7 Plugin WordPress Wajib Pasang

4587 views

Plugin menjadi salah satu kelebihan website atau blog selfhosted CMS WordPress. Jumlahnya sangat banyak! Ada lebih dari 56 ribu plugin yang tersedia, mulai dari plugin unuk keamanan web hingga meningkatkan SEO. Postingan ini membahas daftar plugin wajib pasang di situs web atau blog WordPress.

wp-plugin

 

Pengertian Plugin

Plugin adalah adalah kode perangkat lunak (software) dengan fungsi tertentu sebagai pelengkap CMS WordPress.

Plugin WordPress memiliki fungsi seperti extension di browser internet Google Chrome atau addon di Mozilla Firefox.

Kita mau pasang elemen “apa saja” di sudah disediakan plugin-nya, mulai dari tombol berbagi (social share button), popular posts, related posts, hingga pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Berikut ini Plugin WP Wajib Pasang di Blog WordPress sebagai panduan bagi Anda yang baru saja membuat blog WordPress dan masih pemula (newbie).

Anda yang sudah “senior” atau berpengalaman, apalagi webmaster alias sudah “mastah”, bisa memberi masukan di kolom komentar.

Saya susun daftar plugin wordpress wajib pasang (install) atau plugin wp penting ini berdasarkan pengalaman selama membangun website berbasis WP, termasuk blog romeltea.com ini.

Plugin WordPress Wajib Pasang

Begitu selesai install WordPress dalam proses membuat website dengan wordpress, pasangkan (install) dan aktifkan (activate) plugin WP wajib pasang berikut ini:

1. Akismet – Plugin WP Anti-Spam

 Download Akismet Anti-Spam

Plugn ini biasanya sudah ada alias otomatis terpasang. Sudah default.  Kita tinggal diaktifkan dan setting dengan memasukkan kode yang diperoleh dari wordpress.com. (Link Download Akismet)

Plugin WP ini digunakan jutaan blogger di seluruh dunia. Fungsinya untuk menyaring komentar spam yang menjadi common enemy para blogger.

Akismet merupakan layanan penyaringan spam pada kolom komentar. Plugin  ini milik Auttomatic yang didirikan oleh pendiri WordPress. Karenanya, sudah satu paket dengan WP. Website Anda terlindungi dari serbuan komentar spam yang merugikan dan membahayakan website.

2. Yoast – Plugin WP untuk SEO

Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO). Cukup satu plugin ini, plus konten berkualitas, blog WP Anda akan wusss…. melesat ke halaman depan Google.

Fitur plugin Yoast SEO yang wajib dipasang di blog WP ini cukup lengkap, antara lain:

  • Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan
  • Konfigurasi Meta Robot
  • Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing, dan Yandex
  • XML Sitemap
  • Memunculkan Breadcrumbs
  • More.. masih banyak lagi!

Link Download Yoast SEO

Dengan dua plugin di atas sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan dasar website berbasis CMS WordPress.

Namun, dibutuhkan plugin tambahan jika tema wordpress yang digunakan belum menyediakan fitur Social Share, Related Post, dan Popular Posts.

Maka, berikut ini lanjutan Plugin WP Wajib Pasang di Blog WordPress.

3. Plugin Keamanan

Selain harus ramah mesin telusur, tentunya website juga harus aman dari segala gangguan virus hingga peretas (hacker).

Plugin security WP cukup banyak. Paling banyak digunakan adalah All In One WP Security dan Wordfence Security. Pilih salah satu.

1. Wordfence

Plugin WordFence Security memiliki berbagai fitur penting seperti memblokir akses berbahaya, sebagai firewall, scanning malware dan file berbahaya, real-time monitor hasil pemantauan, juga fitur chacing untuk membantu loading wordpress lebih cepat. Bila ada masalah keamanan, Anda akan mendapatkan notifikasi lewat email untuk mengeceknya.

Demikian pula jika ada perubahan file atau injeksi link oleh hacker, akan ada pemberitahuan via email. Bahkan, Anda login di komputer baru pun akan ada notifikasi via email.

WordFence Security

Dengan lebih dari 2 juta instalasi aktif, WordFence Security adalah pemindai firewall dan malware yang populer dan open source. WordFence melindungi website Anda dari peretasan dan memperingatkan Anda saat situs Anda menjadi rentan.

Cara kerja WordFence adalah memindai file inti website Anda dan tema & plugin yang dipasang melalui repositori resmi WordPress untuk memeriksa keasliannya.

2. All In One WP Security

All In One WP Security adalah plugin keamanan WordPress yang menggunakan sistem penilaian poin keamanan. Ia akan mengukur seberapa baik keamanan situs Anda.

Plugin ini juga memiliki fitur “Brute Force Login” untuk mengubah link/url login ke website. Anda bisa mengubah link  login default namawebsite.com/wp-admin menjadi namawebsite.com/apasaja agar tidak mudah bagi peretas untuk masuk ke web Anda.

Selain itu, ada fitur untuk mencegah orang mengakses file readme.html, license.txt, dan wp-config-sample.php dari situs WordPress Anda. Fitur unggulan lainnya a.l.  plugin ini bisa menonaktifkan klik kanan (disable right click) mouse pengguna.

4. WP-Optimize – Plugin Pendukung Kecepatan Web

WP-Optimize

Plugin dengan nama lengkap WP-Optimize – Clean, Compress, Cache ini berfungsi utama memaksimalkan kinerja website agar lebih ringan (fast loading) dan bersih dari file-file yang tidak diperlukan.

WP-Optimize efektif membersihkan database dari file-file “sampah” sehingga web kita tampil maksimal dan efisien.

“WP-Optimize is WordPress’s #1 most installed optimization plugin. With it, you can clean up your database easily and safely, without manual queries.”

Link Download WP-Optimize

5. WP Fastest Cache – Plugin Pendukung Kecepatan

Plugin WP Fastest Cache adalah sistem cache WP tercepat yang memiliki user experience yang baik dan bekerja dengan baik dengan semua plugin lainnya. Cache dapat diartikan sebagai file sementara yang tersimpan di memori sebuah komputer atau website.

Fiturnya a.l. minify HTML, CSS, compress Gzip, combine file JavaScript dan CSS, Menghapus cache files secara otomatis.

 

WP Fastest Cache Plugin

 

Selain WP Fastest Chache, masih banyak plugin lain yang dapat mempercepat loading website Anda, seperti WP Fastest Cache, LiteSpeed Chache, W3 Total Cache, dll.

Silakan baca: Plugin WordPress Terbaik untuk Mempercepat Website WP.

6. Really Simple SSL

Plugin WP Really Simple SSL

Really Simple SSL adalah plugin yang dapat memperbarui atau mengganti URL dari HTTP ke HTTPS dengan cepat hanya dengan satu kali klik.

Pastikan web Anda dilengkapi SSL Certificate lebih dulu. Yang gratis biasanya tinggal pasang di Cpanel. Namanya Let’s Encrypt. Ini akan menjadikan alamat web “aman” (secure) di browser.

Dengan mengaktifkan plugin Really Simple SSL, maka URL untuk situs akan diperbarui ke HTTPS di setelan WordPress. Yang tadinya https://romeltea.com menjadi https://romeltea.com.

Plugin ini juga menambahkan pengalihan atau redirect 301 untuk mengirim semua lalu lintas mesin pencari dan ke pengunjung Anda untuk mengakses ke versi HTTPS pada semua halaman.

7. Schema – Plugin Sructured Data Markup 

Schema Plugin WP adalah adalah kode yang berfungsi untuk memberi tahu bentuk konten yang Anda buat pada Google atau mesin pencari lain. Dengan begitu, Google bisa menyesuaikan tampilan konten agar menarik. Tampilan itulah yang kemudian disebut dengan rich snippet.

Schema WP Plugin

Plugin sejenis a.l. Schema & Structured Data for WP & AMP dan WP SEO Structured Data Schema.

Anda bisa cek dulu data terstruktur web di Structured Data Testing Tools. Jika sudah ada –dari tema yang digunakan, maka plugin ini tak diperlukan.

Itu dia 7 Plugin WordPress Wajib Pasang di blog atau website Anda yang menggunakan CMS WordPress.

Plugin WP Penting Lainnya

Daftar plugin penting lain di bawah ini sifatnya “sunah”, opsional, tergantung kebutuhan web Anda.

1. Contact Form 7 – Plugin untuk Form Kontak

Plugin Contact Form 7 membuatkan Anda form kontak dengan mudah. Anda bisa mengatur beberapa formulir kontak dan memasang kode ringkasnya di halaman (page) kontak.

2. WPA SEO Auto Linker: Plugin SEO Internal Link Otomatis

Untuk SEO, plugin Yoast sebenarnya sudah cukup. Namun, jika ingin menambahkannya dengan internal link otomatis, bisa menggunakan Plugin WPA SEO Auto Linker.

Plugin ini otomatis memunculkan tautan internal di postingan. Kita tinggal setting kata-kata kunci apa saja dan tautannya untuk ditampilkan dalam postingan.

plugin internal link otomatis

3. WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Plugin WP 404 Auto Redirect to Similar Post ini salah satu favorit saya. Fungsinya untuk rediret Error 404 Page Not Found (Halaman Tidak Ditemukan) ke artikel serupa atau ke Homepage.

Jika Anda suka menghapus atau mengganti permalink postingan, plugin ini wajib pasang. Saya termasuk yang suka hapus dan/atau ganti permalink. Makanya saya pasang plugin ini.

4. Inline Related Post

Plugin WP Inline Related Posts ini untuk menampilkan related post di tengah postingan. Jumlahnya bisa diatur. Nanti akan otomatis memunculkan internal link berupa artikel dalam satu kategori atau tags.

5. Shareaholic – Plugin Social Share

Shareaholic

Plugin WP Shareaholic berfungsi untuk menampilkan tombol berbagi (social share button) atau menyebarkan posting ke media sosial –Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, Linkedin, WhatsApp, dll.

Fitur lainnya adalah menampilkan Posting Terkait (Related Posts) di bawah postingan. Selain itu, plugin WP wajib pasang ini juga menyediakan fitur “social analytics” dan aplikasi monetisasi website (site monetization apps) seperti promoted content, native ads, dan affiliate links.

Shareaholic tidak diperlukan jika tema yang Anda gunakan sudah menyediakan fitur social share dan related posts. Jika hanya akan memasang social share, pilihan terbaik:  AddToAny Share Buttons. Jika hanya akan menggunakan fitur widget Related Post saja, Anda bisa pasang plugin Related Post Yuzo.

6. WordPress Popular Posts

Wordpress-popular-posts-plugin

Plugin ini WP Popular Posts untuk menampilkan widget popular posts atau artikel terpopuler di sidebar. Jika tema WP yang Anda gunakan sudah menyediakannya, maka tak usah dipasang.

Plugin Popular Posts ini memberi banyak pilihan tampilan. Bisa disetting saat widget popular post dipasang. Selain WordPress Populer Posts, masih banyak pilihan lainnya. Cek di laman Plugin Popular Posts.

7. Widget Logic

Plugin Widget Logic ini berfungsi sebagai tag kondisional untuk mengatur tampilan widget atau mengontrol halaman tempat widget itu muncul.

plugin wp widget logic

Misalnya, kita akan memunculkan widget Posting Terbaru hanya di halaman postingan dan halaman statis, maka settingan widgetnya seperti ini:

contoh widget logic

Selain Widget Logic, plugin sejenis untuk mengatur tampilan widget di halaman tertentu adalah plugin Widget Options.

Demikian daftar 7 Plugin WP wajib pasang dan 7 plugin lainnya “sunah” (optional).

Saya tambah lagi plugin penting lainnya, khususnya jika Anda menggunakan tema gratis yang mengharuskan kita menambahkan plugin pendukung, seperti WP Plugin yang sering saya gunakan sebagai berikut:

  1. Classic Editor untuk menggunakan format lama halaman menulis posting .
  2. WP-PostViews untuk menampilkan statistik jumlah kunjungan di bawah judul artikel
  3. Back to Top guna memampilkan tombol “kembali ke atas” di sidebar kanan bawah halaman.
  4. WPS Hide Login untuk mengubah url of the login form page.
  5. Custom Login Page Customizer – allows you to easily customize your login page.
  6. Imsanity –  automatically resizes huge image uploads
  7. Regenerate Thumbnail – allows you to regenerate all thumbnail sizes
  8. Social Icon Widget by WP Zoom – add quickly icons with links to your profiles from different social networks.
  9. Ultimate Category Excluder – untuk menyembunyikan postingan kategori tertentu di homepage.
  10. Plugin Anti-Copas agar tulisan tidak mudah dicopy-paste.
  11. Delete All Comments of WordPress untuk menghapus semua komentar sekaligus.
  12. Trending Popular Post Slider and Widget untuk menampilkan Popular Post Widget dan Featured Post Slider.

Wuih, jadi banyak ya! 7+7+12 = 26 plugin! Tentu, tidak harus semua dipasang. Kan Plugin WP wajib pasang mah cuma tujuh plugin pertama.

Baca Juga: Tema WordPress Terbaik, Cepat, dan SEO Friendly

Penutup

Daftar plugin wordpress wajib pasang di atas relatif ya! Yang wajib mah 7 plugin paling atas.

Jika menggunakan tema berbayar (premium), biasanya ada plugin tersendiri, sehingga tidak harus memasang plugin dari WP. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blogging Plugin WP SEO WP Wordpress

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author

    Terimakasih plug-in nya gan.. kebetulan saya lagi belajar ngeblog pake wordpress 🙂

Leave a reply