Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog

disclaimer blog web

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog. Disclaimer adalah salah satu halaman yang harus ada di blog atau website, selain Tentang (About) dan Kontak (Contact). Berikut ini cara membuatnya di blog Anda.

 

Pengertian Disclaimer

Disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab. Tujuannya memberikan perlindungan bagi pemilik website atau blog sebagai pemberi informasi.

Mengutip laman Yahoo Answers, disclaimer adalah kalimat peringatan kepada konsumen atau publik mengenai kualitas barang riil, artikel, anjuran, advis, ramalan, dan benda abstrak lainnya.

Disclaimer menyatakan kepada pembaca, semua kerugian akibat mengikuti tulisan di blog adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis (bloger). Jadi, disclaimer adalah pernyataan untuk melepaskan tanggung jawab. Isinya berinti pada pemindahkan tanggung jawab dari originator/sumber ke pemakai.

Baca Juga

Menurut Wikepedia pengertian atau arti kata “disclaimer” adalah sebagai berikut:

A disclaimer is generally any statement intended to specify or delimit the scope of rights and obligations that may be exercised and enforced by parties in a legally recognized relationship. In contrast to other terms for legally operative language, the term disclaimer usually implies situations that involve some level of uncertainty, waiver, or risk.

Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menggunakan Google Terjemahan:

Penolakan umumnya adalah pernyataan yang dimaksudkan untuk menentukan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban yang dapat dilaksanakan dan diterapkan oleh pihak-pihak dalam hubungan yang diakui secara hukum. Berbeda dengan istilah lain untuk bahasa operasi legal, istilah disclaimer biasanya menyiratkan situasi yang melibatkan beberapa tingkat ketidakpastian, pengabaian, atau risiko.

Halaman khusus berisi disclaimer penting dibuat di blog. Halaman ini juga menjadi salah satu syarat blog diterima Google AdSense.

Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog

Membuat halaman disclaimer di blog sangat mudah. Langkah pertama adalah menyiapkan naskah atau teksnya. Kita bisa membuatnya di generator disclaimer. Lihat DEMO.

1. Buka Disclaimer Generator.

Akan terbuka halaman seperti ini untuk diisi.

 

2. Setelah mengisi nama blog dan URL, klik NEXT

Akan muncul isian berikutnya.

disclaimer blog web

 

3. Klik CREATE DISCLAIMER

Akan muncul hasilnya. Klik Copy to clipboard

disclaimer blog web

Sekarang ke dashboard blog Anda.

 

4. Klik Pages > Add New

Halaman Baru

5. Isi judul halaman dengan Disclaimer

6. Klik menu Text di kanan atas.

7. Copas teks disclaimer yang di-copy dari Disclaimer Generator tadi

5. Publikasikan!

Untuk di Blogger

  1. Klik Halaman (Pages)
  2. Klik Halaman Baru (New Page)
  3. Isi judul halaman dengan Disclaimer
  4. Klik mode HTML
  5. Copas kode yang dibuat di Disclaimer Generator tadi.
  6. Publikasikan.

Beres!

Halaman Privacy Policy

Selain Disclaimer, ada juga halaman Kebijakan Privasi. Isinya mirip. Untuk blog selfhosted WordPress, halaman ini otomatis dibuatkan saat install WordPress.

Kita tinggal edit atau langsung Publikasikan.

Demikian Cara Membuat Halaman Disclaimer di Blog.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *