi selengkapnya. Para pakar yang nanti memfasilitasi sangat terbuka dan antusias dengan program ini.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.