Komunikasi Transendental, Komunikasi dengan Tuhan

  • Whatsapp

Komunikasi Transendental

TANYA: Kang mau tanya, komunikasi dengan Tuhan Allah SWT disebut apa ya dalam ilmu komunikasi?

JAWAB: Setahu saya, komunikasi dengan Tuhan disebut komunikasi transedental (transcendental communication), yaitu komunikasi dengan audiens atau komunikan yang gaib (tidak terlihat).

Tegasnya, komunikasi transendental adalah komunikasi yang berlangsung antara diri kita dengan sesuatu yang gaib. Yang Mahagaib –dalam perspektif Islam– adalah Allah SWT, Tuhan Semesta Alam (Rabbul’ Alamin),

Komunikasi dengan makhluk gaib seperti jin juga disebut komunikasi transedental. Namun, ulasan tentang komunikasi berdimensi personal dan vertikal ini lebih mengarah pada komunikasi personal seseorang dengan Tuhannya.

Baca Juga

Kaum muslim berkomunikasi dengan Allah SWT setiap hari, khususnya dalam shalat lima waktu plus dzikir dan doa-doa lainnya.

Setiap kali baca doa, dzikir, mengucapkan kalimah thayibah (tasbih, tahmid, takbir, tahlil) juga termasuk komunikasi transendental dalam perspektif komunikasi.

Membaca Al-Qur’an adalah komunikasi dengan Allah untuk mengetahui dan memahami perintah dan larangan-Nya. Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam. Dengan¬†reading (membaca) Al-Quran seorang muslim berusaha menerima dan memahami pesan-pesan Allah SWT dalam firman-Nya itu.

Dalam perspektif Islam, komunikasi dengan Allah SWT disebut hubungan dengan Allah (hablum minallah). Dalam Islam juga dikenal prinsip komunikasi Islam.

Ziarah kubur juga masuk kategori komunikasi transendental karena komunikan –yakni ahli kubur– tidak terlihat bahkan kita tidak tahu di mana¬†ruh ahli kubur sebenarnya berada.

Menurut Deddy Mulyana dalam Nuansa-Nuansa Komunikasi (1999), komunikasi transendental berarti komunikasi antara manusia dengan Tuhannya dan masuk ke dalam bidang agama.

Partisipan dalam komunikasi transendental adalah manusia dengan Tuhannya. Namun pembahasannya sedikit dalam disiplin ilmu komunikasi.

Secara bahasa, transcendent artinya sangat, teramat, sangat penting. Transcendental artinya juga sangat, teramat, sukar dipahamkan, di luar pengertian dan pengalaman manusia biasa.

Kamus Google mengartikan transcedental sebagai “relating to a spiritual or nonphysical realm” (berkaitan dengan alam spiritual atau nonfisik). *

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *