Vlogging, Strategi Meningkatkan Trafik Website atau Blog

  • Whatsapp

vlogging

Dalam sebulan terakhir ini saya mulai aktif ngevlog (vlogging) atau membuat konten video. Akun Youtube ASM Romli saya alihkan ke kanal Romeltea Media.

Saya “sulap” ruang kerja “work at home” saya menjadi studio mini. Saya lengkapi “work station” saya dengan kamera, ring light, microphone, wallpaper foam, busa peredam suara, stiker dinding, hingga tanaman hias bunga.

Jenis vlog atau konten video yang saya buat lebih banyak video podcast (vodcast), solo podcast. Ngomong sendiri, monolog, bicara tentang topik tertentu.

Buat apa saya ngevlog? Mau jadi Youtuber? Bisa jadi. Tapi, tujuan utama vlog saya adalah mempertahankan trafik website atau blog romeltea.com ini, bahkan mudah-mudahan bisa meningkatkan trafik.

Saya coba buat video podcast dengan topik yang sudah ada di blog ini. Nantinya saya update postingan itu dengan menambahkan video. Menurut pakar SEO, salah satu faktor penentu peringkat blog/website di Google adalah keberadaan video dalam postingan.

Baca Juga

Penjelasan lengkap pentingnya vlogging dalam kaitan dengan blogging dan/atau popularitas website bisa disimak pada postingan WP Explorer: “Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Vlogging dan Bagaimana Memulainya?” Berikut ini sadurannya.

Vlogging Membangun Follower

Vlogging bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun pengikut (follower), mempromosikan situs web atau blog Anda, menjual produk atau layanan, menghasilkan prospek, atau, jika Anda berhasil, membuat ketenaran dan kekayaan Anda!

Dalam panduan vlogging ini, kita akan membahas apa itu vlogging, dan manfaat vlogging untuk Anda, situs web, dan bisnis Anda. Kita kemudian akan melihat langkah demi langkah tentang cara membuat vlog, mempromosikannya di YouTube, dan menautkannya ke situs Anda.

Apa itu Vlog?

Vlogging, atau video logging, adalah fenomena yang benar-benar lepas landas dalam 5 tahun terakhir. Sederhananya. vlogging adalah tren blog video.

Berbeda dengan posting blog tertulis, vlogging adalah membuat konten video. Meskipun awalnya dilihat sebagai hobi bagi generasi muda, vlogging belakangan ini menjadi pilihan yang bagus untuk segala usia.

Vlogging dapat didasarkan pada topik, menjadikannya media yang ideal untuk individu dan bisnis. Pilih saja niche Anda dan mulailah merekam.

Namun, membuat video menarik yang menarik penonton bisa jadi jauh lebih sulit… cobalah untuk tidak membiarkan hal ini membuat Anda menyerah!

Ada banyak manfaat dari vlogging, dan apa pun tujuan bisnis atau pribadi Anda, vlogging dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu Anda mencapainya.

vlog romeltea

Di Mana Anda Harus Nge-Vlog?

Mayoritas vlogging terjadi di YouTube. Vlogger yang ngevlog di Youtube disebut Youtuber atau pembuat konten video di YouTube.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Ini memungkinkan siapa pun untuk membuat kanal (saluran) YouTube sendiri, menghasilkan daftar putar (playlist) berlabel dari video yang diunggah, streaming video langsung, obrolan langsung dengan audiens, serta menawarkan banyak fitur lainnya.

Ini menjadikan YouTube sebagai platform ideal untuk vlogger.

Ada juga saluran lain yang populer di kalangan vlogger. Bergantung pada niche dan audiens vlogging Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan vlogging di Vimeo, Facebook atau Facebook Live, dan bahkan Instagram.

Jika Anda memiliki situs web, Anda juga harus mempublikasikan vlog Anda di situs Anda. Namun, jika Anda memposting ke platform lain, selalu lakukan itu di samping YouTube.

Banyaknya pengunjung YouTube menjadikannya tempat tujuan jika Anda ingin menjadi vlogger yang sukses.

Manfaat Vlog

Ada banyak manfaat vlogging, menjadikannya pengejaran yang ideal untuk bisnis dan individu. Jadi mari kita lihat beberapa pro terbaik.

1. Ketenaran dan keberuntungan

Beberapa vlogger paling terkenal telah mengumpulkan ratusan ribu pengikut, dan video mereka ditonton oleh jutaan orang.

Tidak hanya menjadi selebritas, para vlogger ini juga menghasilkan banyak uang melalui iklan di video mereka.

Vlogger populer dapat dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka, memakai merek mereka, dan mengirimkan lalu lintas ke situs web mereka.

2. Jangkau Pemirsa yang Lebih Luas

Menggunakan YouTube sebagai platform untuk vlog Anda memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Mesin pencari ini memastikan bahwa video Anda lebih mudah diakses oleh massa daripada jika Anda baru saja memposting vlog di situs atau blog Anda.

Setelah video Anda dilihat oleh pemirsa baru di YouTube, Anda dapat menggunakan vlog Anda untuk mengarahkan lalu lintas (trafik kunjungan) ke situs web/blog Anda, menghasilkan prospek, menjual produk, dan banyak lagi.

3. Terlibat Langsung dengan Audiens Anda

Vlogging memungkinkan Anda untuk terlibat langsung dengan audiens Anda. Dengan “mengenal Anda” melalui vlog Anda, pemirsa Anda akan dengan cepat mempercayai Anda dan melihat Anda sebagai ahli di bidang Anda.

Dengan terhubung dengan komunitas Anda dengan cara ini, audiens target Anda kemungkinan besar akan mengingat Anda, menggunakan layanan Anda, atau membeli dari situs Anda.

4. Meningkatkan Trafik Web

Banyak blogger dan bisnis menggunakan vlogging untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Menonton video dengan cepat menjadi norma dan jenis media online yang disukai.

Banyak orang sekarang akan menonton video tetapi melewatkan artikel tertulis. Jadi situs web sering menggunakan vlogging untuk menarik pengunjung baru, serta membantu mempertahankan pengunjung saat ini.

5. Promosikan Situs Keanggotaan Anda, Jual Produk, dan Lainnya

Vlog dapat digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda. Apa pun yang dijual situs online Anda, gunakan vlogging untuk mempromosikannya.

Jika Anda menjalankan situs keanggotaan, jelaskan mengapa pemirsa harus mendaftar. Jika Anda memiliki toko eCommerce, tampilkan produk Anda dan beri tahu mereka yang menonton mengapa mereka harus melakukan pembelian. Atau ingin orang mengunjungi blog Anda? Kemudian jual konten tersebut kepada mereka melalui vlog.

Bagaimana Memulai sebagai Vlogger?

Jadi sekarang Anda tahu sedikit tentang apa itu vlogging dan manfaat yang bisa didapat darinya. Selanjutnya, mari kita lihat cara memulai sebagai vlogger.

1. Pertimbangkan Konten Anda

Konten adalah kuncinya. Konten adalah raja. Jika Anda ingin membangun banyak pengikut vlogging maka Anda harus menghasilkan video yang menarik. Temukan “ceruk” (niche) yang menarik minat Anda, atau terkait dengan situs web Anda.

Kemudian luangkan waktu Anda untuk memutuskan konten apa yang akan ada di video Anda. Pertimbangkan untuk memposting video petunjuk, wawancara, sketsa komedi, atau apa pun yang berharga atau menghibur pemirsa Anda.

Beberapa vlogger merencanakan apa yang akan mereka katakan, yang lain hanya ad lib. Apa pun itu, pastikan video Anda menyenangkan, informatif, dan relevan. Vlog Anda harus terhubung dengan audiens target Anda dan menginspirasi mereka untuk menjadi pengikut tetap.

Saat merekam vlog, pastikan Anda menggunakan kamera dengan kualitas video yang tinggi. Uji kualitas suara, dan jika perlu beli mikrofon. Dan rekam video Anda di ruangan yang cukup terang untuk memastikan tidak terlalu gelap.

Jika vlog Anda berkualitas rendah dan sulit untuk ditonton atau didengar, audiens Anda tidak akan berkeliaran, jadi luangkan waktu Anda untuk memperbaikinya.

2. Edit Video Anda

Setelah Anda merekam video Anda, Anda perlu mengeditnya. Edit video bisa di Adobe Premiere atau software editing video lainnya, seperti OpenShot, Movavi Video Editor Plus, VSDC, Lightworks, dan Movie Maker.

Jadi, banyak perangkat lunak pengeditan video gratis yang efektif jika Anda baru memulai.

Saat mengedit video Anda, tambahkan logo situs web Anda serta halaman akhir yang menampilkan “ajakan bertindak” (call to action, CTA). Minta orang untuk menyukai video Anda, berkomentar dalam diskusi di bawah, ikuti saluran YouTube Anda, atau kunjungi situs web Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk membangun komunitas di YouTube, membagikan konten Anda, dan mengarahkan lalu lintas ke situs WordPress Anda.

Setelah video Anda selesai, Anda siap untuk mengunggahnya ke YouTube.

3. Melakukannya dengan Benar di YouTube

Melakukannya dengan benar di YouTube adalah bagian penting dari proses vlogging.

Pertama, Anda perlu menumbuhkan pengikut Anda dan kemudian meyakinkan mereka untuk mengunjungi situs web Anda, mendaftar ke daftar email Anda, membeli produk, atau melakukan apa pun tujuan vlogging Anda. Inilah cara melakukannya…

4. Buat Saluran YouTube Anda Sendiri

YouTube memungkinkan Anda membuat saluran sendiri, tempat Anda dapat mengunggah semua vlog Anda. Anda dapat menambahkan gambar atau logo dan deskripsi Anda sendiri ke halaman saluran Anda, membuat daftar putar Anda sendiri, mengirim pesan, membalas komentar, dan banyak lagi.

Penggemar Anda kemudian dapat mengikuti saluran Anda, sehingga memudahkan mereka menemukan vlog Anda.

5. Tambahkan Metadata Video ke Setiap Vlog yang Anda Posting

Setiap kali Anda mengunggah vlog baru, Anda perlu menambahkan metadata. Ini akan membantu peringkat vlog Anda di YouTube dan Google, serta memudahkan pemirsa baru menemukan Anda.

Tulis judul dan deskripsi untuk setiap video, termasuk kata kunci seperti yang Anda lakukan dengan posting blog. Tambahkan URL situs web Anda di deskripsi sehingga pemirsa dapat dengan mudah mengakses situs Anda.

Sertakan ajakan bertindak, dorong orang untuk membagikan video Anda, menambahkan komentar, atau mengikuti saluran Anda.

6. Gunakan Kartu YouTube

Kartu YouTube memungkinkan Anda menambahkan interaktivitas ke video Anda. YouTube memungkinkan Anda menambahkan lima kartu ke setiap vlog.

Kartu ini menambahkan anotasi ke video Anda. Bergantung pada kartu yang Anda gunakan, Anda dapat menampilkan gambar, judul, ajakan bertindak, dan tautan URL yang dapat disesuaikan ke situs web Anda.

Kartu ini bisa sangat efektif dalam membantu Anda mencapai tujuan vlogging Anda, seperti mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda atau meningkatkan penjualan produk toko online Anda.

7. Tampilkan Vlog Anda di Situs Web Anda

Menampilkan umpan YouTube Anda atau vlog terbaru di situs web Anda adalah cara yang bagus untuk menautkan kedua platform dan mendorong pengunjung situs Anda untuk mengikuti Anda di YouTube.

Cara cepat untuk menambahkan vlog Anda ke postingan blog/website adalah dengan menggunakan dukungan Embed bawaan WordPress untuk video.

Cukup salin tautan (bukan kode sematan – hanya url) untuk video Youtube Anda dan tempelkan ke pos atau halaman mana pun agar video ditambahkan dan diformat secara otomatis.

Video berikut ini ditambahkan dengan copy URL atau salin link video Youtube:

 

Opsi lainnya adalah menggunakan dukungan tema Anda untuk media pos atau halaman unggulan, serta elemen pembuat halaman apa pun. Misalnya tema WordPress yang khusus untuk menampilkan vlog atau video Youtube Anda bernama Vidpro Video WordPress Themes.

 

Theme Vidpro

Pikiran Terakhir tentang Vlogging

YouTube menyediakan analitik yang berguna untuk saluran dan perilaku pemirsa Anda. Jadi, setelah Anda melakukan vlog selama beberapa waktu, pantau analitik YouTube Anda untuk melihat jenis konten vlog apa yang sesuai dengan pemirsa Anda.

Ingat, membangun basis penggemar vlogging bisa memakan waktu. Tetapi jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan segera menjadi yang terdepan dalam persaingan. Semoga berhasil!

 

Artikel Terkait

Leave a Reply