Cari Buku Gaya Siaran Radio

  • Whatsapp

Ass.Wr.Wb. Mas, aku windia. Sekarang aku sedang mengerjakan tugas akhir saya yang judulnya “GAYA SIARAN PENYIAR”.  aku lagi cari buku tentang itu mas.

Kira-kira buku apa yang harus saya cari ? terimakasih mas, mohon bantuannya yah. windia

Jawaban

Wa’alaikum salam wr. wb. Winda, saya romel. Miliki dan baca saja buku-buku saya tentang siaran radio berikut ini.

1. Dasar-Dasar Siaran Radio: Basic Announcing.

Penerbit Nuansa Bandung, Agustus 2009 . Berisikan panduan praktis sekaligus “akademis” seputar teknik dasar siaran radio.

Baca Juga

Dapat digunakan sebagai Text Book mata kuliah Basic Announcing. Buku ini membahas A-Z dunia radio siaran, mulai dari sejarah radio, bapak pendiri radio, dasar-dasar siaran radio, teknik siaran.

Buku Dasar-Dasar Siaran Radio ini juga berisi teknik menulis naskah siaran dan siaran berita radio, programming, format radio, format clock siaran radio, radio dakwah, cara membaca naskah dan berita, hingga masalah peraturan penyiaran, seperti UU Penyiaran dll.*

2. Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar, Reporter, dan Scriptwriter

jurnalistik radioPenerbit: Nuansa Bandung, 2004.

Buku ini berisi panduan memasuki dunia radio broadcasting –sejarah radio, karakteristik radio dan pendengarnya, ciri khas radio, organisasi manajemen radio, kualifikasi penyiar dan reporter, keterampilan penyiar/reporter/scriptwriter, teknik penulisan naskah siaran dan naskah berita khas radio, dan sebagainya.

All about radio journalism!

Buku Broadcast Journalism alias Jurnalistik Radio ini menjadi “bacaan wajib” reporter dan penyiar radio, mahasiswa broadcast, dan siapa saja yang ingin “mengintip” cara kerja kru radio kesayangannya.

3. Broadcast for Teen: Jadi Penyiar Itu Asyik Lho!

jadi-penyiar-itu-asyikPenerbit: Nuansa Bandung, 2007.

Buku ini dibuat khusus bagi temaja/kaula muda yang mau menjadi penyiar radio –sebagai panduan praktis banget, menyeluruh, tentang bagaimana caranya jadi penyiar, juga apa saja asyiknya jadi penyiar.

Ada banyak contoh siaran dalam buku Broadcast for Teen ini, juga teknik vocal, sehingga bisa menjadi “intruktur” di rumah!

Pembaca bisa latihan sendiri di rumah dengan buku ini. Buku ini menjadi “buku wajib” kursus-kursus penyiar radio, juga layak dijadikan “panduan praktik” mahasiswa broadcasting. Jadi penyiar itu asyik. Biar tekor asal kesohor, he he.

4. Islamic Broadcasting: Panduan Praktis Penyiar Radio.

islamic broadcastingBuku ini saya tulis bersama Tim Penulis dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung sebagai pegangan bagi mahasiswa KPI dalam mendalami ilmu penyiaran.

Penerbit: Jurusan KPI UIN SGD Bandung 2009. Buku Islamic Broadcasting ini berisi panduan praktis menjadi penyiar radio dalam nuansa Islami/dakwah.

Buku ini lebih merupakan kumpulan tips siaran radio yang sudah dimuat di berbagai blog yang saya kelola, termasuk di romeltea.com ini.

5. Manajemen Program dan Teknik Produksi Siaran Radio

Manajemen Program dan Teknik Produksi Siaran RadioBuku ini saya susun untuk mengisi kekosongan referensi tentang manajemen program siaran dan teknik produksi siaran radio.

Disusun berdasarkan pengalaman dan rujukan buku-buku brodcasting, buku ini wajib dimiliki mahasiswa broadcast, program director (PD), music director (MD), juga Manajer Produksi. Penyiar pun harus membaca buku ini agar siarannya bagus.

Manajemen program dan teknik produksi siaran radio merupakan proses perencanaan, persiapan, pelaksanaan, presentasi, dan evaluasi program siaran.

Buku ini disusun untuk membahas seluk-beluk manajemen program dan produksi program siaran radio dengan harapan dapat menjadi panduan sekaligus inspirasi bagi kalangan praktisi radio (broadcaster), pengelola radio komunitas, dan masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dalam soal program dan produksi siaran radio.

Untuk terbitan Nuansa, silakan kontak penerbitnya untuk order di www.nuansa.co. Ada alamat, telepon, dan nomor WA yang bisa dikontak untuk pesan.

Gaya siaran radio itu ditentukan beberapa faktor:

  • Kepribadian penyiar. Jangan jadi orang lain, jadilah diri sendiri. Jangan meniru gaya siaran orang lain.
  • Format Acara/Program Siaran. Anda akan diarahkan soal gaya siaran yang sesuai oleh PD atau produser.
  • Format Radio.

Dari sisi penyiar, gaya siaran penyiar itu berbeda-beda, meski umunya penyiar itu humoris, supel, mudah akrab, ceria (cheerfull), dsb.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply