Cara Mengatasi Tidak Bisa Memasukkan Gambar ke Postingan WP

Berikut ini cara mengatasi tidak bisa upload gambar ke postingan WP, tidak bisa posting baru, juga mengatasi Error 403 Forbidden.

Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

POSTING cara mengatasi tidak bisa memasukkan gambar ke postingan blog CMS WordPress berikut ini saya buat untuk dokumentasi, sekaligus berbagi dengan Anda. Siapa tau Anda juga mengalamai masalah upload foto ini.

Jadi begini. Salah satu “klien” saya ingin ganti tampilan web. Saya kerjakanlah…. mengganti temanya dengan WP Premium Theme.

Alasan ganti desain karena tidak bisa bikin postingan baru. Ternyata, setelah saya cek, waduh….! Berantakan sekali. Saya cek dalemannya, bujug da ah…! Banyak banget plugin “aneh” yang terpasang. Pantesan kacau itu web!

Ok. Saya bersihkan plugin tak guna. Saya pasang tema baru. Beres ceritanya. Nah, pas yang punya web bikin posting baru, eh… fotonya gak bisa masuk ke tulisan! Hanya bisa muncul di Featured Image (Thumbnail).

Satu lagi masalahnya. Ini web kok gak bisa nampilin gambar banner di bawah menu, padahal di web lain normal. Pasti ada yang gak beres. Masalahnya adalah gambar, image, atau foto.

Mengatasi Tidak Bisa Masukin Gambar ke Postingan WP

1. Cek Setting Media

Usaha pertama, pastikan setting Media dengan benar. Udah bener kok. Foldernya benar. Masih saja error, gak bisa masukin gambar ke postingan.

2. Nonaktifkan Plugin

Ini nih biasanya penyebab error paling sering di WP. Pluginnya gak cocok. Berantem dengan kode lain. Saya deactivate semua plugin bahkan! Eh, teuteup aje gak bisa masukin gambar ke tulisan.

3. Kontak Provider Hosting

Ya sudah. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter ‘kan? Chat dengan provider hosting. Sekitar 30 menitan lebih “ngobrol”.

Singkat cerita, sang customer service provider hosting memberikan kode. “Ubah isi file .htaccess dengan kode berikut ini,” katanya.

Ini kodenya:

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
SecFilterEngine Off
SecFilterScanPOST Off
</IfModule>

Saya login ke Cpanel, melalui akun Hosting. Buka file .htaccess¬† dan.. oalah….! Banyak bener kode yang sudah tersimpan di sana!

Saya carilah kode yang mirip kode di atas. Beunang siah! Ada yang mirip. Bedanya cuma dua kode terakhir aja. Saya hapus dan ganti. Replace dengan kode di atas. Save!

Alhamdulillah. Lancar jaya! Keadaan normal kembali. Bukan new normal, tapi back to normal ini mah! Gambar kembali bisa masuk kedalam postingan. Gambar banner (iklan) bisa muncul di homepage.

Simpan kodenya ya!

SecFilterEngine Off
SecFilterScanPOST Off

 

Selain mengatasi tidak bisa upload gambar, tambahan dua kode tersebut pada file .htaccess juga ampuh mengatasi error 403 Forbidden di WP.

Menurut Niagahoster, Error 403 Forbidden itu akibat kesalahan pada file atau hak akses folder dan kesalahan pengaturan pada file .htaccess.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

Demikian kisah Mengatasi Tidak Bisa Masukin Gambar ke Postingan WP. Jadi, ketika tidak bisa upload gambar, tidak bisa posting, dan muncul Error 403 Forbidden, tambahkan saja dua kode di atas pada file htaccess.

Agar tidak usah login ke Cpanel, kita bisa pasang plugin WP File Manager, sehingga perbaikan bisa dilakukan di dashboard WP.

Ribet memang blogging di WordPress mah, dibandingkan Blogger. Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *