Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di Perguruan Tinggi

Ilustrasi Mahasiswa Kampus Fakultas Jurusan Prodi
Ilustrasi Mahasiswa Kampus Fakultas Jurusan Prodi (Alamy).*

Seorang mahasiswa biasanya mengenalkan diri sebagai mahasiswa sebuah jurusan, selain menyebutkan nama kampus atau perguruan tingginya.

Kadang-kadang disebutkan juga nama fakultas. Mahasiswa jarang mengebutkan istilah program studi (prodi) saat memperkenalkan diri di sebuah forum.

Misalnya, “Saya Dewi, mahasiswi jurnalistik UIN Bandung” atau “Nama saya Asep, mahasiswa humas Fikom Unpad”.

“Mahasiswi jurnalistik” maksudnya mahasiswa jurusan ilmu jurnalistik. “Mahasiswa humas” maksudnya mahasiswa jurusan ilmu hubungan masyakarat (humas).

Lulusan SMA yang mau kuliah mungkin banyak yang masih tidak mengetahui istilah dan pengertian fakultas, jurusan, dan program studi. Mereka baru tahu jika sudah ada sosialisasi atau pengenalan kuliah di sekolahnya.

Baca Juga

Pengertian Perguruan Tinggi dan Kampus

Fakultas, jurusan, dan program studi adalah “department” atau bagian di sebuah perguruan tinggi yaitu tingkatan tertinggi lembaga pendidikan setalah SLTA (SMA/SMK/MA).

Jadi, urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Perguruan Tinggi
  2. Fakultas
  3. Jurusan
  4. Program Studi

Karenanya, sebelum mengulas perbedaan fakultas, jurusan, dan program studi, kita simak dulu pengertian “perguruan tinggi” dan “kampus”. Beda lho!

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), perguruan tinggi artinya tempat pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi (seperti sekolah tinggi, akademi, universitas).

Jadi, perguruan tinggi itu bermacam-macam. Ada yang bernama universitas, akademi, sekolah tinggi, dan institut. Ada juga yang bernama politeknik, yaitu perguruan tinggi yang khusus mendidik mahasiswa di bidang keterampilan dan ilmu-ilmu terapan.

Contoh Perguruan Tinggi:

  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Akademi Bahasa Bandung (ABA)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes)
  • Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Apa bedanya universitas, institut, akademi, sekolah tinggi, dan politeknik? Wah, jadi panjang nih bahasannya. Buka aja deh artikel di Kompas: Ini Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

Perguruan tinggi sering juga disebut kampus. Pengertian kampus adalah “daerah lingkungan bangunan utama perguruan tinggi (universitas, akademi, sekolah tinggi) tempat semua kegiatan belajar-mengajar dan administrasi berlangsung”.

Jadi, istilah kampus merujuk pada kompleks atau lokasi gedung perguruan tinggi yang biasanya terdiri dari gedung atau kantor rektor, dekan, ketua jurusan, ketua prodi, ruang tata usaha, laboratorium, ruang kuliah, dll.

Dalam keseharian, kita sering mengatakan “pergi ke kampus”, bukan “pergi ke universitas” atau “pergi ke akademi”.

Istilah kampus juga sering digunakan untuk lokasi atau gedung sekolah, misalnya Kampus SMAN 2 Bogor atau Kampus SMAN 27 Bandung. Boleh?

Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi

Perbedaan fakultas, jurusan, dan program studi dapat dipahami dari pengertian istilah ketiganya. Sebagai perbandingan, di UIN SGD Bandung ada Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK).

Di fakultas itu banyak jurusan. Salah satunya Jurusan Ilmu Komunikasi. Nah, di jurusan ilmu komunikasi ini ada dua program studi, yaitu prodi jurnalistik dan prodi humas.

Jadi, urutan tingkatannya begini:

  1. UIN
  2. FDK
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Prodi (Jurnalistik dan Humas)

Jelas ya?

Kini kita bedah pengertian fakultas, jurusan, dan prodi. Acuan pengertian secara bahasa adalah KBBI.

1. Fakultas

Fakultas adalah bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu, terdiri atas beberapa jurusan, dipimpin oleh dekan.

Fakultas biasanya terdiri dari beberapa jurusan yang memiliki karakteristik sama dan memadai untuk dijadikan satu badan.

Misalnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri Jurusan Ilmu Administrasi Negara (AN), Jurusan Ilmu Pemerintahan (IP), Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI), dan Jurusan Sosisologi.

Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dll. yang memiliki karakteristik keilmuan yang sama yaitu bidang ilmu ekonomi.

2. Jurusan

Jurusan adalah bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, misalnya jurusan akuntansi, jurusan manajemen, yang merupakan bidang keahlian atau keilmuan khusus.

3. Program Studi

Program studi adalah unit pelaksana yang menyelenggarakan dan mengelola pendidikan akademik, vokasi, atau profesi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Program studi lebih spesifik dari jurusan. Misalnya, ilmu komunikasi sangat luas. Spesialisasinya antara lain jurnalistik, humas, dan periklanan.

Namun, kata “jurusan” juga sering disamakan dengan “prodi” karena ruang lingkupnya merupakan ilmu khusus atau keilmuan spesifik.

Itu dia Perbedaan Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di Perguruan Tinggi. Semoga tidak keliru. Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *