Tips Memilih Produk Asuransi yang Terpercaya

Tips Memilih Produk Asuransi yang Terpercaya

Apakah kamu ingat dengan pepatah yang sering kita temui, yaitu “Siap sedia payung sebelum hujan”? Jika kamu ingat, maka pepatah tersebut merupakan penggambaran yang tepat mengenai asuransi bagi kamu yang masih awam dengan asuransi.

Asuransi adalah sebuah produk keuangan yang mampu memberikan kita perlindungan terhadap resiko kerugian finansial di masa depan.

Banyak macam asuransi tergantung objek yang diasuransikan, mulai dari kendaraan, kesehatan pribadi, jiwa pencari nafkah utama. hingga properti. Apabila kita mengingat lebih jauh lagi, bahwa dalam hidup ini tidak ada yang pasti.

Banyak kondisi yang tak diinginkan yang mampu merugikan kita secara finansial seperti kebakaran rumah, kematian suami yang menjadi penafkah utama di keluarga, hingga jatuh sakit.

Oleh karena itu, asuransi hadir untuk menjadi solusi utama kita ketika resiko tersebut menjadi kenyataan. Dengan kita berasuransi, maka kita sudah satu langkah lebih maju dalam merencanakan keuangan kita di masa depan.

Baca Juga

Dengan asuransi, kita dapat mengalihkan risiko-risiko tersebut ke perusahaan asuransi yang menjaminkan kita pertanggungan berdasarkan skema-skema asuransi yang ditawarkannya, sedangkan kita hanya perlu menyisihkan sebagian uang kita untuk membayarkan asuransi tersebut (premi).

Terdapat banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransinya kepada kita. Masing-masing perusahaan pun memiliki spesialisasinya masing-masing. Misalnya saja, ada perusahaan asuransi Adira yang berfokus pada asuransi kendaraan bermotor dan menawarkan berbagai macam manfaat berbeda di setiap produk yang dimilikinya.

Lalu, ada mega insurance yang menawarkan asuransi umum berupa asuransi properti ataupun asuransi kesehatan. Namun, dengan banyaknya perusahaan asuransi yang ada, mana perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi paling tepat untuk kita?

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar dapat memilih perusahaan asuransi yang tepat dan tidak tertipu!

1. Pastikan Keresmian Perusahaan Asuransi

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam memilih perusahaan asuransi adalah memastikan keresmian perusahaan asuransi yang akan kamu pilih.

Hanya perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat memberikan perlindungan pasti bagi kamu pelanggan produk asuransi.

Dengan adanya pengawasan dari OJK, terjamin legalitas perusahaan asuransi tersebut sehingga apabila terdapat hal yang merugikan kamu di masa mendatang kamu dapat dengan mudah mengadukan hal tersebut ke OJK untuk ditindaklanjuti.

2. Cek Testimoni Pelanggan

Banyak orang bilang bahwa penanda sebuah hal itu bagus karena ada review baik dari banyak orang terkait hal tersebut. Hal yang sama berlaku juga dengan perusahaan asuransi.

Kamu bisa menjelajahi internet untuk mendengar berbagai review dari customer perusahaan asuransi yang ingin kamu pilih. Namun, sebelum kamu mencari tahu lebih lanjut review pelanggan, kamu harus sudah menetapkan produk asuransi apa yang akan kamu beli. Apakah asuransi mobil, asuransi kesehatan, dsbnya.

Karena terkadang beberapa perusahaan asuransi mendapatkan review kurang baik di satu jenis asuransi, namun mendapatkan review baik di jenis asuransi lainnya. Jangan sampai kamu salah cek testimoni pelanggan, ya!

Selain dari internet, kamu juga bisa mengecek testimoni dari keluarga, kerabat, atau temanmu, loh! Terkadang, review dari mereka akan lebih spesifik dan jelas untuk kamu pahami karena mendengarkan pengalaman langsung dari orang terdekatmu. So, jangan lelah menanyakan kepada orang-orang di sekitarmu, ya!

3. Cek RBC

Risk Based Capital (RBC) adalah salah satu indikator yang dapat digunakan bagi kita pelanggan memastikan apakah rasio solvabilitas perusahaan asuransi tersebut baik atau tidak.

Hal ini menunjukkan seberapa baik perusahaan dalam mencairkan uang pertanggungan nasabahnya dan ditunjukkan dalam persentase.

RBC minimal dari sebuah perusahaan asuransi adalah 120%, jika di bawah itu maka dapat dikatakan bahwa perusahaan asuransi yang kamu tinjau kurang baik.

Beberapa perusahaan asuransi biasanya menuliskan persentase RBC-nya di situs ataupun laporan keuangan perusahaannya sehingga kamu dapat dengan mudah mengecek hal tersebut!

4. Cek Jaringan Perusahaan

Hal terakhir yang dapat kamu cek adalah mengecek seberapa luas jangkauan perusahaan asuransi mu. Apakah terbatas di wilayah tertentu saja, atau tidak.

Apabila kamu mencari perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil, kamu dapat mengecek jaringan bengkel rekanannya. Atau apabila kamu ingin memilih perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan terbaik, kamu dapat mengecek bagaimana rumah sakit rekanan dari produk asuransi yang ditawarkannya.

Semakin luas, semakin baik. Kamu tidak mau kan kalo klaim asuransi kamu gagal hanya karena tidak terjangkau oleh jaringan perusahaan asuransi yang kamu pilih?

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk memilih perusahaan asuransi yang terbaik dan terpercaya. Namun, untuk memilih produk asuransi yang tepat untukmu, itu hal yang lain lagi, ya! Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.