Pengertian & Peran Administrator, Author, Editor, Contributor, dan Subscriber

649 views

Blog atau website berbasis Blogger dan WordPress bisa dikelola oleh banyak orang (pengguna, user). Di Blogger, peran user hanya dua: Admin dan Author.

Admin bisa mengelola blog secara keseluruhan, termasuk ganti template (tema/themes). Author hanya bisa menulis dan mengedit tulisan sendiri.

Untuk menambahkan author di Blogger:

  1. Setting
  2. Basic
  3. Permission/Blog Author
  4. Add Author

admin author editor wp

Website berbasis WordPress bisa dikelola oleh minimal lima pengguna dengan peran berbeda:

  1. Administrator
  2. Author
  3. Editor
  4. Contributor
  5. Subscriber.

Untuk menambahkan user di WP:

  1. Klik Users
  2. Add New
  3. Isi form yang tersedia, termasuk “role” yang diberikan.

Merujuk laman resmi WordPress,  berikut ini ringkasan peran pengguna (Summary of Roles):

1. Administrator (Admin)

Biasa disebut admin saja. Admin memiliki akses ke seluruh elemen sebuah website, termasuk menulis, mengedit, menghapus, mengganti tema, memasang plugin, menambah admin atau user, dll.

Administrator WP

2. Editor

Pengguna yang bisa mempublikasikan dan mengelola tulisan sendiri dan artikel user lain, mengelola kategori, upload file/media, serta melakukan moderasi komentar. Editor tidak bisa mengubah user, plugin, dan theme (tampilan web).

Editor wp

3. Author (Penulis)

Disebut juga pengarang atau penulis. Ia mempunyai keleluasaan untuk menerbitkan dan menghapus artikel, mengupload file media, namun hanya atas tulisan yang ditulisnya sendiri.

Author dia tidak bisa melakukan moderasi komentar (meskipun komentar itu berada pada artikel yang di postingnya sendiri), juga tidak bisa akses ke tema dan plugin.

Author WP

4. Contributor

Kontributor bisa menulis dan mengelola postingannya, tapi tidak bisa mempublikasikan sendiri (can write and manage their own posts but cannot publish them).

Artikel yang telah ditulis oleh kontributor hanya bisa dipublish oleh administrator atau editor. Artikel yang telah dipublikasikan oleh administrator atau editor tidak dapat diedit/dihapus lagi oleh kontributor.

Peran kontributor biasanya diberikan pada penulis yang artikelnya harus disetujui dan diedit dulu oleh editor atau admin.

Contributor WP

5. Subscriber

Pelanggan yang hanya bisa membaca, menulis komentar, dan mengelola profil, tidak bisa posting, apalagi mengelola tema dan plugin.

Kelebihan subscriber dibandingkan dengan pengunjung biasa adalah subscriber dapat membaca post berstatus “private”.

Selain kelima pengguna tersebut, ada juga yang disebut Super Admin jika dalam satu akun ada beberapa website.

Demikian Pengertian & Peran Administrator, Author, Editor, Contributor, dan Subscriber. Sebagai dokumentasi sekaligus berbagi dengan Anda yang mungkin bingung menetapkan peran user web. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Image Credit: ThemeIsle

 

Admin Author Blogging Editor Pengguna User Wordpress

Related Post

Leave a reply