Hari Radio Sedunia – World Radio Day

555 views

Sebelumnya saya sudah menulis tentang Hari Radio Nasional, HUT RRI. Kali ini saya menulis tentang Hari Radio se-Dunia (World Radio Day) yang jatuh pada hari Rabu 13 Februari 2019.  Tahun ini merupakan peringatan tahun keenam.

hari radio dunia worldradioday

 

Saya tulis posting ini Jumat (15/2/2019). Telat dua hari. Soalnya baru “ngeh” setelah ada status di halaman Facebook Penyiar Radio tentang Hari Radio Sedunia.

Better late than never! Lebih baik terlambat daripada tidak pernah.

Seingat saya, baru kali ini saya menyadari ada Hari Radio Dunia dan “memperingatinya” dengan menulis artikel ini.

Ketika menjadi penyiar aktif di Radio Antassalam FM, Hari Radio Sedunia belum ada. Saya jadi penyiar Antassalam 2000-2007.

Saat jadi penyiar Radio Shinta Buana FM Bandung (2008-2012), saya tidak pernah merayakan hari radio internasional itu dalam siaran. Soalnya, hari radio itu baru disahkan PBB Desember 2012. Saya “pensiun” sebagai penyiar Agustus 2012.

Jadi, saya tidak mengalami hari radio sedunia saat jadi penyiar aktif.

Sejarah Hari Radio Dunia

Hari Radio Dunia berbeda dengan Hari Radio Nasional alias HUT RRI.

Mengutip web resmi KPI, Hari Radio Dunia yang diperingati setiap 13 Februari ditetapkan 3 November 2011 dalam Konferensi Umum ke-36 UNESCO.

Penetapan adanya hari radio internasional ini diusulkan oleh Kerajaan Spanyol tanggal 20 September 2010. Dewan Eksekutif UNESCO memasukan agenda tersebut dalam agenda sementara untuk memproklamasikan Hari Radio Sedunia tanggal 29 September 2011.

Pada Desember 2012, Majelis Umum PBB mengesahkan Hari Radio Sedunia, sehingga menjadi hari yang dapat dirayakan oleh semua negara anggota PBB. Hari Radio Sedunia diperingati mulai 2014.

Tema Hari Radio Sedunia

Setiap tahun peringatan Hari Radio Sedunia memiliki tema berbeda-beda:

  • Hari Radio Dunia 2014: Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Radio
  • Hari Radio Dunia 2015: Muda dan Radio
  • Hari Radio Dunia 2016: Peran Radio dalam Keadaan Darurat dan Bencana
  • Hari Radio Dunia 2017: Radio Anda
  • Hari Radio Dunia 2018:  Radio dan Olahraga
  • Hari Radio Dunia 2019: Dialog, Toleransi, dan Perdamaian.

Intinya, peringatan Hari Radio Sedunia adalah merayakan radio sebagai bagian dari kehidupan warga dunia, mengapa kita menyukainya, dan mengapa membutuhkannya hari ini lebih dari sebelumnya.

Hari Radio Sedunia berbeda dengan Hari Radio Nasional. Hari Radio Nasional diperingati pada 11 September dan berkaitan dengan lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI).

Cara merayakan hari radio sedunia beragam, dari mendengarkan siaran radio hingga menikmati siaran musik terbaik dan terbaru dari stasiun radio.

Btw, Anda masih suka mendengarkan radio? Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Hari Radio Hari Radio Sedunia Radio

Related Post

Leave a reply