Pengertian Nama Domain dan Ekstensinya

677 views

Saya sudah share tentang Cara Memilih Nama Domain. Kali ini saya ulas pengertian nama domain dan ekstensinya, seperti arti .com, .net, .info, .org, .co.id, .go.id, .ac.id, .web.id, .id, dan ekstensi domain lainnya.

 

nama domain

 

Nama domain adalah alamat dalam bentuk kata yang bisa diakses secara online dari seluruh dunia, untuk menuju sebuah halaman internet.

Berikut ini struktur nama domain seperti dilansir Firts Site Guide:

  • Awalan – protokol aplikasi internet dari domain (http: standar/https: aman).
  • Subdomain – domain tingkat ketiga dari nama situs web (beberapa situs menggunakan “www”, sebagian tidak).
  • Nama – domain tingkat kedua dari situs web, yang dipilih oleh orang yang mendaftarkan domain.
  • Ekstensi – domain tingkat atas dapat dipilih untuk beragam pilihan yang tersedia.

 

struktur nama domain

Pengertian Nama Domain

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. (Wikipedia).

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nama domain juga berfungsi sebagai identitas atau brand (merek) website.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website (web address).

Nama domain ibarat alamat rumah di dunia maya (internet). Website juga bisa disebut “rumah maya”.

Nama domain terdiri atas dua bagian, yaitu nama domain (domain name) itu sendiri dan ekstensi domain  (domain extention)

Contoh Nama Domain dan Ektensinya

  1. google.com
  2. wikipedia.com
  3. facebook.com
  4. twitter.com
  5. detik.com
  6. republika.co.id
  7. dewanpers.or.id
  8. romeltea.wordpress.com
  9. romeltea.com

Jenis-Jenis Ekstensi Domain

Ekstensi domain terdiri dari:

  1. Top Level Domain (TLD). Domain tingkat tertinggi:  .com, .net, .info
  2. Generic Top Level Domain (gTLD). Doman TLD Generik untuk web dengan konten spesifik: .edu, .mil, .gov, .org, .biz, ac.id, .sch.id, or.id, go.id
  3. County Code Top Level Domains (ccTLD). Doman TLD kode negara: .id, .co.uk, .hk, .jp, .com. au
  4. Subdomain yaitu domain standar yang tidak berdiri sendiri. Subdomain merupakan bagian tambahan dari nama domain utama, seperti sport.detik.com, bola.tempo.com, sport.romelta.com

 

Pengertian Domain dan Contoh-contoh Domain

 

Pengertian Nama-Nama Ektensi Domain

.com

Com singkatan dari Commercial (komersial, bisnis). Awalnya, nama domain .com untuk nama situs web komersial atau lembaga bisnis, seperti nama perusahaan, nama produk,  dan nama merek (brand).

Namun, nama domain .com dapat juga digunakan untuk web apa saja, termasuk web pribadi. Tidak ada larangan dan batasan untuk dapat menggunakan domain ini karena dapat didaftarkan tanpa persyaratan khusus. Dot com menjadi ekstensi domain terpopuer di dunia.

.net

Net singkatan dari Network atau Networking yang artinya jaringan. Nama domain .net awalnya untuk nama domain situs web yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan-perusahaan komputer, IT, layanan-layanan internet dan sejenisnya.

Namun, pada umumnya nama domain ini juga dapat digunakan untuk apa saja, seperti halnya dot com, karena dapat didaftarkan tanpa dengan pesyaratan khusus. Biasanya, jika dot com sudah tidak tersedia, .net menjadi opsi.

.info

Info singkaran dari Information. Ekstensi domain dot info bisa dipakai untuk website apa saja, termasuk blog pribadi. Namun, nama domain dot info ini lebih cocok untuk sesuatu yan sifatnya informasi. Misalnya, kesehatan.info, lalulintas.info.

.org

Org singkatan dari Organization (organisasi). Nama ekstensi domain dot org sangat pas bila digunakan untuk website organisasi, lembaga, atau perkumpulan. Tidak ada pesyaratan khusus untuk mendapatkan domain dot org karena sama dengan dot com dan dot net.

Meski boleh dipakai untuk website apa saja, termasuk website pribadi, namun umumnya dot org digunakan untuk website lembaga. Jarang sekali ada website pribadi menggunakan nama domain dot org.

.biz

Dot biz singkatan dari Business (bisnis, usaha). Meski boleh dipakai untuk website apa saja, tapi nama domain ini lebih cocok untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau lembaga usaha, termasuk toko online.

.co.id

Co id Singkatan dari Company Indonesia, perusahaan Indonesia. Dari namanya saja sudah jelas, domain yang dibacanya “dot ko dot aidi” ini diperuntukkan bagi website perusahaan, juga nama produk, maupun merek yang memiliki identitas Indonesia.

Ada syarat khusus untuk menggunakan nama domain co.id, yaitu fotokopi KTP penaggung jawab, SIUP/TDP, NPWP, dan Akta Notaris.

.or. id

Or id singkatan dari Organization Indonesia, organisasi Indonesia. Sudah jelas, nama domain ini untuk nama organisasi di Indonesia, seperti ormas, parpol, LSM. Ada syarat khusus untuk bisa menggunakan domain or.id, yaitu foto kopi KTP penganggung jawab, Akta Notaris, dan SK Internal Organisasi.

.ac.id

Ac id singkatan dari Academy Indonesia, akademi Indonesia. Nama domain ini untuk website lembaga pendidikan (akademi), khususnya perguruan tinggi, sekolah tinggi, atau universitas. Ada syarat khusus untuk menggunakannya, yaitu foto kopi KTP penanggung jawab, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan.

.sch.id

Sch id singkatan dari School Indonesia, sekolah Indonesia. Nama domain khusus untuk sekolah SD hingga SMA/SLTA. Syaratnya: foto kopi KTP penanggung jawab dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.

.go.id

Go id singkatan dari Government Indonesia, pemerintah Indonesia. Nama domain khusus untuk instansi atau lembaga pemerintahan, termasuk kementeria, pemerintah provinsi, pemeirntah kota, dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Syarat khusus: foto kopi KTP penanggung jawab, Surat permohonan di tanda tangani
oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.

.id

Id singkaran dari Indonesia. Mulai populer digunakan kalangan blogger, khususnya jika .com sudah tidak tersedia. Dot id menjadi nama domain khas situs web Indonesia.

.co

Co singkatan dari Company. Dot co ini menjadi ekstensi domain alternatif lain jika dot com sudah tidak tersedia atau digunakan orang lain. Tidak ada syarat khusus untuk menggunakannya, beda sama co.id.

Masih banyak nama domain ekstensi lainnya, namun daftar nama-nama ekstendi domain dan pengertiannya di atas paling populer, baik di kalangan pengguna maupun mesin pencari. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Arti Domain internet Nama Domain

Related Post

  1. author
    tematis4 weeks agoReply

    Bravo pour cet article.

Leave a reply