Mengenal Penyebab Bekas Jerawat, Salah Satunya Terlalu Sering Cuci Muka

Mengenal Penyebab Bekas Jerawat, Salah Satunya Terlalu Sering Cuci Muka

Memiliki kulit wajah yang bersih serta terlihat terawat dengan baik dan bebas dari berbagai masalah seperti bekas jerawat, tentu menjadi salah satu impian bagi banyak orang khususnya para wanita. Wajah bersih tanpa bekas jerawat juga akan membuat seorang content creator seperti vlogger berwajah “camera face”.

Sebagian orang menganggap, untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih tanpa adanya bekas jerawat salah satunya adalah dengan sering membersihkan serta mencuci muka.

Namun nyatanya, anggapan tersebut salah karena terlalu sering membersihkan dan mencuci muka menjadi salah satu faktor yang bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.

Memang, mencuci muka dibutuhkan untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah, tetapi sebaiknya Anda tidak mencuci muka Anda terlalu sering.

Cukup dengan lakukan cuci muka dua kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah sudah cukup membersihkan dan membuat kulit wajah menjadi lembap.

Penyebab Bekas Jerawat

Beberapa penyebab yang tanpa disadari bisa memicu munculnya bekas jerawat, antara lain:

1. Salah Pilih Produk Perawatan Kecantikan

Salah satu yang bisa menjadi pemicu munculnya bekas jerawat adalah salah memilih produk perawatan kecantikan.

Sebagian orang akan membeli produk karena rekomendasi dari orang lain atau iklan yang dilihat padahal tidak semua produk kecantikan sesuai dengan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengenali seperti apa jenis kulit wajah Anda sehingga bisa menentukan perawatan kulit wajah yang tepat.

2. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Salah satu kunci dari perawatan kulit adalah dengan mencuci muka, tetapi mencuci muka yang baik sebaiknya dilakukan setiap dua kali sehari karena jika terlalu sering hal tersebut akan menghilangkan minyak alami yang ada di wajah yang memiliki peran untuk melembabkan kulit.

Jika minyak alami tersebut hilang tentu akan membuat wajah menjadi kering dan hal ini lah yang menjadi pemicu timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu, wajah yang kering juga bisa rentan iritasi.

3. Menggosok Kulit Wajah Terlalu Kencang Ketika Sedang Mencuci Muka

Apapun jenis kulit Anda, ketika sedang mencuci muka sangat penting untuk berhati hati dan sebaiknya tidak menggosok kulit wajah terlalu kuat karena hal tersebut akan memberikan kulit wajah terasa seperti tertarik dan menyebabkan iritasi nantinya.

Selain itu, ketika Anda akan mengeringkan wajah sebaiknya jangan menggosok kulit wajah dan cukup menepuknya secara perlahan karena menggosok kulit wajah juga bisa memberikan efek terhadap elastisitas kulit wajah yang bisa menjadi pemicu kulit wajah berjerawat.

Aturan Cuci Muka Yang Baik

Mencuci muka yang baik adalah dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari setelah melakikan aktivitas karena bertujuan untuk mengangkat sel sel kulit mati maupun debu yang menempel pada kulit wajah.

Gunakan sabun muka secara rutin, tetapi dengan catatan tidak lebih dari dua kali sehari juga bisa membantu kulit wajah dari minyak berlebih yang bisa memicu jerawat.

Pastikan sabun muka yang dipakai sesuai dengan kondisi kulit Anda. Anda bisa mengecek sabun muka terbaik yang telah dibahas oleh Pickybest pada salah satu artikelnya.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Berikut adalah beberapa langkah tepat untuk mengatasi bekas jerawat, yaitu:

  1. Cuci muka secara teratur, tetapi tidak lebih dari dua kali sehari. Gunakan produk pembersih wajah yang ringan, bebas pewangi, dan lembut untuk kulit wajah Anda.
  2. Gunakan kompres es untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada jerawat. Anda bisa membungkus es batu di dalam handuk maupun tisu lalu kompres es tersebut pada area jerawat selama 5 hingga 10 menit.
  3. Gunakan produk dengan kandungan 2% benzoil yang bisa ditemukan di apotek. Anda bisa juga mencari serum penghilang bekas jerawat dengan bahan aktif vitamin C, arbutin, atau retinol.

Demikianlah penjelasan kami mengenai penyebab bekas jerawat yang salah satunya bisa dipicu karena terlalu sering mencuci muka serta cara mengatasi bekas jerawat tersebut.

Pada dasarnya, mencuci muka merupakan hal yang baik tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan membuat minyak alami pada wajah menjadi hilang dan kulit wajah menjadi kering.

Oleh karena itu, mencuci muka sebaiknya dilakukan pada saat pagi dan sore saja ketika Anda telah selesai melakukan aktivitas di mana debu dan sel sel kulit mati pasti menempel pada wajah Anda.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.