Mengenal Lebih Dalam Pengertian dan Komponen Audio Sound System

  • Whatsapp

Pengertian dan Komponen Audio Sound System

Perangkat sound system sejatinya bukanlah hal baru dan sudah dikenal sebagai piranti penting dalam sebuah acara.

Banyak orang yang mulai terjun ke dunia sound system sebagai kru dari soundman. Jika Anda termasuk salah satunya, maka jangan lupa untuk mempelajari hal hal dasar tentangnya.

Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu pengertian dan komponen audio sound system!

Apa yang Dimaksud dengan Sound System?

Sound system adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sekumpulan alat elektronik yang memiliki fungsi untuk memproduksi suara, baik secara live stage maupun recording.

Dari pengertian itu, Anda dapat melihat bahwa sound system bukan hanya berupa satu alat compact, melainkan didukung dengan device lain yang membuatnya semakin komplit.

Banyak orang yang mengira bahwa sound system adalah speaker, padahal nyatanya tidak demikian.

Speaker hanyalah salah satu perangkat yang masuk dalam golongan sound system. Sedangkan sound system adalah berbagai alat yang memiliki fungsi untuk menghasilkan suara. Jika berbicara tentang sound audio, maka Anda tidak hanya membahas tentang speaker saja.

Bagian Penting dalam Sound System

Bagian bagian penting dalam sound system sangatlah banyak. Setiap fungsi yang dimilikinya saling bantu untuk menghasilkan suara yang keras dan enak didengar.

Beberapa perangkat audio sound system diantaranya adalah microphone, mixer, equalizer, power amplifier, speaker system, dan aksesoris lainnya. Setiap perangkat sound itu harus bisa bekerja dengan baik.

Dari beberapa soundman berpengalaman, mereka mengatakan bahwa suara yang mantap akan bisa didapat jika Anda menggunakan power amplifier yang bagus.

Anda harus ingat bahwa sound system identik dengan fungsinya untuk menambahkan 60 persen volume suara menjadi lebih kencang. Jika power nya kurang, maka suara yang dihasilkan juga terbatas.

Jika ingin membeli, maka belilah power yang kualitasnya terbaik dengan watt yang besar, misalnya seperti power built up atau power pabrikan. Power semacam ini memiliki kehebatan yang jauh lebih tinggi karena sudah terjamin.

Minimal watt yang dibutuhkan adalah 100 sampai 3000. Dari segi harga, memanglah tidak murah, namun kualitas tidak akan mengecewakan.

Akan sangat disayangkan jika anda menyewa atau membeli audio sound system yang tidak dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut malah akan menyebabkan event tidak dapat berjalan dengan lancar. Anda pun harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang orang yang paham dengan sound system agar tidak keliru saat membelinya. Apalagi harganya sound tidaklah murah.

Saat ini, ada banyak sekali website atau situs yang memberikan penjelasan lengkap seputar sound system. Anda pun bisa berbelanja perlengkapan audio di berbagai toko online, salah satunya melalui Bliaudio.

Mereka menyediakan berbagai piranti yang berhubungan dengan sound system dengan harga dan kualitas yang terjamin, sehingga Anda tidak akan kecewa.

Bca selengkapnya : www.bliaudio.com

 

Artikel Terkait

Leave a Reply