Keunggulan Menggunakan SAP Cloud Platform, Apakah Aman?

  • Whatsapp

SAP Cloud Platform

Perkembangan zaman menghadirkan berbagai teknologi baru yang memudahkan kebutuhan bisnis. Contohnya seperti penggunaan SAP cloud platform yang belakangan begitu populer.

Selain menjadi langkah awal yang tepat sebagai modal menuju masa depan, terdapat banyak sekali keuntungan dari SAP cloud tersebut. Berikut beberapa di antaranya yang perlu anda ketahui.

Keuntungan Menggunakan SAP Cloud

1. Biaya Lebih Hemat

Dapat memangkas biaya bisa dibilang menjadi salah satu keuntungan paling besar dari penggunaan sistem SAP cloud computing. Karena cloud computing sendiri tidak memerlukan investasi yang besar, bahkan cenderung tidak membutuhkan sumber daya khusus untuk mengoperasikannya.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan sumber daya yang sebenarnya. Sehingga SAP cloud akan membantu anda dalam menghemat ongkos cukup signifikan, mengingat bahwa tidak diperlukan tambahan perangkat keras yang sedemikian rupa untuk penggunaannya. Ini tentunya juga akan memangkas biaya untuk pemeliharaan perangkat keras.

2. Mengurangi Ketergantungan Sumber Daya IT

Usaha yang menerapkan ERP konvensional tanpa adanya SAP berbasis cloud tentunya akan lebih banyak membutuhkan sumber daya, untuk keperluan pemeliharaan sekaligus maintenance infrastruktur IT.

Baca Juga

Apabila hal ini terus dibiarkan, maka perusahaan pun akan terus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk memenuhi ketergantungan terhadap sumber daya IT tersebut.

Akan tetapi, tentu hal ini akan berbeda apabila anda memilih untuk menggunakan SAP cloud platform. Pasalnya seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, bahwa teknologi cloud computing bisa membantu perusahaan menghemat biaya operasional.

Selain itu, tim IT yang dimiliki perusahaan jadi bisa lebih fokus terhadap tugas lainnya yang jauh lebih kompleks.

3. Bisa Diakses Secara Fleksibel

Keunggulan lainnya dari sistem SAP berbasis cloud adalah dapat diakses secara fleksibel, dari mana saja dan kapan saja. Tentunya sifat ini begitu membantu, khususnya di masa pandemi yang belum berakhir seperti sekarang ini. Sebab sekarang, masih banyak perusahaan yang terpaksa memberlakukan work from home guna memutus rantai penyebaran virus.

Demi memudahkan operasional usaha selama work from home, SAP berbasis cloud bisa menjadi salah satu solusinya. Karena sistem berbasis penyimpanan awan memungkinkan anda untuk tetap dapat memantau operasional bisnis dari mana saja dan kapan saja.

Tidak hanya itu saja, karakternya yang fleksibel pun memudahkan perusahaan menghasilkan berbagai laporan dengan cepat.

4. Data Tersimpan Lebih Aman

Poin ini menjadi salah satu yang paling banyak dipertanyakan oleh pelaku bisnis yang akan pindah ke sistem SAP cloud platform.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sistem SAP berbasis cloud nyatanya membuat data data perusahaan tersimpan lebih aman. Pasalnya, sistem konvensional yang lebih banyak disimpan di PC atau flash drive, membuatnya rentan terjerat pelaku kejahatan cyber.

Sedangkan SAP berbasis cloud memiliki fitur keamanan firewall yang akan melindungi bisnis Anda dari traffic berbahaya, seperti malware maupun serangan hacker. Bahkan biasanya ada sistem keamanan two factor authentication, yang akan melindungi data dari pengguna tidak kenal yang memaksa masuk ke dalam sistem.

Itulah berbagai keunggulan dari sistem SAP berbasis cloud yang dapat anda rasakan. Jadi, Anda bahkan tidak perlu khawatir terkait dengan sistem keamanannya, karena tergolong lebih aman dalam melindungi data bisnis Anda. Jadi tunggu apa lagi, sebaiknya segera migrasikan sistem SAP Anda ke cloud!

Info selengkapnya : www.soltius.co.id

 

Artikel Terkait

Leave a Reply