Cara Menulis Kata Squad: Skuat atau Skuad?

Cara Menulis Kata Squad

Kata baku squad dalam bahasa Indonesia adalah skuad. Dulu skuat.

Kata baku dalam bahasa Indonesia terus berkembang. Di  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, sebelumnya kata skuad tidak ditemukan. Kini ada: skuad. Artinya tim atau regu.

Sebelumnya di KBB Daring tidak ditemukan kata skuad. Yang ada skuat. Kini kebalik, justru skuat yang gak ada dan kata skuad yang ada dan baku.

Dalam bahasa Inggris, squad artinya regu atau pasukan. Menurut kamus Oxford yang dikutip Google, squad artinya:

  • a small group of people having a particular task. Sekelompok kecil orang yang memiliki tugas tertentu.
  • a small number of soldiers assembled for drill or assigned to some special task, especially an infantry unit forming part of a platoon. Sejumlah kecil tentara berkumpul untuk latihan atau ditugaskan untuk beberapa tugas khusus, terutama unit infanteri yang membentuk bagian dari peleton.
  • a group of sports players or competitors from which a team is chosen. sekelompok pemain olahraga atau pesaing dari mana tim dipilih.

Kata squad lalu diadopsi ke dalam bahasa Indonesia menjadi skuat —kini berubah menjadi skuadyang artinya regu atau tim.

Baca Juga

Kata skuad biasanya digunakan dalam berita tentang sepakbola, misalnya “Skuad Persib Bandung” atau “Skuad Arema FC” yang artinya anggota tim atau para pemain Maung Bandung dan Singo Edan.

Jadi, kata baku squad dalam bahasa Indonesia adalah skuad. Tadinya skuat yang gak enak sih dilihat dan dibacanya –mirip kata sekuat.

Sudah, segitu aja ulasan tentang penulisan kata baku squad dalam bahasa Indonesia, yakni skuad, bukan skuat. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 comments

  1. Klo bisa disanggah, sanggah kesiapa ya itu EYD, masa squad diserap menjadi skuat, sungguh tidak enak dibaca dan dilafalkan

  2. Mungkin peracik bahasa lidahnya lidah anu…yg sukar melapalkan huruf ‘d’
    dari prasa ‘squad’.
    Jadinya yg waras harus ngikut salah dah