Menulis Itu Sehat (Manfaat Menulis)

971 views

menulisUntuk apa menulis? Apa manfaat menulis? Benarkah menulis itu sehat? Posting ini akan mengulasnya.

Blogging, jaringan sosial, dan jurnal telah menciptakan jutaan penulis produktif.

Menulis membuat Anda berinteraksi dengan orang, masyarakat, pekerjaan, dan yang paling penting untuk diri Anda sendiri.

Menulis itu juga membuat jiwa-raga Anda sehat. Menulis itu sehat. Menulis itu bagus buat kesehatan. Menulis itu menyehatkan.

Manfaat Menulis

Inilah alasan-alasan yang membuat menulis merupakan kebiasaan yang sehat (healthy habit).  Ini terjemahan bebas dari artikel “Writing is a healthy” by Debbie Gisonni di examiner.com.

1. Membuat Keputusan

Menulis membantu Anda membuat keputusan. Membuat daftar pro dan kontra memungkinkan Anda melihat konsekuensi pilihan Anda lebih jelas.

2. Menulis menghemat waktu dan memori.

Menuliskan catatan pada selembar kertas akan menjadikan Anda dapat  menghemat waktu berjam-jam yang mungkin bisa Anda habiskan ketika mencoba mengingat sesuatu.

3. Menulis itu menghapus “galau”.

Menuangkan emosi Anda pada kertas (menuliskan kegalauan) bisa mencerahkan hati yang berat.

4. Dengan menulis kita bisa berbagi.

Manusia adalah makhluk sosial. Dengan demikian, berbagi emosi, opini, dan cerita itu penting untuk menjalin hubungan sosial. Istilah “history” (sejarah) berasal dari  kata  “his” dan “story” (ceritanya/katanya). Mungkin suatu hari nanti akan disebut “herstory”.

5. Menulis menciptakan hidup Anda.

Dengan menuliskan afirmasi (pernyataan, sugesti pribadi) positif, mempraktikkan dan mempercayainya, Anda membawa lebih banyak hal positif dalam hidup Anda.

6. Menulis membuat Anda tenang.

Jika Anda marah kepada seseorang, tuliskan dulu amarah Anda. Lalu putuskan pendekatan apa yang akan diambil.

7. Menulis itu pengalih perhatian.

Menulis adalah sebuah pengalih perhatian yang sangat baik. Ketika kehidupan menjadi sulit, menulis kreatif memungkinkan Anda untuk “melarikan diri” ke sebuah dunia fantasi dan menyenangkan.

8. Menulis itu membantu orang lain.

Sebuah kata, kalimat, atau cerita bisa mengubah hidup orang lain menjadi lebih baik.

Kembali ke topik menulis itu sehat. Laman Hallo Sehat menyebutkan 6 manfaat menulis bagi kesehatan:

  1. Membantu memulihkan emosi
  2. Mengubah cara berpikir pasien kanker terhadap penyakit mereka
  3. Membuat Anda lebih terorganisir
  4. Membantu untuk tertidurMembuat Anda berbicara lebih lancar
  5. Membuat pikiran dan tubuh lebih baik

Menulis adalah Terapi

Hasil studi Karen Baikie (clinical psychologist dari University of New South Wales) dan James Pennebaker (peneliti dari Universitas Texas) menunjukkan, di antara manfaat menulis adalah bagian dari terapi kejiwaan.

Menurut Baikie, menulis tidak ada batasan usia, dan menuliskan peristiwa-peristiwa traumatik, penuh tekanan serta peristiwa yang penuh emosi bisa memperbaiki kesehatan fisik dan mental.

Menurut Baikie, dalam jangka panjang, terapi menulis bisa mengurangi kadar stres, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, memperbaiki fungsi paru-paru, fungsi lever, mempersingkat waktu perawatan di rumah sakit, meningkatkan mood, membuat penulis merasa jauh lebih baik, serta mengurangi gejala-gejala trauma.

Hasil studi Karen A. Baikie & Kay Wilhiemhal dimuat di Journal Continuing Professional Development, Vol. 11 ( Januari 2005). hal 338-346 dengan judul “ Emotional and Physical Health Benefits of Expressive Writing”. 

Menurut Pennebaker, menulis bisa memperkuat sel-sel kekebalan tubuh yang dikenal dengan T-lymphocytes. Pennebaker meyakini, menuliskan peristiwa-peristiwa yang penuh tekanan akan membantu Anda memahaminya. Dengan begitu, akan mengurangi dampak penyebab stres terhadap kesehatan fisik Anda.

Menurutnya, menulis adalah aktivitas mengasah otak kiri yang berkaitan dengan analisis dan rasional. Saat melatih otak kiri, otak kanan akan bebas untuk mencipta, mengintuisi, dan merasakan. Menulis bisa menyingkirkan hambatan mental dan memungkinkan seseorang menggunakan semua daya otak untuk memahami diri sendiri, orang lain, serta dunia sekitar dengan lebih baik.

Kita sudah paham betapa banyak manfaat menulis. So… Just Write! Nulis atuh….! Go Blogging! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Manfaat Menulis Menulis Sehat

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply