Pengertian Content Creator, Profesi Baru Era Internet

  • Whatsapp

content creator

 

SAYA sudah menulis tentang pengertian konten, konten media, dan cara menulis konten blog. Kali ini saya akan membahas soal content creator atau pembuat konten.

Apa itu content creator? Apa pengertian content creator dan kaitannya dengan content creation, content curation, content marketing, dan content placement?

Content creator termasuk profesi baru era internet, seperti halnya content writer atau content editor yang sudah juga saya bahas di blog ini.

Content creator sangat dibutuhkan banyak lembaga. Banyak pihak memiliki website dan media sosial, namun “bingung” bagaimana mengisinya atau membuat kontennya.

Baca Juga

Pengertian Content Creator

Secara bahasa, content creator adalah pembuat konten website atau aplikasi yang tersaji secara online di internet. Youtuber, blogger, dan podcaster adalah contoh content creator.

Youtube membuat video untuk dipublikasikan di channel Youtubenya. Blogger membuat postingan (terutama artikel/tulisan) di blognya. Podcaster membuat rekaman audio untuk podcastnya.

Menurut Hubspot, conten creator adalah orang yang menghasilkan materi yang menghibur atau mendidik yang memenuhi minat dan tantangan audiens target.

Konten yang dia hasilkan bisa bermacam-macam bentuknya, termasuk postingan blog, video, ebooks, foto, dan infografik. Saat ini, bisnis mempekerjakan pembuat konten untuk melibatkan pelanggan baru dan yang sudah ada atas nama merek.

Pembuat konten adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama ke media digital.

Mereka biasanya menargetkan pengguna akhir/audiens tertentu dalam konteks tertentu. Pembuat konten dapat menyumbangkan salah satu dari berikut ini: blog, berita, gambar, video, audio, email, pembaruan sosial, dan konten terkait lainnya.

Content creator melakukan pekerjaan yang disebut Content Creation dan Content Curation.

Content creation adalah menciptakan konten sendiri. Content curation adalah membuat konten dengan dengan bahan dasar konten yang suda ada.

content creation

Content Marketing dan Content Placement

Di dunia bisnis saat ini dikenal istilah pemasaran konten (content marketing).

Menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Praktisnya, content marketing adalah membuat postingan berupa artikel, foto, video, audio (podcast) yang dimuat di website dan akun media sosial sendiri guna meningkatkan trafik pengunjung website lembaga atau web bisnis (toko online).

Ada juga istilah Content Placement.

Secara harafiah, content placement artinya “penempatan konten”. Content placement adalah publikasi konten di website orang lain untuk mempromosikan bisnis, website, atau sekadar mendapatkan backlink.

Bagi website yang mempublikasikannya, content placement adalah posting berbayar (paid post), posting bersponsor (sponsored post), atau postingan tamu (guest post).

Kini banyak jasa content creator, content writer, termasuk jasa penempatan konten atau penyebarannya di website populer.

Manfaat content placement bagi bisnis sangat banyak. Yang paling utama adalah ini adalah strategi untuk meningkatkan kepercayaan (trust), citra, traffic web, dan tentu saja bagian dari Search Engine Optimazion (SEO).

Website yang sedang Anda kunjungi ini juga menerima content placement. Tarifnya Anda bisa cek di halaman Pasang Iklan.

Publikasi Konten, Social Share

Saat ini banyak website berupa webite jenis social share, social platforms, atau networking site, yaitu website tempat pengguna berbagi konten berupa tulisan, foto, audio, atau video.

Media berbagi konten terpopuler adalah media sosial (social media) seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram, serta platform blogging seperti Blogger, WordPress, dan Medium.

Website berupa social platform itu hanya menyediakan ruang bagi pengguna internet untuk membuat dan berbagai konten.

Konten-konten yang dibuat pengguna tersebut dikenal dengan istilah user generated content atau user-created content (konten buatan pengguna), yaitu “segala bentuk konten, seperti gambar, video, teks, dan audio, yang telah diposting oleh pengguna di platform online seperti media sosial dan wiki.”

Demikian pengertian content creator beserta istilah terkait.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply