Tips Menulis: Membuat Berita, Judul atau Isi Dulu?

845 views

menulisPak Romli, saya mahasiswa ilmu komputer Brawijaya Malang. Sekarang dalam pembuatan skripsi. Skripsi saya tentang pembuatan aplikasi untuk membuat judul dalam suatu berita.

Sebagai pustaka dalam skripsi ini, dalam pembuatan berita/karangan, manakah yang lebih dahulu, apakah judul dulu atau isi berita dulu? Apakah juga ada teori tentang hal ini (judul atau isi dulu) ?

Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Jawaban:

Tidak ada aturan baku dalam menulis berita, apakah harus judul dulu atau isi dulu. Boleh yang mana saja yang duluan, bergantung kebiasaan wartawan.

Yang jelas, judul memandu isi dan sebaliknya isi pun memandu judul.

Jalan tengahnya –ini kebiasaan saya– buat judul sementara, lalu isi. Setelah itu, judul disempurnakan sekalian edit isi.

Teori tentang judul yang saya tahu “hanya”: judul harus mencerminkan isi, isi harus menjabarkan judul, judul sebaiknya ringkas, kalimat aktif, kalimat “lengkap”, untuk judul berita minimal terdiri subjek dan predikat.

Pedoman dasar menulis berita itu elemen 5W1H:

  1. Who – Siapa
  2. What – Apa
  3. Where – Di Mana
  4. When – Kapan
  5. Why – Kenapa
  6. How – Bagaimana

Judul berita, juga lead, bisa dimulai dengan salah satu unsur tersebut. Umumnya sih menggunakan unsur Who karena biasanya bagian terpenting dalam berita menyangkut nama, pelaku, korban, atau nama orang yang terlibat dalam sebuah peristiwa.

Demikian, semoga bermanfaat. Wasalam. (www. romeltea.com).*

 



isi judul tulisan Tulisan Jurnalistik

Related Post

Leave a reply