Cara Melacak Tulisan Plagiat

Plagiarism CheckerAda cara mudah, cepat, dan praktis untuk melacak tulisan plagiat, karya tulis plagiat, juga “mengintai” bloger yang suka menjiplak (blog plagiator) dengan “copas” postingan blogger lain tanpa menyebutkan sumber. Kalu copas dengan menyebutkan sumber sih tidak disebut plagiat.

Para dosen, guru, dan juri lomba menulis bisa menggunakan Plagiarism Tools dari Small SEO Tools. Namanya Plagiarism Checker. Software ini untuk melacak tulisan hasil plagiat atau mengecek keaslian sebuah naskah.

Saya sudah mencoba software atau tools tersebut. Hasilnya, betapa banyak blog plagiator yang copy-paste tulisan di www.romeltea.com dan dimuat ulang di blognya tanpa menyebutkan sumber. Uh, betapa menyebalkan dan menjengkelkan!

Selain tools tadi, cara “konvensional” adalah dengan cara PASTE alinea secara acak sebuah postingan blog di Google. Nanti akan muncul alinea serupa dan terlacaklah para blogger plagiat itu. (www.romeltea.com).*

Baca Juga

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. makasih banyak pak sangat membantu dalam penulisan skripsi yang dikhawatirkan adanya kesamaan dengan tulisan orng lain, dicabut juga nanti gelar sarjana kita