5 Tema WordPress Simple Paling Cepat Gratis – Terbaik untuk SEO

95 views

Tema WordPress simple dan ringan menjadi pilihan utama para bloger yang memahami pentingnya kecepatan loading website. Berikut ini 5 Tema WordPress Simple Paling Cepat Gratis (Top 5 Fastest Free WordPress Themes) terbaik untuk SEO.

Tema WordPress Simple Tercepat

Kenapa Harus Cepat?

Sebelum ke daftar atau koleksi tema wp tercepat, kita ulas dulu kenapa blog atau situs web harus ringan atau cepat tampil saat dibuka (fast loading).

Kecepatan loading halaman (page speed) penting karena dua alasan besar:

  1. Menciptakan pengalaman pengguna (use experience) yang lebih positif. Pengunjung sangat suka.
  2. Loading cepat akan mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Ini sinyal banyak pengunjung.

Blog atau situs web yang cepat sangat penting. Kecepatan memengaruhi peringkat Google, ini memengaruhi pengalaman pengguna dan akhirnya tingkat konversi.

Intinya, blog yang lebih cepat mendapatkan lebih banyak lalu lintas (traffic) dan menghasilkan lebih banyak uang. Orang-orang menjadi sangat frustrasi dengan situs web yang lambat, dan seperti Anda juga mungkin tahu, ketika sebuah situs web lambat, Anda cukup cepat untuk mengklik dan pergi ke tempat lain.

Intinya, menggunakan tema simple dan ringan akan mendukung kinerja blog untuk mengundang banyak pengunjung. Blog yang simple dan ringan disukai mesin pencari dan pembaca. Apalagi jika didukung konten berkualitas.

Tema WordPress Simple Paling Cepat Gratis

Berikut ini Tema WordPress (WP) paling ringan atau paling cepat sehingga bagus untuk SEO blog selfhosted WP Anda.

Saya pilihkan yang desainnya sederhana (simple), cocok untuk blog pribadi. Lebih dari itu, kelima tema wp tercepat ini adalah gratis, meski ada versi premiumnya juga.

1. Neve

Neve WP Theme

Demo & Download: Neve

Neve adalah tema wordpress yang cepat, mudah dikustomisasi, serba guna. Cocok untuk blog, bisnis kecil, startup, agensi, pengacara, toko online, sebagus situs portfolio, dan project lainnya.

Neve akan membuat blog WP Anda tampil dalam sepersekian detik dan beradaptasi dengan sempurna pada tampilan perangkat (responsive, mobile-friendly).

Tema Neve benar-benar ringan dan memiliki desain yang sederhana. Tema ini bisa diperluas, memiliki kode optimasi SEO, muncul pertama dihasil pencarian Google.

Yang paling saya suka dari Neve adalah kemudahan modifikasi di menu Customize. Pembuatnya memudahkan kita memilih tampilan, mulai dari variasi header dan menu, halaman depan (homepage), hingga footer dan halaman dalam.

2. Generate Press

generate press wp theme

Google Speed Score: A (95%)

Demo & Download: Generate Press

GeneratePress merupakan tema WordPress yang ringan. Simple WP Theme ini didesain dengan fokus pada kecepatan dan kegunaan.

Performa adalah hal yang penting. Jika Anda menggunakan page builders, GeneratePress merupakan theme yang tepat. Karena sepenuhnya kompatibel dengan semua page builders terkenal, termasuk Beaver Builder dan Elementor.

GeneratePress sepenuhnya kompatibel dengan plugin-plugin dengan kode terbaik, termasuk WooCommerce. GeneratePress sepenuhnya responsive, menggunakan HTML/CSS yang valid dan di translate ke lebih dari 25 bahasa oleh komunitas pengguna.

3. Iconic One

iconic one wp theme

Demo & Download: Iconic One

Iconic One adalah tema wordpress gratis berkualitas premium, dengan tipografi pixel yang sempurna dan responsif, serta dibangun untuk kecepatan dengan skor kecepatan halaman 95+

Iconic One WP Theme menerapkan SEO yang tepat, sehingga konten Anda akan berperingkat tinggi dan kompatibel dengan AIOSEO dan Yoast SEO.

Dengan tema simple dan ringan ini, Anda dapat dengan mudah mengunggah logo, memodifikasi warna latar belakang, teks footer, url media sosial tanpa menyentuh garis kode apa pun.

4. The Skin

the skin wp theme

Demo & DownloadThe Skin

5. Ocean WP

ocean wp theme

Demo & Download: Ocean WP

OceanWP adalah tema ringan yang sempurna untuk proyek Anda. Tema fast loading ini memungkinkan Anda untuk membuat hampir semua jenis situs web, seperti blog, portofolio, situs web bisnis, dan WooCommerce dengan desain yang indah & profesional.

Loadingnya sangat cepat, responsif, praktik SEO terbaik, fitur unik WooCommerce untuk meningkatkan konversi, dan banyak lagi.

Anda bahkan dapat mengedit pengaturan di tablet & seluler, sehingga situs Anda terlihat bagus di setiap perangkat. Bekerja dengan pembangun halaman paling populer sebagai Elementor, Beaver Builder, Brizy, Visual Composer, Divi, SiteOrigin, dll.

Itu dia 5 Tema WordPress Simple Paling Cepat Gratis – Terbaik untuk SEO, khususnya untuk blog pribadi.

Lebih OK lagi jika Anda menggunakan tema WP premium, misalnya tema buatan Kentooz seperti yang saya gunakan di romeltea.com ini.

Segera membuat blog selfhosted dan gunakan salah satu tema simple dan tercepat di atas. Good Luck!

 

Tema WP Tema WP Tercepat WP Theme

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply