Media Sosial Terpopuler 2021

  • Whatsapp

Facebook masih menjadi media sosial terpopuler atau terbanyak digunakan di seluruh dunia. Bagaimana dengan Youtube, Twitter, Instagram, dan… TikTok?

media sosial terpopuler

SUDAH jarang buka Facebook? Sama! Saya lebih sering buka Twitter untuk “mengintip” berita terbaru dan TikTok untuk mencari “hiburan”. Sesekali buka Youtube Shorts yang mirip-mirip TikTok.

Tapi, jangan remehkan Facebook lho! FB masih menjadi media sosial terpopuler atau terbanyak digunakan pengguna internet, menurut laporan Statista Juli 2021.

Dalam “Most popular social networks worldwide as of July 2021, ranked by number of active users”, Statista menyebutkan, Facebook masih menjadi media sosial terpopuler, diikuti Youtube dan WhatsApp.

Instagram, Facebook Messenger, dan WeChat di posisi berikutnya. Lalu ada TikTok di peringkat ke-7, QQ, Douyin (TikTok di China), dan Telegram di 10 besar media sosial terpopuler. Twitter ada di peringkat 16.

Baca Juga

Berikut ini data statistik pengguna aktifnya:

Media Sosial Terpopuler 2021

media sosial terpopuler

Top 10 Media Sosial Terpopuler

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. WhatsApp
  4. Instagram
  5. Facebook Messenger
  6. WeChat
  7. TikTok
  8. QQ
  9. Douyin
  10. Telegram

 

Menurut Statista, data di atas adalah daftar jejaring sosial global yang diberi peringkat berdasarkan jumlah pengguna 2021.

Diterbitkan oleh Departemen Riset Statista, 2 Agustus 2021, Facebook adalah jejaring sosial pertama yang melampaui satu miliar akun terdaftar dan saat ini memiliki lebih dari 2,85 miliar pengguna aktif bulanan.

Facebook juga memiliki empat platform media sosial terbesar lainnya, masing-masing dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan: Facebook (platform inti), WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram.

Pada kuartal pertama tahun 2021, Facebook melaporkan lebih dari 3,51 miliar pengguna produk Keluarga inti bulanan.

Sebagian besar media sosial peringkat teratas dengan lebih dari 100 juta pengguna berasal dari Amerika Serikat, tetapi layanan seperti jejaring sosial Cina WeChat, QQ atau aplikasi berbagi video Douyin, juga telah mengumpulkan daya tarik utama di wilayah masing-masing karena konteks dan konten lokal.

Popularitas Douyin telah menyebabkan platform merilis versi internasional dari jaringannya: aplikasi kecil bernama TikTok.

Jumlah Pengguna Media Sosial

Berapa banyak orang yang menggunakan media sosial?

Jejaring sosial terkemuka biasanya tersedia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan teman atau orang melintasi batas geografis, politik, atau ekonomi.

Pada 2022, situs jejaring sosial diperkirakan mencapai 3,96 miliar pengguna dan angka-angka ini masih diperkirakan akan tumbuh karena penggunaan perangkat seluler dan jejaring sosial seluler semakin mendapatkan daya tarik di pasar yang sebelumnya kurang terlayani.

Apa Makna Statistik di atas?

Media sosial sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Melalui media sosial, orang-orang dapat terhubung dengan orang lain dan berbagi pemikiran, emosi, pengalaman, dll.

Media sosial telah mampu menyediakan sumber hiburan dan belanja, dan banyak bisnis bahkan merasa itu berguna untuk promosi dan pemasaran.

Pada titik ini, media sosial telah memiliki dampak yang sangat besar pada masyarakat sehingga tampaknya orang tidak dapat hidup tanpanya.

Untuk “kehadiran online”, sebaiknya kita –dan lembaga atau perusahaan kita– punya akun media sosial, minimal Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.

Bagi bisnis, media sosial menjadi salah satu perangkat marketing yang mendukung kinerja website. Konten web disebarkan di media sosial untuk menjaring pelanggan potensial dan membangun customer relationship.

Bagi saya, media sosial adalah sarana komunikasi dengan teman lama dan baru, sekaligus sarana promosi blog. Khusus Twitter, saya membukanya setiap hari, bahkan sering sebelum tidur masih membukanya, untuk mengintip berita terbaru.

Saya follow akun situs-situs berita untuk keep updated tentang perkembangan dunia sekitar. Bagaimana dengan Anda?

 

Artikel Terkait

Leave a Reply