Cara Membuat Phlog dan Vlog, Blog Foto dan Video

344 views

phlog dan vlog

ANDA ingin punya blog, tapi malas mengisinya dengan tulisan? Anda punya blog, tapi jarang update karena malas, tak bisa menulis, atau gak sempet nulis untuk mengisinya? Jawabannya adalah Phlog dan Vlog.

Blogging (ngeblog) identik dengan menulis. Menuliskan pengalaman, pengetahuan, perasaan(curhat), pemikiran, atau berbagi tips.

Namun, blog tidak identik dengan tulisan. Isi blog bisa selain teks (tulisan). Karenanya, isi (konten) blog tidak disebut tulisan (writing), tapi “posting”, “postingan”, atau “blog post”.

Post atau posting dalam konteks blogging sesuatu yang diposkan, dipublikasikan, bisa berupa teks, audio, foto/gambar, ataupun video.

Phlog, Blog Foto

Phlog adalah singkatan dari photographic blog atau photo blog.

Aktivitas ngeblog dengan konten khusus foto disebut Phlogging (photo blogging). Blogger atau orang yang melakukannya disebut Phlogger.

Urban Dictionary mengartikan Phlogger sebagai “someone that posts “Phlogs”, Photographic web logs.”

Platform blog khusus foto antara lain flickr.com, picasa.google.com atau Google Photo, dan photoblog.com. Di situs-situs tersebut kita “Upload and Share Photos Online”.

phlog flickr

phlog

Namun, Anda juga bisa membuat blog khusus foto (phlog) di Blogger atau WordPress dan platform lainnya dengan menggunakan template/tema galeri ataupun template biasa.

Tentu saja, media sosial Facebook, Twitter, dan khususnya Instagram juga menjadi media berbagi foto.

Blog foto yang Anda buat bisa dikembangkan menjadi galeri yang menyediakan foto gratis dan berbayar (premium) seperti ShutterStock, 123RF, iStockPhoto, dan Getty Images. Anda juga bisa gabung dan jual foto di sana.

Free stock photo websites dan situs jual-beli foto lainnya:

  1. Fotolia
  2. Dreams Time
  3. Big Stock
  4. Alamy
  5. Stock Fresh
  6. Unsplash
  7. Gratisography
  8. Morguefile
  9. Pixabay
  10. Stockvault
  11. Pexels
  12. Picjumbo
  13. Pikwizard
  14. Rawpixel
  15. Reshot

Cara Membuat Blog Foto

Membuat blog foto adalah cara terbaik agar orang lain menemukan karya-karya fotografi Anda dengan mudah dan memberikan Anda dorongan untuk senantiasa berlatih membuat foto baru dan mengembangkannya menjadi bisnis online.

Untuk membuat blog gratis di Blogger, cara membuatnya sangat mudah. Buat blog dan gunakan template blog gallery. Contoh: Romeltea Foto

Setelah phlog dimuat, Anda tinggal upload atau posting foto-foto terbaik Anda yang sudah diedit, dioptimalkan, diberi watermark untuk melindungi hak cipta. Untuk watermak Anda bisa gunakan Watermak Online Tool.

Vlog, Blog Video

Vlog adalag blog khusus video. Vlog singkatan dari video blog atau video weblog.

Menurut kamus, a video blog or video log, usually shortened to vlog /vlɒɡ/, is a form of blog for which the medium is video, and is a form of web television.

Vlog, short for video weblog, is of course based on the term blog, a contraction of the word weblog which first appeared in 1998. Other recent variations on the same theme include phlog, referring to a photo blog, and moblog, a blog which can be updated via a mobile phone. (Macmillan Dictionary)

Vlog adalah catatan pribadi dalam bentuk video. Vlog termasuk suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video. Youtuber termasuk vlogger, yaitu “ngeblog” di Youtube dengan menjadi content creator khusus di Youtube.

Vlog muncul tahun 2000. Menurut Wikipedia, pertama kali aktivitas Vlog muncul setelah Adam Kontras memposting video dengan entri blognya.

Setelah itu banyak yang meniru. Tahun 2005 muncul situs khusus berbagi video, YouTube. Blog video dapat disebut sebagai bentuk lain dari televisi internet.

Selain di Youtube, Anda bisa ngevlog di sejumlah “Free Video Sharing Websites” berikut ini:

  1. Vimeo.com
  2. Dailymotion.com
  3. Metacafe.com
  4. Break.com
  5. Videojug.com
  6. LiveLeak.com
  7. Veoh.com
  8. Rutube.ru
  9. Twitch.com
  10. Amara.org
  11. Ustream.tv
Free Video Sharing Websites

Free Video Sharing Websites

Di video sharing Ustream kita bisa live, leave your webcam running, dan bisa membuat program 24/7 atau siaran live (streaming). Cek punya saya: Romeltea TV.

Cara Membuat Vlog

Selain “numpang” atau “nebeng” di situs video sharing, Anda juga bisa –dan lebih baik– membuat blog video (vlog) sendiri. Anda bisa membuatnya di Blogger atau WordPress. Gunakan tema/template blog video yang banyak tersedia, gratis dan berbayar. Contoh: Romeltea Video

Anda bisa upload video di Youtube, lalu pasang videonya di vlog Anda dengan menggunakan kode tempel (embed code).

Demikian ulasan tentang blog khusus foto dan video (phlog and vlog) untuk bloger fotografer dan videogafer. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blog Foto Blog Video Blogging Phlog Vlog

Related Post

Leave a reply