Membesarkan Media Segmented

media-massaSalam Bang. Bersama beberapa kawan, kami membuat media kecil-kecilan yang segmented banget: Seputar informasi distro.

Udah berjalan beberapa tahun kok gak besar2 ya. Apa karena terlalu segmented? Nah, gimana ada tips gak untuk membesarkan media yg segmented? terima kasih.

Jawab:

Salam kembali. Saya tidak bisa banyak berkomentar karena belum melihat/membaca media Anda itu.

Segmented bukan faktor tidak besar-besar, mungkin desain dan isinya kurang menarik bagi pembaca Anda.

Baca Juga

Media segmented dari segi marketing (iklan dan sirkulasi) sebenarnya lebih mudah dan fokus. Target pembaca dan iklan jelas banget. So, kemungkinan, dari sisi desain (desain cover & layout) atau tampilan dan variasi isi/materi.

Dalam teori jurnalistik, media segmented itu disebut “narrowcasting journalism”, yakni jurnalistik yang menyempitkan bidang liputan dengan fokus pada bidang tertentu, misalnya soal burung saja, soal golf, soal, koperasi saja, dan lainnya.

Narrowcasting adalah istilah yang merujuk pada informasi, program, atau iklan yang ditujukan kepada segmen khusus atau terbatas.

 Narrowcasting is a term opposite of broadcasting. It refers to information, programming, or advertising that is directed to a highly specific segment of the public. They do not intend to catch the entire viewing public, only a narrow segment of it.

Narrowcasting adalah perancangan isi untuk segmen khusus dari audiens (tailoring content to a specific segment of the audience).

Pengelola media komunitas harus mengenal dengan baik karakter, aktivitas, ketertarikan, dan kebutuhan komunitas tempat media itu beredar (Knowing the Community). Media komunitas juga berideologi narrowcasting ini. Wasalam.

Demikian masukan saya tentang cara membesarkan media segmented. Good Luck! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *