Cara Melindungi Tulisan dari Plagiator

stop plagiarism plagiatJika Anda merasa perlu melindungi tulisan, konten, atau postingan Anda di blog dari plagiator dan “tukang copy paste” tanpa izin atau tanpa mau menyebutkan sumber yang dia kutip, pasang Plugin atau Script di blog Anda.

Menurut Copyscape.com, plagiarism merupakan masalah serius dan meluas di dunia maya.

“Kapan saja seseorang dapat menyalin isi situs Anda untuk dimuat di situsnya sendiri. Setelah melakukan perubahan alakadarnya, mereka akan mengklaim tulisan Anda sebagai tulisan mereka.”

[Plagiarism is a serious and growing problem on the Web. At any moment, anyone in the world can copy your online content and instantly paste it onto their own site. After making minor changes, they will claim your content as their own.]

Jika tidak mau repot pasang “tools” perlindungan, artinya “ikhlaskan saja”, ya gak ada masalah. Biarkan saja, itung-itung sedekah ilmu. Insya Allah, kata ustadz saya, sedekah ilmu akan tambah ilmu, seperti halnya sedekah harta maka akan harta kita akan bertambah.

Pemasangan plugin atau script untuk mencegah copas atau plagiat tidak terlalu efektif. Masih bisa “dijebol”, minimal dengan cara “diketik ulang”. Ya gak?

Baca Juga

Konten blog saya ini banyak yang copas alias plagiat tuh (baca deh: Saya Jadi Korban Plagiator) sampai-sampai saya sempat pasang plugin “disable right click” di blog ini.

Sekarang sudah dilepas. Saya ikhlaskan saja orang mau copas atau kutip tulisan saya…. Semoga jadi amal baik. Amin…….!

Laporkan ke Google

Nah, jika Anda tidak rela  tulisan  di blog Anda di-copas alias “dicuri” (diposting ulang tanpa izin atau tanpa menyebutkan sumber) di blog orang lain, Anda bisa melaporkannya kepada Google agar blogger yang memasang ulang tulisan di blog Anda tanpa menyebutkan sumber itu dihapus, diblokir, atau dihilangkan di Google.

Anda bisa melaporkan kasus plagiarisme konten blog Anda itu kepada Google DMCA (Digital Millennium Copyright Act), yaitu layanan untuk menghapus berbagai konten yang ada di Google yang telah melanggar peraturan.

Saran saya sih, ‘gak usah pasang plugin, ‘gak usah pasang script, ‘gak usah “diable right click”, ‘gak usah mengadu ke Google DMCA.

Lalu? Biarkan saja, ikhlaskan saja! Sedekah ilmu…! Ingat kata ustadz saya: sedekah ilmu akan tambah ilmu, seperti halnya sedekah harta akan tambah harta. Betul, Tadz…? (Betuuulll……!!!). Wallahu a’lam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. yoi bro,,,ane bln lalu udah ngelaporin 100 url…
    bulan ini kyaknya akan 100 url lg nih,,,
    mari blogger sejati bersatu melenyapkan blogger copas, dng selalu melaporkan artikel qt yg dicopast…..insy jika semua bersatu dlm 1-3 bulan blogger copast akan habis… trims