Cara Mengisi Blog dengan Artikel (Konten) Berkualitas Disukai Google

469 views

menulis konten blogMembuat blog itu mudah, bahkan gratis. Yang susah itu mengisinya artikel menarik atau konten berkualitas.

Artikel berkualitas akan membuat blog terindeks mesin pencari dengan mudah dan cepat, tampil di halaman pertama hasil pencarian (Google SERP), dan mendatangkan banyak pengunjung.

Menulis Konten Berkualitas adalah tips SEO utama.

Tips atau cara mengisi blog dengan konten berkualitas dan disukai Google sudah diberikan oleh Google di laman Pedoman Webmaster.

Mengikuti Pedoman Umum Menulis Konten itu akan membantu Google menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat.

“Kami sangat menyarankan agar Anda benar-benar memperhatikan Pedoman Kualitas konten yang menjelaskan beberapa praktik yang melanggar hukum yang dapat mengakibatkan situs dihapus dari indeks Google secara keseluruhan atau terkena dampak tindakan spam manual atau algoritme,” tulis Google.

“Jika situs terkena dampak tindakan spam, situs tersebut tidak akan muncul lagi dalam hasil penelusuran di Google.com atau situs partner Google.”

Prinsip dasar pertama dalam membuat Konten Berkualitas menurut Google adalah  menulis untuk user (pengguna, pembaca, pengunjung), bukan untuk mesin pencari.

Jadi, fokusnya adalah menulis untuk pembaca, bukan untuk Google. Karenanya, menulislah dengan “wajar”, normal, “dengan hati”, dengan mengangkat topik yang sekiranya berguna dan dicari user.

“Jangan menipu pembaca Anda!” kata Google. “Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.”

Prinsip Dasar Konten Berkualitas

  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, “Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?”
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google.

Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, “Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?”

Kesimpulannya, Google menyarankan agar para blogger memikirkan apa yang bisa membuat blognya unik, berharga, atau menarik.

“Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda,” kata Google.

Karakteristik Konten Berkualitas

Selain unik, berharga, dan menarik –yang terdengar “terlalu umum” bagi banyak blogger, konten berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berguna, bermanfaat.
  2. Kaya informasi, lengkap, sesuai dengan yang diinginkan pembaca.

Yang tidak kalah penting adalah tips seo dari Google berikut ini:

“Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu.”

Artinya, masukkan kata kunci (keywords) yang sekiranya dicari pengguna di bagian judul, awal artikel, tengah tulisan, dan akhir postingan, namun jangan berlebihan.

Jika kita menulis artikel dengan topik “artikel berkualitas”, maka kata-kata itu harus ada di judul, alinea pertama, di tengah, dan di akhir. Jumlahnya maksimal 3% dari naskah yang ditulis.

Artikel berkualitas juga harus didukung pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization (SEO). Google juga sudah memberi panduannya dalam Tips SEO Resmi dari Google.

Isi Blog Sesuai Passion!

Sebenarnya Blogger sudah memberi panduan di halaman depan Blogger: “Publikasikan tulisan Anda, sesuai selera.Buat blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis”.

halaman depan blogger en

halaman depan blogger id

 

“Sesuai Selera” bukan berarti “seenaknya” atau “sangeunahna“. Fokusnya adalah passion.

Secara bahasa, passion artinya gairah atau semangat. Saya mengartikan passion sebagai “minat dan bakat”.  Dalam konteks blogging atau mengisi blog, saya menerjemahkannya sebagai berikut:

“Isi blog Anda dengan pengalaman, perasaan, dan pengetahuan. Tulis pengalaman yang sekiranya berguna bagi pembaca. Bagikan pengetahuan atau ilmu kepada pembaca”.

Anda berlibur ke Bali, tuliskan pengalaman Anda selama di Pulau Dewata itu. Kartu ATM Anda tertelan, tulis pengalaman bagaimana cara Anda mengatasinya. Anda telat bayar pajak STNK, tulis pengalaman Anda saat melunasinya.

Itulah passion. Itu pula topik artikel sekaligus akan membuat postingan Anda unik, berbeda dengan tulisan blogger lain, meski topiknya sama. Bukankah pengalaman dan perasaan orang berbeda-beda? Nah, pembeda itulah yang akan membuat konten blog Anda unik dan fresh.

Hindari menulis tema atau masalah yang tidak dikuasai. Tuliskan topik yang dikuasai dan dipahami agar artikel menjadi berkualitas dan unik.

Demikian ulasan ringkas sekaligus tips Cara Mengisi Blog dengan Konten Berkualitas Disukai Google. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blogging Konten Berkualitas Mengisi Blog Menulis Artikel

Related Post

Leave a reply