14 Istilah Penting yang Perlu Anda Ketahui sebagai Pengguna Kripto Pemula

14 Istilah Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pengguna Kripto Pemula
Ilustrasi: Pixabay

Game NFT, harga Bitcoin, mining kripto. Kata-kata ini kerap muncul dalam judul berita online, namun bagi mereka yang belum berkecimpung dalam dunia kripto, istilah-istilah tersebut mungkin terdengar asing.

Apabila Anda baru mulai berkecimpung di dunia ini, waktunya Anda belajar beberapa istilah yang sering digunakan di dunia kripto. Berikut adalah 14 istilah penting yang perlu Anda ketahui:

1. Cryptocurrency (Mata Uang Kripto)

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi untuk keamanan transaksi. Bitcoin adalah contoh pertama mata uang kripto yang dikenal luas, tetapi sejak itu, banyak kripto lainnya juga telah muncul.

2. Blockchain

Blockchain adalah teknologi dasar di balik mata uang kripto. Sebagaimana tersirat dari namanya, blockchain terdiri dari rantaian blok berisikan informasi transaksi keuangan yang terhubung dengan satu sama lain menggunakan kriptografi. Maka dari itu seringkali blockchain juga disebut sebagai ‘buku besar digital’ atau ‘digital ledger’. Blockchain terdesentralisasi dan mencatat semua transaksi secara terbuka dan aman.

3. Uang fiat

Mata uang kripto sering disandingkan dengan uang fiat, yakni jenis alat tukar yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara untuk kebutuhan transaksi finansial. Uang fiat yang umumnya dibuat dari kertas dan logam dasar, tidak memiliki nilai intrinsik sebagaimana emas dan perak. Contoh uang fiat adalah Rupiah Indonesia, Yen Jepang, Yuan China, dan Dolar Singapura.

4. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah platform blockchain yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) di atasnya. Ether (ETH) adalah mata uang kripto internal di platform ini.

Baca Juga

5. Stablecoin

Stablecoin adalah jenis mata uang kripto yang nilainya diikat kepada aset lain, seperti mata uang fiat dan logam mulia. Tujuan utama stablecoin adalah mengurangi volatilitas yang sering terjadi di pasar kripto. Contoh stablecoin yang beredar di pasar adalah Tether (USDT) dan USD Coin (USDC), yang nilainya terikat dengan Dolar Amerika Serikat.

6. Altcoin

Singkatan dari alternative coin, altcoin merujuk pada semua mata uang kripto selain Bitcoin. Ether (ETH), Ripple (RPL), dan Litecoin (LTC) adalah beberapa contoh altcoin.

7. Dompet

Dompet disini merujuk pada tempat penyimpanan aset kripto Anda. Ada dompet software, dompet hardware, dan dompet kertas. Dompet software adalah dompet online, bisa berbasis aplikasi smartphone atau website.

Dompet hardware adalah dompet kripto yang disimpan dalam perangkat seperti USB drive, sedangkan dompet kertas merujuk pada selembar kertas berisikan informasi private key dan kode QR dompet Anda.

8. HODL

HODL adalah singkatan untuk “Hold On for Dear Life,” yang artinya tetap memegang aset kripto Anda meskipun harga sedang turun.

9. De-Fi

De-Fi adalah singkatan dari keuangan terdesentralisasi (decentralized finance). Istilah ini mengacu pada platform dan layanan keuangan yang beroperasi di atas teknologi blockchain dan bertujuan untuk menghilangkan perantara tradisional seperti bank.

10. DApp

DApp adalah singkatan dari aplikasi terdesentralisasi (decentralized application). Berbeda dengan aplikasi konvensional yang dijalankan pada server sentral, DApp menggunakan konsep desentralisasi yang dibawa oleh teknologi blockchain. Contoh DApp adalah Mastodon dan BitSong.

11. Mining

Mining (penambangan) dalam kripto adalah proses verifikasi transaksi dan penambahan blok baru ke rantai blok (blockchain). Proses ini membutuhkan cukup banyak energi listrik dan daya komputasi.

12. ICO

ICO atau Initial Coin Offering adalah cara menggalang dana untuk koin atau token baru yang belum dijual di pasaran. Investor yang bersedia untuk mensponsori ICO umumnya akan mendapatkan koin atau token baru tersebut sebagai imbalan atas partisipasi mereka.

13. NFT

Non-Fungible Token (NFT) adalah token kripto yang mewakili kepemilikan unik atas suatu aset digital, seperti karya seni, musik, atau permainan.

14. White Paper

White paper adalah dokumen yang menjelaskan rincian teknis dan visi suatu proyek kripto. Dokumen ini diterbitkan oleh pencipta proyek untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai proyek mereka kepada komunitas kripto dan investor potensial.

Dunia kripto terus-menerus berkembang, dan memahami istilah-istilah di atas adalah langkah awal yang penting bagi para pengguna pemula.

Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya pemahaman Anda tentang cryptocurrency, blockchain, dan istilah-istilah lainnya, Anda dapat lebih optimal dalam memanfaatkan teknologi ini dalam kehidupan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *