Cara Membuat Website: Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Domain

495 views

Membeli nama domain (domain name) adalah bagian langkah awal membuat website. Berikut ini langkah yang harus dilakukan setelah Anda membeli domain.

nama domain

Domain adalah adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL atau alamat website, misalnya romeltea.com, detik.com, republika.co.id, dll. Anda bisa beli domain di niagahoster.

Memilih nama domain termudah adalah dengan menggunkan nama Anda, nama asli ataupun nama panggilan.

Domain saya yang digunakan di blog ini, romeltea.com, diambil dari nama panggilan, Romel (dari Romli), dan nama udara (on air name) saya, Romel Tea, saat aktif menjadi penyiar radio di Antassalam FM (2000-2007) dan Shinta FM (2008-2012) Bandung.

Bisa dikatakan, membeli nama domain Anda adalah langkah pertama menuju memulai online. Dengan domain Anda di tangan, saatnya untuk mulai membangun eksistensi online Anda untuk membangun e-reputation (reputasi online).

Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Nama Domain

Misalkan, Anda sudah membeli domain untuk alamat web/blog Anda. Berikut ini langkah selanjutnya.

1. Tujuan Membuat Website

Sebelum Anda mulai membangun situs web Anda, penting untuk membuat rencana yang bisa ditindaklanjuti untuk apa yang sebenarnya ingin Anda capai.

  • Apakah Anda membangun blog pribadi?
  • Apakah Anda membuat situs untuk bisnis layanan online?
  • Apakah Anda memulai toko e-commerce atau toko online?
  • Apakah Anda membuat situs web berita?

Tujuan membuat web akan menuntun Anda dalam mengelola dan mengisinya. Blog pribadi biasanya berisi tulisan tentang pengalaman, pengetahuan, tips, atau pemikiran tentang isu tertentu.

2. Sinkronkan Domain dan Hosting Anda

Jika Anda telah membeli nama domain untuk tujuan membuat website atau blog, maka Anda juga akan memerlukan akun hosting.

Bergantung pada tempat Anda membeli domain, Anda mungkin dapat membeli hosting dari sumber yang sama. Anda bisa membeli domain hosting murah niagahoster.

Di Niagahoster, Anda akan dibantu 24 jam untuk membuat website, termasuk langkah yang harus dilakukan setelah membeli nama domain.

2.1. Custom Domain Blogger

Domain yang sudah Anda beli dan aktif, bisa digunakan untuk mengubah nama blog gratis Anda di Blogger –dikenal dengan istilah Custom Domain.

Misalnya, yang tadinya beralamat romelteamedia.blogspot.com akan berubah menjadi romelteamedia.com sehingga looks like a profesional website!

Untuk melakukannya, Anda tinggal melakukan beberapa langkah mudah. Pihak Niagahoster akan membantu Anda. Chat Live aja!

2.2. Menggunakan CMS WordPress

Jika Anda akan menggunakan nama domain untuk membangun website berbasis CMS WordPress, seperti romeltea.com ini, langkahnya juga mudah. Dalam beberapa menit web akan sudah jadi, tinggal diisi atau dikelola.

Anda tinggal masuk ke akun Cpanel, scroll ke bagian bawah akun Cpanel Anda, dan temukan menu seperti gambar di bawah ini. Klik WordPress!

instal-wordpress

Langkah berikutnya adalah memilih tema (desain tampilan). Untuk tema pun Niagahoster menyediakan koleksi tema gratis.

3. Menyiapkan Alamat Email Khusus Domain

Kemungkinannya adalah Anda juga menginginkan alamat email khusus domain untuk digunakan bersama nama domain baru Anda.

Ini akan membantu situs Anda tampil lebih profesional. Jumlah total alamat email yang dapat Anda buat tergantung pada paket hosting Anda. Biasanya, Anda dapat membuat setidaknya satu tanpa biaya tambahan.

Anda akan mengatur alamat email brand Anda dari dalam akun hosting.

Jika host Anda menawarkan panel kontrol seperti cPanel untuk mengelola akun hosting Anda, maka Anda akan mencari aplikasi yang disebut Akun Email. Di sini, Anda akan memasukkan alamat email Anda dan memilih nama domain terkait.

4. Promosikan Web Anda

Cara termudah dan tercepat website terindeks mesin pencari dan mendatangkan pengunjung adalah dengan mempromosikannya di media sosial.

Pastikan Anda memiliki akun Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube untuk mendukung popularitas web Anda. Bagikan di media sosial setiap kali Anda menulis artikel baru.

Gunakan social widget untuk menampilkan link akun media sosial Anda di sidebar atau di header dan footer web. Saya sendiri memilih menampilkannya di sidebar atas.

Itu dia panduan bagi pemula, tentang langkah berikutnya setelah membeli domain. Intinya, Anda bisa gunakan untuk custom domain (jika hanya membeli domain) atau membuat website dengan CMS WP (jika membeli domain dan hostingnya).

Masih bingung? Jangan khawatir! Pihak provider domain hosting akan membantu Anda. Saya juga bisa bantu Anda membuatkan website. Kontak aja! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blogging Nama Domain Tips Blogging Website

Related Post

Leave a reply