Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website/Blog

1162 views

Cara melihat pengunjung-website blogMengetahui jumlah pengunjung atau pembaca website/blog penting untuk motivasi update posting. Pengunjung banyak akan meningkatkan gairah blogging.

Pengunjung sedikit bisa membuat down, tapi mestinya justru menjadi cambuk untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website/Blog sangat mudah.

Pengguna Blogger (blogspot.com) tinggal klik Statistik (Stats). Di sana akan muncul jumlah kunjungan hari ini, kemarin, bulan lalu, dan total pengunjung.

Untuk pengguna blog WordPress juga demikian. Ada statistiknya. Untuk blog selfhosted CMS WordPress, bisa menggunakan tema (WP Themes) yang menyediakan statistik “views” per posting, seperti tema yang saya gunakan ini, PowerMag, dari Kentooz Theme.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website 

Ada beberapa cara mengetahui jumlah pengunjung website, selain dari tema yang digunakan dan/atau statistik Blogger bagi pengguna blogspot.

1. Google Analytics 

Google Analitics paling bagus dan akurat untuk mengetahui jumlah pengunjung website/blog, mulai real time, hari ini, kemari, pekan lalu, bulan lalu, hingga “sepanjang masa”.

Caranya, buka Google Analytic dan daftarkan web Anda di sana.

Untuk blog selfhosted WordPress bisa menggunakan plugin yang menampilkan data statistik Google Analytic trafik web kita di Dashboard, yaitu dengan memasang plugin Google Analytics Dashboard for WordPress.

trafik romeltea com

Trafik romeltea.com per 19 Juni 2019 Pkl 21.19 WIB

2. Histats

Histats sudah terkenal sejak lama di kalangan blogger. Saya juga masih menggunakannya, namun tidak dipasang di blog (soalnya bikin berat), sehingga datanya tidak bisa ditrack oleh Histats.

Kelebihan histats daripada yang lain adalah kemudahan pemasangannya pada website. Tidak perlu melakukan edit kode pada website Anda.

Buka dan daftarkan website Anda di Histats. Masukkan URL website Anda pada kolom Register Website.

Setelah itu ,buat sebuah “counter code” pada bagian kanan atas yang nantinya akan Anda pasang pada website Anda. Terdapat banyak jenis dan desain yang bisa Anda gunakan.

Pengunjung web hitstats

3. Stat Show

StatShow adalah salah satu situs untuk Mengetahui Jumlah Pengunjung Website/Blog atau melihat statistik dan trafik website.

Tinggal buka halaman Statshow dan masukkan alamat blog Anda. Akan muncul banyak data, termasuk Daily Pageviews, Daily Visitors, Daily Ads Revenue, hingga perkiraan harga website.

Statistik trafik romeltea statshow

Statistik trafik romeltea.com StatsHow per 19 Juni 2019

4. CPanel

Untuk blog selfhosted WordPress, statistik pengunjung atau trafik website juga dapat Anda akses melalui cPanel, yaitu melalui menggunakan tools AWStats, seperti disediakan provider doman hosting Niagahoster.

Caranya, masuk ke bagian Logs pada halaman utama cPanel, kemudian klik AWStats.

Cara Melihat Statistik Website di cPanel

 

Demikian cara mengetahui jumlah pengunjung atau pembaca website atau blog. Statistik trafik dan lainnya itu akan berguna bagi pengembangan website. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Data Pengunjung Statistik Blog Trafik Visitor Blog

Related Post

  1. author
    Deny a1 month agoReply

    Terima kasih banyak mas infonya, saya juga pakai histat

Leave a reply