Tips Nabung Emas untuk Pemula

nabung emas

Investasi emas bisa dibilang sebagai salah satu pilihan investasi yang menjanjikan bahkan di tahun 2020 ini.

Hanya saja, seperti investasi lainnya, nabung emas juga membutuhkan pemahaman sebelum Anda benar-benar mengeluarkan dana untuk membeli emasnya.

Tips Nabung Emas untuk Pemula

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang memang belum banyak mengetahui seputar emas. Simak ulasannya berikut ini:

1. Kenali Karakter Emas

Hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai nabung emas atau bahkan nabung antam online sekalipun adalah dengan mengenali karakter emas.

Baca Juga

Sifat emas sendiri meski merupakan salah satu logam namun sebenarnya sangat lunak. Maka dari itulah, emas logam mulia antam dilebur dengan logam lainnya sehingga menghasilkan warna sesuai kebutuhan terutama untuk perhiasan.

Dari situ akan ada dua perbedaan yakni perbedaan warna dan nilai karat. Jika Anda ingin nabung emas antam maka mas yang harus Anda pilih adalah yang benar-benar murni.

Untuk menunjukkan kadar kemurnian 99,99% dibuktikan dengan sertifikat resmi sebagai jaminannya. Oleh karena itulah, pastikan membeli emas yang bersertifikat untuk harga jual yang lebih tinggi.

2. Waktu Pembelian Harga

Untuk nabung emas, karena Anda menginginkan keuntungan saat menjualnya nanti maka waktu yang tepat untuk membeli dan memulai investasi emas adalah saat harga emas sedang turun.

Ini berbeda jika Anda mencari emas untuk tujuan sebagai perhiasan yang mana yang terpenting adalah Anda menyukai perhiasan tersebut dan mungkin tidak menunggu harga turun,

Nabung emas sendiri merupakan jenis investasi jangka panjang. Artinya, emas sangat cocok sebagaiĀ  rencana keuangan di masa depan.

Namun ada juga yang memanfaatkan pergerakan ahrganya untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek muga. Namun tentu keuntungan yang didapat tidak seoptimal dari yang didapat pada jangka waktu yang panjang.

Jangan khawatir, sifat emas yang cenderung mudah dicairkan sewaktu-waktu dapat Anda andalkan saat membutuhkan uang tunai.

3. Tujuan Investasi

Yang tidak kalah penting dari nabung emas seperti nabung emas antam online adalah tujuan investasinya. Dengan adanya tujuan investasi, Anda akan memiliki alasan untuk berbagai pertimbangan kapan saatnya untuk mencairkan dan kapan saat menambah jumlah emas yang Anda miliki saat ini.

Sebagai contoh adalah Anda ingin berinvestasi untuk dana pendidikan anak, ingin berinvestasi untuk masa pensiun, simpanan darurat, dan sebagainya.

Anda bisa mempertimbangkan kapan saatnya Anda akan mencairkan emas Anda dapat mempertimbangkan apa langkah untuk meningkatkan nilainya dan sebagainya.

4. Buyback Emas

Penjualan kembali emas atau pihak yang membeli kembali emas dikenal sebagai buyback emas. Dalam nabung emas, ada saat dimana Anda bisa menjual kembali emas tersebut untuk menukarnya dengan keuntungan.

Hanya saja pastikan saat Anda akan melakukan penjualan kembali emas batangan tersebut Anda harus mengetahui harga jual pasaran emasnya.

Pasalnya harga beli dan harga emasnya bisa saja berbeda jauh, oleh karena itulah Anda harus menunggu waktu yang tepat untuk menjual emas yang kita miliki.

Jangan sampai kita menjualnya sebelum harga buyback masih jauh dibawah dari harga belinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek harganya di internet dari situs yang memang berkualitas.

Apabila harga yang ditawarkan itu cocok dengan harga yang Anda ingin incar, maka Anda dapat langsung menjualnya. Namun bila tidak, Anda bisa menyimpannya lebih lama.

Semoga artikel mengenai nabung emas seperti nabung emas Antam ini dapat bermanfaat untuk masa depan Anda dengan investasi yang tepat. Tetap aman dalam berinvestasi.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *