Media Alternatif Sedekah Ilmu Selain Blog

  • Whatsapp

sedekah ilmuCara terbaik “menabung amal kebaikan” berupa sedekah ilmu di media online adalah blogging alias ngeblog.

Jika Anda tidak tertarik ngeblog atau merasa “tidak bisa bikin blog” (padahal mudah banget), ada media alternatif sedekah ilmu selain blog, yaitu situs File Sharing atau tempat berbagi file dokumen, tulisan, audio, video, foto, dan sebagainya.

Setidaknya, menurut  eBizMBA, ada 15 website file sharing terpopuler di dunia. Jutaan dokumen tersimpan dan terdistribusi ke seluruh dunia.

Jutaan orang pula yang berbagi ilmu di sana. Dalam perspektif Islam, mereka –para pemilik akun di situs berbagi file itu– berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot), dengan catatan file yang mereka upload berisi kebaikan dan kebenaran.

Ke-15 website file sharing terpopuler itu adalah

  1. FilesTube
  2. 4Shared
  3. MediaFire
  4. RapidShare
  5. Box.net
  6. HotFile
  7. zShare
  8. Uploading
  9. DepositFiles
  10. File Serve
  11. ZippyShare
  12. eSnips
  13. FileFactory
  14. Uploaded
  15. 2Shared

Saya merekomendasikan tiga situs bagi Anda untuk berbagi file alias sedekah ilmu, yaitu MediaFireScribd, dan SlideShare.

Baca Juga

Ketiga situs itu saya rekomendasikan karena di sana saya juga sudah share beberapa file yang bisa dibaca dan diunduh warga dunia.

Kita tinggal siapkan file (format Word, Pdf, atau Power Point), lalu bikin akun (sign up/register), upload, promosikan via email dan media sosial, maka kita pun sudah sedekah ilmu kepada warga dunia.

Sedekah harta takkan mengurangi harta kita, bahkan akan bertambah! Demikian juga sedekah ilmu. Amin….! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

2 comments