Cara Menulis Konten Blog Berkualitas untuk Menarik Visitor

494 views

Tips blogging kali ini tentang Cara Menulis Konten Blog Berkualitas untuk Menarik Visitor atau pengunjung. Konten adalah sebutan lain untuk isi blog, selain postingan (blog post).

menulis konten blog berkualitas

CARA menulis konten blog berkualitas penting untuk diperhatikan. Topik ini bahkan sudah pernah dibahas dalam romeltea.com. Namun, ada kalanya kejenuhan melanda dan konten yang dihasilkan pun berantakan serta minim visitor.

Perlu diingat ,setiap orang itu bisa menulis. Namun, apakah hasil tulisannya itu berkualitas? Itu lain lagi ceritanya.

Untuk menghasilkan artikel atau postingan blog berualitas perlu latihan dan banyak membaca. Tapi ,ada beberapa hal penting yang bisa membuat konten blog kita dibanjiri oleh visitor atau pembaca.

Makanya, romeltea.com tak akan pernah puas membahas tentang hal ini. Walaupun saat ini ada pergeseran  yaitu konten video sedang digandrungi, namun saya yakin tulisan (konten teks) akan abadi.

Ibaratnya prasasti, maka Google adalah adalah prasasti zaman sekarang yang harus diisi dengan tulisan-tulisan menarik.

Cara Menulis Konten Blog Berkualitas

Bagi yang gemar menulis, maka blog itulah prasastinya. Tapi bukan sekedar prasasti, ingat, kontennya juga mesti berkualitas agar dibanjiri visitor. Banyaknya visitor tentu akan mendongkrak penghasilan AdSense atau sumber pendapatan lain.

Lalu bagaimana caranya agar tulisan dalam blog berkualitas? Kali ini saya mengambil referensi dari harapanrakyat.com.

Ide Orisinal

Pertama, buatlah konten orisinal alias buatan sendiri. Ini penting agar tidak terkena plagiasi. Jika terbukti tulisan di blog hasil plagiat, siap-siap saja dihukum Google.

Ide tulisan untuk blog juga harus orisinal, tidak perlu meniru orang lain. Agar tidak ada pembahasan serupa tapi isinya sama. Google tidak akan senang.

Termasuk cara menulis konten blog berkualitas adalah dengan mempelajari juga konten yang bisa menaikkan peringkat situs yang kita miliki. Terutama, perlu juga menganalisis siapa sih pembaca blog yang sering berkunjung ke website kita?

Jika konten kita menarik menurut pembaca, konten tersebut akan dibagikan di media sosial, atau bahkan jadi bahan referensi sebagai bahan tulisan.

Pembahasan Mendalam

Jangan setengah-setengah ketika menulis konten blog. Karena itu cara menulis konten blog berkualitas salah satunya adalah dengan membahas suatu tema dengan informatif dan mendalam.

Tapi ingat, tidak sekadar panjang dan memakai kalimat-kalimat sama berulang-ulang, namun pembahasan panjang yang detail dan menyeluruh, lebih disukai jika memuat informasi baru.

Semakin panjang bahasannya, maka akan semakin baik posisinya di halaman hasil pencarian (SERP) Google. Ini tentunya jika dibandingkan artikel pendek dan kurang mendalam.

Tak perlu juga menulis konten yang panjang tapi bertele-tele, namun tulislah artikel tersebut sesuai fakta dan pengetahuan yang dimiliki.

Selain panjang, ingat Google juga suka tulisan yang berkualitas dan segar (fresh).

Perhatikan Judul

Kata kunci pada judul sangat penting, karena itu cara menulis konten blog berkualitas selanjutnya adalah dengan memperhatikan judulnya.

Selain harus memuat kata kunci (keywords) yang sering dicari orang, gunakan kalimat yang menarik pembaca. Bisa dibilang judul merupakan fokus pertama yang dilihat oleh pembaca sebelum memilih mengklik tautan dari blog kita.

Berbeda jika judulnya tidak dibuat semenarik mungkin, pembaca pun tentu malas membaca isi artikelnya.

Selain itu, judul panjang ternyata menguntungkan di mesin pencarian. Ini bila dibandingkan judul yang terlalu singkat.

Terkait judul ini, selain panjang, gunakan kalimat deskriptif. Ini akan lebih bagus dan menarik visitor. Tetapi jangan lupa juga, perhatikan batas maksimal kata yang diperbolehkan dalam judul sesuai mesin SEO.

Itulah cara menulis konten blog berkualitas untuk meningkatkan visitor. Lebih banyak visitor berarti lebih banyak lagi penghasilan yang bisa didapatkan.*

 

Blogging Konten Blog Menulis seo

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply