Cara Mengisi Blog: 12 Ide Tulisan untuk Update Posting

Cara Mengisi Blog: 12 Ide Tulisan untuk Update Posting

blogCara Mengisi Blog: 12 Ide Tulisan untuk Update Posting.

DI dunia tulis-menulis dikenal istilah hambatan penulis (Writer”s Block, Obstacle to Writing, Writing Anxiety), yaitu kondisi yang menyebabkan seseorang tidak (bisa) menulis.

Salah satu hambatan menulis adalah tidak ditemukannya topik atau tema tulisan. Praktisnya, bingung mau nulis tentang apa.

Di dunia blogging (ngeblog) pun demikian. Banyak blogger –termasuk saya– sering mengalami hambatan menulis posting di blog berup topik apa yang mau ditulis di blog, untuk update konten, memperbanyak artikel biar terus terindeks Google dan mesin pencari lainnya.

12 Ide Tulisan untuk Posting Tulisan

Berikut ini daftar 12  ide tulisan untuk mengisi blog (membuat posting) dari Online Journalism Blog yang layak disimak dan dicoba.

1. Respond to something elsewhere on the web. 

Merespons atau menanggapi isu aktual atau berita hangat yang lagi viral di media sosial. Bisa juga menanggapi postingan blogger lain atau berita menarik lainnya.

2. Suggest an idea. 

Menyarankan ide, tips, atau mengatasi masalah. Bisa juga ide cerita sinetron, misalnya, atau ide apa saja.

3. Interview someone.

Lakukan wawancara layaknya wartawan yang nyari bahan berita dengan wawancara pengamat, tokoh, atau pejabat. Wawancara “zaman now” bisa dilakukan via email, whatsapp, atau media sosial.

4. Blog an event.

Menulis tentang acara yang akan digelar, acara apa saja, termasuk jadwal bola, jadwal MotoGP, atau jadwal acara apa saja yang sekiranya diminati orang.

5. Ask a question.

Bisa bikin polling, survei, atau menulis yang isinya ketidaktahuan atau keheranan tentang suatu masalah.

6. Pick a fight.

Mengeritik atau menggungat sebuah berita, menanggapi postingan blogger lain. Secara bahsa, pick a fight bisa diartikan “ngajak gelut” dengan pihak lain dalam bentuk perang tulisan, adu pemikiran, atau perang informasi.

7. Reflect on something.

Menulis analisis, curhat, cur-kir (curahan pemikiran) tentang suatu masalah. Baca berita, tonton TV, pantau trending topic, atau yang menjadi viral di medsos, lalu tulisakan pemikiran Anda tentang hal itu.

8. Do something visual.

Nyalakan ponsel Anda. Pergi keluar. Ambil gambar atau video di sekitar yang sekiranya menarik, lalu upload atau posting di blog. Konten blog (website) tidak harus melulu berupa tulisan. Bisa juga foto atau video.

Bahkan, konten video lebih menarik. Istilahnya Vlogging = video logging atau video blogging. Simpan videonya di Youtube lalu ambil kode tempel (embed) untuk dimuat di blog.

9. Review something.

Lakukan tinjauan buku, novel, film, sinetron, lukisan, atau bahkan berita aktual. Tinjauan objek wisata juga ok. Pernah piknik kan? Nah, ingat-ingat tuh, lalu tulisakan pengalaman dengan review tempat piknik Anda.

Anda juga bisa review pelayanan umum, layanan kantor pos, pelayanan bank, layanan minimarket, dll.

10. Make a list.

Buat tulisan berupa daftar, misalnya, daftar antivirus terbaik, daftar seleb tercantin, daftar pemain sinetron dunia terbalik, daftar situs berita, daftar merek HP paling laris, daftar merek komputer terpopuler, daftar harga paket internet, dll.

11. Write a how-to.

Tulis Tips. Bagikan keahlian Anda kepada pembaca. Anda ahli bidang otomotif, bagikan tips tentang perawatan mesin, ban, busi, atau tips saja. Kalau saya biasa berbagi tips tentang writing, speaking, dan blogging di blog ini dan blog itu.

12. Let someone else post.

Anda bisa mengundang teman atau blogger lain untuk menjadi Guest Blogger, yaitu blogger yang menulis posting di blog orang lain.

Demikian cara mengisi blog, khususnya saat terkena hambatan menulis posting untuk update konten. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Cara Memindahkan Isi Blog WordPress ke Blogspot Cara Import File atau Konten Blog WordPress ke Blogspot atau Sebaliknya dari Bloggwer ke WP JIKA kita punya blog WordPress (WP), lalu mau pindah ke...
Ada 15,786 Total Spam di Blog Ini, Thanks Akismet! Spam yang saya maksud dalam posting ini adalah "komentar sampah" di posting blog ini (www.romeltea.com). Biasanya berisi banyak link. Biasanya pula li...
Tips Blogging: Konten Adalah Raja Konten Adalah Raja (Content is King). Istilah ini populer di kalangan blogger dan praktisi media online. Isi adalah Raja maksudnya postingan blog m...
Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang... Tips Menjadi Blogpreneur - Menghasilkan Uang melalui Blog. MOTIVASI awal ngeblog (blogging) sekadar menyalurkan hobi menulis, berbagi pengetahuan a...

COMMENTS