5 Plugin SEO Terbaik untuk Website WordPress

SEO website yang dibangun dengan CMS WordPress sangat mudah dilakukan dengan bantuan plugin. Berikut ini Plugin SEO Terbaik untu situs web wordpress.

plugin seo terbaik wp
Plugin SEO Terbaik (Mythemeshop)

PLUGIN SEO adalah plugin penting kedua setelah plugin keamanan web (security). Plugin WP penting lainnya adalah plugin untuk meningkatkan kecepatan website.

Plugin SEO Terbaik untuk Website WordPress harus menjadi pilihan agar website WP Anda bersaing di Google dan mesin pencari lainnya –Bing, Yandex, Yahoo, dll.

Jangan lupa, gunakan tema wordpress premium agar website lebih aman dan powerful di mesin pencari.

Plugin SEO Terbaik untuk Website WordPress

Berikut ini plugin SEO terbaik versi saya, setelah bertahun-tahun menggeluti wordpress. Anda bisa menginstal dan mengaktifkannya setelah mengaktifkan plugin Akismet dan plugin keamanan website lainnya.

Baca Juga

1. Yoast SEO

Yoast SEO plugin seo terbaik

Plugin Yoast yang juga dinamai WordPress SEO Plugin ini merupakan plugin favorit saya. Pernah menggunakan plugin seo lainnya –seperti All in One SEO Pack dan SEO Ultimate, namun akhirnya kembali ke Yoast dan “tak berpaling ke lain hati” tiap kali membuat web wordpress baru.

Yoast SEO sudah dipasang dan diaktifkan di 5 juta lebih web wordpress sejak 2008. Yoast SEO membantu kita daam banyak hal dari sisi SEO On-Page, mulai pengoptimalan meta tags, pembuatan peta situs (sitemap), hingga gambar default untuk halaman depan web saat dibagikan di media sosial.

Dalam deskripsinya disebutkan, sejak 2008 Yoast SEO telah membantu jutaan situs web di seluruh dunia untuk menaikkan peringkatnya di mesin pencari.

Plugin WordPress SEO ini membantu Anda melakukan optimasi mesin pencari. Misi Yoast adalah SEO untuk Semua Orang, pengguna plugin ini beragam mulai dari toko di pelosok hingga beberapa situs paling populer di dunia.

Kelebihan plugin seo ini antara lain analisis SEO untuk menulis teks yang ramah mesin telusus (SEO Friendly) dengan kata kunci yang tepat (fokus).

Ada juga analisis keterbacaan (readability) dan pratinjau cuplikan (snippet) yang muncul di halaman hasil pencarian, termasuk di ponsel.

2. Schema & Structured Data for WP & AMP

plugin seo Schema & Structured Data for WP & AMP

Plugin yang termasuk plugin seo ini opsional. Jika tema yang Anda gunakan sudah dilengkapi Schema seperti Bloggingpro WP Theme, maka plugin ini tidak diperlukan, kecuali jika berupa website berita –untuk menggunakan schema markup NewsArticle).

Skema & Data Terstruktur untuk WP & AMP menambahkan markup Google Rich Snippets sesuai dengan pedoman Schema.org untuk menyusun situs Anda untuk SEO. (Kompatibel AMP).

3. WPA SEO Auto Linker

plugin seo terbaik internal link otomatis

Plugin WPA SEO Auto Linker juga termasuk plugin seo favorit saya. Fungsinya memasangkan tautan internal (internal link) secara otomatis dalam postingan atau tulisan.

Intenal link merupakan salah satu 200 faktor seo penentu peringkat di Google. Kita perhatikan Wikipedia dan situs-situs berita banyak menyisipkan link internal dalam artikelnya.

Nah, dengan plugin ini, kita bisa setting kata-kata kunci atau frasa kata kunci untuk secara otomatis ngelink ke artikel lain atau tersambung ke kategori, tag, dan halaman lainnya.

Ingin membuat konten landasan secara otomatis? WPA SEO Auto Linker membantu menyelesaikan ini. Cukup buat kata kunci baru atau frasa baru. Sistem akan menautkan kata kunci atau frasa itu dengan URL dofollow yang Anda pilih.

Menggunakan plugin ini tidak hanya membantu mendefinisikan konten landasan dalam strategi SEO, itu juga meningkatkan tampilan halaman (pageviews).

4. WP 404 Auto Redirect to Similar Post

WP 404 Plugin SEO Terbaik

Plugin ini masuk plugin seo favorit saya juga. Anda yang suka hapus postingan atau ganti permalink/ganti judul, sangat perlu memasang plugin ini.

Sebagaimana namanya, WP 404 Auto Redirect ke Posting Serupa, plugin ini akan secara otomatis mengarahkan error 404 not found (halaman tidak ditemukan) ke posting serupa berdasarkan judul, jenis posting & taksonomi.

Jika tidak ditemukan tulisan serupa, pengunjung akan diarahkan ke beranda atau URL khusus. Fitur salah satu plugin seo terbaik ini a.l. secara otomatis mendeteksi 404, secara otomatis mencari pos serupa berdasarkan beberapa faktor, dan tampilkan halaman 404 default.

5. WP-Optimize – Clean, Compress, Cache

WP-Optimize Plugin SEO Terbaik

Plugin ini sangat membantu dalam mempercepat website. Ia berfungsi mengoptimalkan database, membersihkan file-file atau elemen yang tidak digunakan, compress, dan cache tadi.

Plugin ini diklaim develepornya sebagai “plugin revolusioner”, plugin all-in-one yang membersihkan database web Anda, mengompres gambar, dan menyimpan cache situs Anda.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk membersihkan dan mengoptimalkan database, memberi opsi untuk mengompres gambar, memungkinkan cache halaman untuk waktu pemuatan super cepat (faster loads).

Kita bisa dengan mudah menghapus semua data yang tidak perlu (mis. komentar sampah / tidak disetujui / spam, data basi) ditambah pingbacks, trackbacks, dan opsi sementara yang kedaluwarsa. Plugin ini juga memiliki fitur Lazy Loads untuk mempercepat tampilan web.

Namun, ada tapinya. Berdasarkan pengalaman, tidak semua tema cocok dengan plugin ini. Jika web mengalami error setelah memasang plugin ini, maka hapus saja!

Alternatifnya a.l. Autoptimize, WP Fastest Cache, WP Super Cache, dan LiteSpeed Cache.

Itu dia Plugin SEO WordPress terbaik rekomendasi saya. Anda yang sudah berpengalaman dan lebih paham, silakan komentar untuk mengoreksi atau menambahkan.

Plugin SEO Terbaik versi Provider

Bagaiman dengan Plugin SEO Terbaik untuk Website WordPress versi Provider Domain & Hosting? Berikut ini saya kutipkan versi Qwords, Niagahoster, Jagoanhosting, Hostinger, dan Domainesia.

Plugin SEO Terbaik versi Qwords

1. Yoast SEO
2. All in One SEO Pack
3. Rank Math
4. Rel Nofollow Checkbox
5. Google XML Sitemaps
6. Contextual Related Post
7. PB SEO Friendly Images
8. W3 Total Cache
9. Broken Link Checker
10. All in One Schema Rich Snippets
11. Social Sharing
12. Redirection.

Plugin SEO Terbaik vers Niagahoster

1. Yoast SEO
2. All in One SEO Pack
3. Google XML Sitemaps
4. WP Super Cache
5. Broken Link Checker
6. Rel Nofollow Checkbox
7. Redirection
8. All in One Schema.org Rich Snippets
9. W3 Total Cache
10. SEO Internal Links

Plugin SEO Terbaik vers Jagoanhosting

1. Yoast SEO (Gratis & Berbayar)
2. All in One SEO Pack (Gratis & Berbayar)
3. SEO Ultimate (Gratis & Berbayar)
4. FV Simpler SEO Pack (Gratis)
5. Scribe (Gratis)
6. SEO Friendly Images (Gratis)
7. Google XML Sitemap (Gratis)
8. All in One Schema.org Rich Snippets (Gratis)
9. SEO Internal Links (Gratis)
10. Greg’s High Performance SEO (Gratis)
11. SEO Content Helper (Gratis)

Plugin SEO Terbaik vers Hostinger

1. WordPress SEO by Yoast
2. All in One SEO Pack
3. The SEO Framework
4. SEO Squirrly
5. Broken Link Checker
6. W3 Total Cache
7. Google XML Sitemaps
8. SEO Optimized Image
9. WPtouch Mobile Plugin
10. AddThis
11. Google Analytics by MonsterInsights
12. All in One WP Security Firewall.

Plugin SEO Terbaik vers Domainesia

1. WordPress Seo by Yoast
2. Scribe
3. SEO Ultimate
4. Google XML Sitemap
5. SEO Friendly Images

Bingung?

Kembali saja ke atas, rekomendasi saya. Plugin SEO terbaik lainnya bisa disimak ulasannya lebih dulu dan kecocokannya dengan website dan kebutuhan laman situs wordpress Anda. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *