Cara Mengatasi Error 404 Blog WordPress untuk SEO

1152 views

mengatasi error 404

Error 404 adalah kesalahan yang merujuk pada link atau url postingan blog yang sudah berubah sehingga tidak bisa dibuka atau ditemukan oleh browser internet. Makanya, nama lainnya adalah “Error 404 Not Found” atau “404. That’s an error.”

Jika banyak banget error 404 di blog kita, akibat dihapus atau diubah permalink-nya saat update, maka akan berpengaruh pada reputasi sekaligus SEO blog kita.

Di blog saya ini, yang menyebabkan munculnya error 404 adalah permalink/url artikel yang sudah berubah. Bisa juga dari sisi pengunjung, yaitu salah mengetik atau memasukkan URL.

Cara Mengatasi Error 404 Blog WordPress untuk SEO

Banyakt tips tentang Cara Mengatasi Error 404 Blog WordPress. Saya hanya akan fokus pada mengatasi error 404 dengan mengarahkan atau mengalihkan (redirect) ke halaman lain, termasuk halaman depan (homepage).

Misalnya, saat memasukkan/mengeklik url https://romeltea.com/mikha-tembayong, maka akan muncul halaman error 404, karena di romeltea.com tidak ada postingan soal si cantik jelita itu.

Mikha Tambayong

Supaya langsung redirect ke halaman depan, maka saya gunakan plugin 404 Redirect berikut ini.

1. Plugin All 404 Redirect to Homepage

Selama ini saya menggunakan plugin All 404 Redirect to Homepage untuk mengatasi error 404, sehingga halaman yang tidak ditemukan, langsung mengarah ke halaman depan (homepage).

mengatasi error 404

2. Plugin WP 404 Auto Redirect to Similar Post

Setelah lama menggukan plugin nomor satu, saya lalu menemukan plugin error 404 yang lebih mantap, lebih SEO, yaitu WP 404 Auto Redirect to Similar PostPlugin ini yang saya gunakan sekarang.

mengatasi error 404

Keunggulannya, plugin sebelum mengarahkan ke halaman depan, maka akan dicarikan culu postingan sejenis berdasarkan kata kunci dalam judul, tag, atau kategori. Jika tidak ditemukan artikel serupa, baru ia mengarahkan error 404 ke homepage.

Untuk demo, silakan coba buka https://romeltea.com/website-nu-aing/. Saya tidak menulis posting dengan url/permalink demikian. Jika dibuka, maka akan mengarah ke halaman artikel https://romeltea.com/cara-menulis-artikel-di-website-menulis-untuk-orang-malas/

“Selamat datang di WP 404 Auto Redirect ke Posting Serupa!” Plugin ini secara otomatis mengarahkan 404 halaman ke posting serupa berdasarkan Judul, Jenis Posting & Taksonomi. Jika tidak ditemukan yang serupa, pengunjung akan diarahkan ke beranda atau URL khusus atau halaman depan

FITUR:

  • Secara otomatis mendeteksi 404.
  • Secara otomatis mencari pos serupa berdasarkan beberapa faktor: Judul, Jenis Posting Potensial, Potensi Taksonomi
  • Jika tidak ada yang serupa ditemukan, atur Perilaku Fallback Anda: Redirect ke beranda, Redirect ke URL khusus, Tampilkan halaman 404 default.

Masih banyak keunggulan lainnya. Nah, bagaimana, Anda mengatasi error 404 di blog WP Anda dengan plugin yang mana? Saya rekomendaskan yang kedua. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Blogging Error 404 Plugin WP Wordpress

Related Post

  1. author
    ShowDzgn3 weeks agoReply

    makasih informasinya kak

  2. author
    ansori3 weeks agoReply

    thanx infonya mas

  3. author
    Conk Khalis1 month agoReply

    Mantab mas, terima kasih banyak… sangat terbantu 🙂

  4. author
    Mediaku3 months agoReply

    makasi atas infonya

Leave a reply