Pengertian Creative Writer, Penulis Kreatif

  • Whatsapp

Pengertian Creative Writer, Penulis Kreatif

Creative writer atau penulis kreatif adalah orang yang membuat tulisan kreatif (creative writing). Ia melakukan komunikasi tulisan yang “tidak biasa”. Contoh tulisan kreatif adalah esai.

Sebagaimana membuat tulisan pada umumnya, penulis kreatif juga menjalani proses kreatif menulis.

Banyak perusahaan atau lembaga memerlukan penulis kreatif.  Lowongan creative writer bisa cek di situs-situs lowongan kerja seperti JobStreet.

Postingan ini juga saya buat setelah ada “rekomendasi LinkedIn Jobs” tentang sebuah marketplace ternama sedang mencari “internal creative writer”. Sayang, saya tak bisa melamar. Kendala usia euy!

Baca Juga

Apa bedanya penulis kreatif dengan penulis biasa?

Umumnya, yang disebut penulis (writer) adalah orang yang menulis artikel opini di media massa atau menulis buku.

Dikaitkan dengan jenis tulisan, maka sebutan penulis juga berbeda-beda: cerpenis (penulis cerpen), novelis (penulis novel), penyair (penulis puisi), copy writer (penulis naskah iklan), script writer (penulis naskah siaran), news writer (penulis berita), dan sebagainya.

Creative writer adalah orang yang membuat tulisan kreatif (creative writing).

Creative writing sendiri dipahami sebagai adalah setiap tulisan yang berada di luar batas bentuk sastra profesional, jurnalistik, akademis, atau teknis normal, biasanya diidentifikasi dengan penekanan pada kerajinan naratif, pengembangan karakter, dan penggunaan kiasan sastra atau dengan berbagai tradisi puisi dan puitis (Wikipedia).

Creative writing juga kerap diterjemahkan sebagai “teknik menulis bebas”. Salah satu karya creative writing adalah postingan atau artikel di blog yang dibuat para blogger.

tulisan

Menurut Writer’s Treasure, seorang creative writer bisa membuat karya fiksi dan nonfiksi.

Kebanyakan karya fiksi dibuat dengan tujuan menghibur dan mengedukasi. Sementara itu, karya nonfiksi seperti biografi dan autobiografi lebih bertujuan untuk mengedukasi dan menginformasikan sesuatu.

Jadi, creative writing merujuk pada penulisan yang “tidak biasa”. Ia lebih menekankan pada sisi narasi, pengembangan karakter, opini, dan gaya berbahasa yang non-formal.

Pengertian creative writing terbaik menurut saya dikemukakan Your Dictionary:

“The best way to define creative writing is to give a list of things that are and that are not considered creative writing. Things that are would be: novels, poems, epics, short stories, screenplays, songs, television scripts, etc. Things that are usually not creative writing include: academic writing, textbooks, journalism, and technical writing.”

Cara terbaik untuk mendefinisikan creative writing adalah memberikan daftar tulisan yang termasuk dan tidak termasuk kategori creative writing:

  • Tulisan Kreatif: novel, puisi, epik/epos (cerita kepahlawanan; syair panjang yang menceritakan riwayat perjuangan seorang pahlawan), cerpen, naskah drama, skenario film, lirik lagu, naskah tevisi, naskah iklan, dongeng, dll.
  • Tulisan Non-Kreatif: karya tulis ilmiah (tulisan akademis), buku teks, jurnaisme, dan tulisan teknis.

Demikian pengertian creative writer atau penulis kreatif. Blogging adalah cara terbaik untuk menjadi penulis kreatif. Tuliskan pengalaman, pemikiran, dan pengetahuan Anda di blog dan Anda akan menjadi creative writer andal! Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *