Cara Membagi Tulisan Menjadi Beberapa Halaman Tanpa Plugin WP

246 views

Membagi tulisan panjang (long post) menjadi beberapa halaman (mulipages/multiple pages) bertujuan mempercepat loading blog sekaligus meningkatkan pageviews. Beberapa situs berita mempraktikkannya, khususnya Tribunnews.

multipage single post

Berikut ini tips cara membagi (split) tulisan panjang menjadi beberapa halaman (mulipage) tanpa plugin di Blog Selfhosted WordPress.

Selain berfungsi untuk kecepatan loading dan pageviews, membagi artikel kedalam beberapa halaman juga bisa membuat pembaca tidak bosan karena artikenya panjang, serta untuk meningkatkan SEO karena setiap halaman tersebut dapat terindeks oleh mesin pencari.

Cara Membagi Tulisan Panjang Menjadi Beberapa Halaman

Cara membagi satu postingan menjadi beberapa halaman (multiple pages) tanpa plugin ini saya ‘salin tempel’ dari Sheel Screeper dan blog Om WP.

  1. Setelah setelah menulis, pada bagian editor visual pilih di antara paragraf yang ingin dibagi.
  2. Tekan pada keyboard Shift + Alt + P untuk menambahkan tag page break di dalam tulisan.
  3. Ulangi cara tersebut pada paragraf lain untuk membaginya lagi.

 

bagi-halaman-1

 

Cara lainnya:

Usai menulis postingan, klik editor Teks (bukan Visual), lalu pada bagian yang ingin dibagi menjadi halaman baru, ketik tag <!—nextpage–>

bagi-halaman-2

 

Tag tersebut harus diketik, bukan menyalin tag lalu di paste, karena cara copy dan paste tag ini biasanya tidak akan berhasil membagi halaman.

Sebenarnya Shift + Alt + P merupakan cara singkat menampilkan tag untuk page break.

Setelah Anda menambahkan tag tersebut, seharusnya postingan Anda telah dibagi menjadi beberapa halaman, tergantung berapa kali Anda memberikan page break.

Akan tampil pagination pada postingan itu, 1, 2, 3 dan seterusnya dengan tampilan sesuai dari style tema WordPress Anda.

bagi-halaman-3

 

Lihat juga demo postingan multipage di blog ini (lihat di atas tags/bagian akhir postingan)

Cara Lain Membuat Multipage: Plugin!

Jika ingin menggunakan plugin, terutama jika cara di atas tidak berfungsi, kita bisa membuat multiple page dengan Plugin Multipage atau Plugin Page-Break.

How to Split WordPress Posts

Demikian Cara Membagi Tulisan Panjang Menjadi Beberapa Halaman Tanpa Plugin WP. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

membagi posting membagi tulisan multipage post split blog post

Related Post

Leave a reply