Jenis-Jenis Bahasa Universal yang Dipahami di Seluruh Dunia

  • Whatsapp

Bahasa Universal

Bahasa universal artinya bahasa umum yang dipahami orang dari berbagai bangsa di seluruh dunia. Universal sendiri artinya umum, yaitu berlaku untuk semua orang atau untuk seluruh dunia atau bersifat (melingkupi) seluruh dunia (KBBI).

Adanya bahasa universal membuat semua orang dari berbagai bangsa memiliki cara universal untuk berkomunikasi.

Bayangkan jika Anda dapat berbicara dengan siapa pun di muka bumi ini dengan cara yang mereka mengerti dan Anda dapat memahami jawabannya.

Beberapa orang mengatakan komunikasi universal akan terjadi melalui teknologi. Penerjemah simultan menjadi lebih cepat dan lebih baik, tetapi masih memiliki cara untuk pergi.

Selain itu, mereka harus menaklukkan 7.000 lebih bahasa yang ada agar dianggap universal. Jadi, mungkinkah ada bahasa yang akhirnya menjadi universal?

Jenis-Jenis Bahasa Universal

Berikut 10 bentuk komunikasi yang paling mendekati bentuk komunikasi universal antarmanusia. Hampir semuanya beripa komunikasi non-verbal.

Baca Juga

10. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah (facial expressions) adalah bahasa universal yang bisa dipahami semua orang di dunia. Anda pikir Anda tahu seperti apa ekspresi marah, sedih, dan bahagia di wajah seseorang?

Kemungkinan Anda benar-benar melakukannya. Manusia mengekspresikan emosi inti di wajah mereka sebagai bentuk komunikasi utama. Selain itu, ekspresi ini tampaknya kuno karena digunakan bersama lintas budaya.

Naturalis terhebat, Charles Darwin, mengakui karyanya. Dia menulis buku ketiganya tentang fakta ini. Dia memberi judul The Expression of the Emotions in Man and Animals dan menyarankan bahwa emosi kunci bahkan dapat dibaca pada hewan.

Jika Anda pernah melihat kera besar, Anda dapat melihat mereka “merasakan”. Penelitian menunjukkan, simpanse tertawa saat digelitik, bahkan saat masih bayi, dan bisa tersenyum. Mereka juga bisa membaca ekspresi wajah senang dan jijik.

Meskipun ekspresi wajah untuk emosi mungkin mendekati universal, mereka kurang bernuansa. Anda mungkin memberi isyarat bahwa dunia sedang hancur dan Anda akan menangis, tetapi Anda mungkin tidak dapat memberi tahu seseorang cara membuat kue atau memperbaiki mobil. Mendalam tapi tidak praktis.

9. Gerakan

Gestur (gestures) menambah apa yang dapat Anda lakukan dengan ekspresi wajah. Siapa pun yang mencoba berkomunikasi melalui jendela kedap suara, misalnya, mungkin masuk ke kumpulan instruksi pemberian informasi ini.

Cukup mudah untuk menunjukkan arah memberi sinyal dan menyarankan gerakan (atas, bawah, kiri, kanan) atau memberi sinyal pada target yang diminati (arahkan ke diri Anda sendiri, arahkan ke orang lain), tetapi isyarat sangat bervariasi antar budaya.

Lihat saja bahasa tubuh bahasa Jepang yang ekstensif: untuk memulai, bersikap sopan, Anda tidak pernah menunjuk.

Dalam budaya Barat, kontak mata dianggap sebagai landasan percakapan yang sopan. Di Jepang, ini menandakan agresi.

8. Tanda Hobo

Sinyal non-verbal juga bisa ditulis. Satu set simbol menarik yang dibuat oleh orang-orang yang melakukan perjalanan kereta api Amerika, sering kali mencari pekerjaan, adalah tanda hobo (hobo signs) atau kode hobo.

Digunakan dari tahun 1880-an hingga PD II, dan terutama tersebar luas selama masa depresi, tanda hibo dapat muncul di lokasi datar dan kosong dari dinding hingga pagar.

tanda hobo

Anda dapat meninggalkan bentuk T miring untuk memperingatkan orang lain agar “cepat keluar”, simbol tic-tack-toe untuk menandai rumah seorang polisi atau lima lingkaran, yang berarti “kesempatan bagus untuk mendapatkan uang di sini”.

Bentuk yang lebih kompleks berarti “membantu di sini jika sakit”, “menilai” atau menyampaikan informasi lain yang berguna bagi orang yang baru mengenal kota.

Bentuk komunikasi ini berkembang dengan cara altruistik –untuk membantu mereka yang mengikuti jejak Anda.

Secara alami, motivasi untuk melakukannya berasal dari harapan seseorang akan memberi tahu Anda sebelum Anda tiba di tempat berikutnya.

Simbol memiliki keuntungan karena tidak bergantung pada bahasa. Kerugiannya adalah Anda harus melihat mereka untuk menggunakannya sebagai komunikasi.

Sebuah tanda Hobo memiliki keuntungan besar karena bertahan lama setelah orang yang “mengucapkannya” pergi, terutama jika diukir di batu. Kemudian lagi, semak duri mungkin tumbuh di atasnya dan membungkamnya.

Catatan: Dalam bahasa Indonesia, hobo adalah alat musik dari kayu (KBBI)

7. Emoticon

Emotikon adalah padanan lambang Hobo zaman modern, tetapi diakui secara global. Sekali lagi, mereka mulai dengan emosi wajah, menambahkan gerakan (pikirkan emoji jempol yang terkenal) dan kemudian menambahkan sebagian besar kosakata kami yang paling umum dalam bentuk visual.

Apa yang dimulai dengan “wajah tersenyum” (smiling face) telah meledak menjadi ‘pizza’, ‘cangkir kopi’, dan ‘perahu layar’. Hampir semuanya, tampaknya.

Setiap jenis daun, bunga, dan pohon sepertinya disertakan. Hati berkembang biak dan ada kebun binatang literal, termasuk manusia yang melakukan sejumlah pose, dan jangan lupakan kucing. Terutama kucing bermata hati.

Kosakata bahasa tanpa kata ini begitu kaya sehingga proyek crowdsourcing menerjemahkan Moby Dick oleh Herman Melville ke Emoji Dick. Untung ada emoji paus.

Sebuah gambar dapat mengandung ribuan kata (a picture is worth a thousand words), tetapi emoji masih sangat sederhana.

Menghubungkan kata-kata dengan simbol hanya bisa sejauh ini, kecuali jika mereka mulai menjadi konsensus tentang keterkaitan kata-kata dan gambar yang sewenang-wenang untuk konsep kompleks dan hal-hal yang sulit dijejalkan ke dalam gambar kecil.

Plus, Anda tidak dapat mendengarnya, mereka bekerja secara visual. Jadi, emotikon adalah bantuan luar biasa untuk komunikasi tetapi gagal sebagai bentuk komunikasi manusia yang lengkap.

6. Bahasa Isyarat

Pada 1500-an, para biarawan Benediktin menandatangani ‘sumpah diam’. Salah satu bhikkhu tersebut melampaui batas. Pedro Ponce de León disebut sebagai bapak pendidikan bagi tuna rungu. Dia menemukan manual pertama alfabet untuk mengeja jari.

Mungkin penjual jari paling terkenal dalam sejarah adalah Helen Keller. Menjadi buta dan tuli setelah penyakit masa kanak-kanak, ia menulis dan memberi ceramah secara ekstensif, memperjuangkan hak-hak disabilitas, bekerja sebagai pendidik dan kemanusiaan, dan ikut mendirikan ACLU.

Dia adalah pahlawan bagi banyak orang dan mengubah cara dunia melihat orang tidak dapat melihat, mendengar, atau berbicara.

Bahasa Isyarat Prancis muncul pada paruh kedua tahun 1700-an dan mengarah pada bentuk bahasa isyarat yang paling banyak digunakan, Bahasa Isyarat Amerika (ASL).

Marlee Matlin terkenal menandatangani jalannya ke Academy Award dalam film Children of a Lesser God. Saat ini, seorang pembicara ASL yang hanya mengerti bahasa Inggris dan seorang pembicara ASL yang hanya mengerti bahasa Yunani masih dapat berbicara dengan lancar, misalnya, membuat perjalanan ke luar negeri di kalangan tuna rungu menjadi salah satu pemahaman bersama.

Bahasa isyarat (Sign Language) dapat ditulis dalam gambar yang mengingatkan pada hieroglif, dan ada beberapa upaya untuk mengkodifikasi sistem penulisan. Bahkan ada permintaan untuk membuat versi ASL Wikipedia di SignWriting.

Tetap saja, aspek mengeja jari dalam isyarat bergantung pada bahasa. Selain itu, ada lebih dari 100 varian bahasa isyarat yang digunakan di seluruh dunia sehingga tidak semua sistem tanda tangan dapat dipahami satu sama lain. Namun kelemahan utama tetap diam.

5. Musik

Musik, seperti cinta, sering dibicarakan sebagai bahasa universal. Musik dapat digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang tampaknya melampaui kata-kata, dan itulah mengapa ia dimasukkan dalam daftar ini.

Musik dapat mengekspresikan perasaan dan suasana hati yang kompleks yang hampir tak terlukiskan dengan kata-kata. Dengan demikian, ia memanfaatkan wilayah terdalam dari apa artinya menjadi manusia.

Musik pada dasarnya adalah bahasa ritme universal. Irama adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua budaya, melalui tarian atau musik, tidak peduli jenis musik atau alat musik apa yang mereka miliki.

Siapa pun dapat memainkan ritme — bahkan hanya dengan menggunakan telapak tangan pada permukaan yang menimbulkan kebisingan.

Di luar ritme, otak merespons kombinasi nada yang berbeda dengan cara yang berbeda. Kita bisa membedakan musik damai dari musik hingar bingar, misalnya. Kita bisa membedakan bahagia dari sedih.

Musik telah lama digunakan sebagai latar untuk film karena meningkatkan respons emosional dan bahkan menandakan tindakan yang akan datang.

Misalnya, memainkan musik untuk individu dari suatu suku di Kongo dan warga Montreal dan mereka akan menunjukkan respons emosional dan reaksi fisiologis yang sama terhadap musik, meskipun preferensi musik mereka sangat bervariasi.

Henry Wadsworth Longfellow terkenal dikutip karena menulis “Musik adalah bahasa universal seluruh umat manusia.” Sains mendukung gagasan yang diterima secara luas tentang universalitas musik.

Namun, budaya yang berbeda memiliki gaya musik yang sangat bervariasi, dan bagaimanapun, bagaimana orang akan bertanya, “siapa yang lebih Anda sukai, Chopin atau Liszt?”

4. Lima Bahasa Besar

Jadi, jika kita membutuhkan bahasa lisan dan tulisan lengkap sebagai kandidat untuk bahasa universal masa depan, kita memiliki beberapa pilihan yang jelas.

Sementara lebih dari 7.000 bahasa digunakan di bumi saat ini menurut Ethnologue, sebagian besar memiliki kelompok penutur yang terbatas.

Hanya 8 bahasa yang memiliki lebih dari 100 juta penutur asli dan hampir 4.000 hanya memiliki kurang dari 10.000 penutur; 692 memiliki kurang dari 100 penutur dan bahasa akan segera punah.

Misalnya, 68 bahasa masih digunakan di Meksiko, tetapi yang paling terancam punah adalah Ayapaneco dan dua penutur fasih terakhirnya tidak peduli untuk berbicara.

Beberapa ‘mega-bahasa’ yang telah menguasai dunia adalah Cina (1,2 miliar penutur), Spanyol (400 juta), Inggris (360 juta), Hindi (350 juta) dan Arab (250 juta).

3. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menonjol di antara 5 kandidat teratas untuk bahasa universal pertama karena berbagai alasan.

Relatif mudah dipelajari, menggunakan skrip Latin sehingga relatif mudah ditulis, dan telah lama menjadi bahasa yang dikaitkan dengan mobilitas ke atas.

Selain itu, jika Anda menambahkan jumlah penutur non-penutur asli dari lima bahasa teratas, masing-masing jumlahnya meningkat, tetapi tidak ada yang sedramatis bahasa Inggris.

Jumlah total penutur bahasa Inggris di dunia mungkin mencapai 2 miliar. Hal ini didorong oleh fakta bahwa di banyak tempat, bahasa Inggris adalah bahasa bisnis, bahasa sains dan teknologi, serta hiburan, di mana sinema dan musik pop berbahasa Inggris diekspor ke seluruh dunia.

Namun, bahasa Inggris mungkin masih dikuasai. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa menurut ukuran populasi, bahasa Prancis sedang meningkat, terutama di Afrika sub-Sahara.

Mengingat bagaimana China telah melangkah sebagai pemimpin di dunia, banyak orang tua dari anak-anak yang berbahasa Inggris mempekerjakan pengasuh yang bisa mengajar bahasa Mandarin. Sementara pengajaran bahasa di AS menurun, jumlah kelas bahasa Mandarin meningkat pesat.

2. Matematika

Sekarang, kita beralih ke bahasa yang universal –bahasa alam. Matematika (math) menjelaskan cara dunia bekerja dan literasi matematika disebut berhitung.

Berhitung sama di semua budaya. Pi selalu merupakan “rasio keliling lingkaran dengan diameternya” dan sama dengan 3,14 (dengan digit trailing tak terbatas).

Dengan menggunakan bahasa matematika, Anda dapat melakukan apa saja mulai dari mendeskripsikan aturan alam, menghitung cara mendaratkan modul bulan di bulan, hingga menghitung uang Anda.

Meskipun dasar-dasar matematika, dari penjumlahan geometri hingga kalkulus seragam, jumlahnya tidak. Jika seorang anak membacakan dengan lantang “2 + 2 = 4” dalam bahasa Inggris, Anda kemungkinan akan mendengar “dua tambah dua adalah empat, atau sama dengan 4.”

Angka di dunia Barat didasarkan pada angka Arab, tetapi jika Anda melihat angka 1 sampai 10 ini menunjukkan betapa berbedanya angka Arab dari angka kita saat ini.

Bahasa China menggunakan piktogram dan bahasa Hindi sebagai aksara Dewanagari, membuat rangkaian nomor ini tidak dapat dipahami.

Variabel dikodifikasi, terutama konstanta yang diakui secara universal, tetapi masih akan dijelaskan berbeda dalam kata-kata yang diucapkan. E = mc2 adalah persamaan paling terkenal dalam sejarah, dan huruf mewakili Energi, massa dan kecepatan cahaya (c).

Tetapi persamaan asli Einstein ditulis dalam bahasa Jerman, dan dialihkan ke bahasa Inggris setelah dia melarikan diri dari Nazi dan menetap di Amerika.

Namun, terlepas dari kekuatan matematika, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengajak seseorang berkencan.

1. Bahasa Pemrograman

Apa yang bisa mendeskripsikan semua matematika, lebih banyak lagi, dan digunakan untuk berbicara dengan komputer untuk membuat mereka melakukan sejumlah perhitungan yang menakjubkan?

Komputer membuat dunia berputar, dari perbankan hingga internet hingga mencari kehidupan alien yang cerdas, dan semuanya tergantung pada bahasa pemrograman yang dirancang manusia.

Sebenarnya, ada ribuan bahasa pemrograman, tapi ini tentang konsep umum: kecepatan serapan berarti ‘universal’. Mereka ditulis dalam bahasa logika dan matematika menggunakan simbol dan mayoritas mengambil kata-kata dari bahasa Inggris.

Bahasa pemrograman (programming language) berasal dari negara-negara berbahasa Inggris atau dirancang oleh non-penutur asli dalam bahasa Inggris untuk mempromosikan penyerapan.

Bahasa pemrograman memiliki kosakata dan sintaksis (urutan kata) seperti bahasa asli. Kata kunci (seperti “cetak”) mendefinisikan fungsi untuk melakukan tugas dan simbol (seperti tanda kutip dan tanda kurung) membantu mengatur logika dan tindakan (menambah, membagi, mengalikan).

Sementara seorang programmer Java mungkin berbicara bahasa asli apa pun, dia akan selalu mengetik “print” untuk membuat komputer mengirim pesan ke layar. Kode ini dapat dibaca oleh semua programmer Java.

Namun, masih ada bahasa pemrograman non-Inggris dan hanya sebagian kecil dari dunia yang dapat membaca kode pemrograman, apalagi menulisnya dari awal. Dan tentu saja, kode pemrograman menjalankan chatbots yang meniru kemampuan manusia untuk berkomunikasi dalam bahasa, tetapi sejauh ini Anda tidak dapat menggunakan ‘kode’ untuk memesan kopi.

Mungkin suatu hari nanti, sekelompok pemrogram, yang berasal dari berbagai bahasa manusia, akan membuat perangkat lunak penerjemah universal dan menyatukan kita semua.

Itu dia 10 bahasa universal sebagaimana dilansir laman Top Tenz.

Daftar 9 Kata Bahasa Universal

Berikut ini sebagian dari bahasa universal di luar bahasa isyarat yang dimengerti oleh banyak warga global sebagaimana dikutip Liputan6 dari laman List Verse.

1. Piyama

Istilah piyama berasal dari kata “pajama’ yang merupakan bahasa Hindi dan Urdu, merujuk pada celana longgar yang diikatkan di pinggang – mode pakaian yang sangat populer di India.

Setelah penjajahan, Inggris membawa pulang pakaian itu. Gaya dan kata itu berkembang pesat. Kata itu pun telah diturunkan ke sejumlah bahasa nasional atau lokal, namun masih mirip.

Misalnya, bijama dalam bahasa Arab atau pizsama dalam bahasa Hungaria. Kata “piyama” bahkan muncul dalam bahasa seperti Basque dan Irlandia.

2. Taksi

Istilah “taksi” (taxi) saat ini telah dimengerti dan diterima luas oleh banyak masyarakat dunia. Mungkin saja hal itu adalah kata paling mudah dan singkat untuk menggambarkan ide yang lebih rumit.

Di Jepang, taksi sebetulnya disebut sebagai ippan jokyaku ryokaku jidosha (berarti hafiah: “kendaraan bermotor untuk penumpang umum dan pelancong”).

Namun, kata takushii menjadi biasa digunakan saat ini. Selain lebih singkat, penulisannya juga lebih menghemat tinta.

Sebagian orang berpendapat, mungkin istilah “taksi” telah dipopulerkan di sejumlah tempat berkat berkembangnya pariwisata lintas-negara.

3. Kopi, Kahve

“Kopi” adalah istilah yang cukup universal, meskipun tidak benar-benar mirip. Minuman itu disebut sebagai “kof-ee”, “kahve,” dan “kava”.

Hal itu dapat terjadi karena sebagian besar bahasa meminjam kata Turki kahve yang merupakan istilah slang untuk merujuk pada kopi, yang juga didasarkan pada kata Arab kuno “qahua”.

Bahasa-bahasa lain pun mempunyai istilah yang tidak terlalu jauh dari kata itu. Bahkan, bahasa Inggris menggunakan “coffee”, sebagian besar Eropa mengubah “v” menjadi “f” (seperti “kafe” di Prancis ), sedangkan Belanda mengubah “a” menjadi “o”.

Namun, semua masih sangat terkait dengan kata Turki. Popularitas minuman menyebar dengan cepat, dan kata itu datang bersamanya.

4. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang digemari oleh banyak penduduk dunia. Namanya pun hampir tidak berbeda dari satu negara ke yang lain.

Kata ini berasal dari kata Nahuatl xocolatl. Dalam budaya Aztec, biji kakao ini dikonsumsi secara luas sebagai minuman yang disebut cacahuatl, kemungkinan asal kata “kakao.”

Orang-orang Spanyol menciptakan istilah “cokelat,” dan kata itu berpindah dari bahasa Spanyol ke banyak bahasa Eropa lainnya, termasuk bahasa Inggris.

Seperti halnya kopi, mungkin globalisasi yang menyebabkan makanan ini cepat dibawa ke negara-negara lain membuat namanya tidak berubah.

5. Teh

China mengekspor teh, baik produk maupun kata, ke seluruh dunia. Sebenarnya, mereka mengekspor dua kata berbeda. “Teh” diucapkan cha di sebagian besar dialek di seluruh China, dan pengucapan ini menyebar melalui Jalur Sutra ke Persia dan kemudian Urdu, Arab, Rusia, dan akhirnya sejauh bahasa Afrika Timur seperti Swahili.

Namun, dialek tertentu menyebut cha sebagai “te” misalnya di dua pelabuhan utama untuk perdagangan Belanda: provinsi pesisir Fujian dan pulau Taiwan.

Dari Belanda, kata itu menyebar ke Eropa serta pantai barat Afrika dan mepengaruhi sejumlah besar bahasa dengan menggunakan istilah “te”.

6. Gitar

Kata “gitar” rumit untuk dilacak, karena telah diterapkan pada instrumen musik bersenar, sepanjang sejarah.

Gitar modern ini berasal dari Spanyol dan merupakan instrumen abad pertengahan yang dikenal sebagai guitarra latina. Banyak orang Eropa mengambil kata dari istilah ini kemudian mempopulerkannya.

Namun, jika ditengok kembali lebih jauh, kata asli gitar memiliki akar dari kata Yunani “kithara” dan Arab “gitara” .

Namun, “tar” sendiri adalah kata dalam bahasa Hindi untuk senar, berasal dari bahasa Persia dan Sanskerta yang lebih kuno. Tar terlihat dalam banyak nama instrumen lainnya, seperti tardan sitar .

7. Mama

Kata “mama” hampir dapat dipahami oleh sebagian besar penduduk dunia. Selain itu, banyak istilah yang mirip dari satu negara ke yang lain. Misalnya seperti “eomma” dalam bahasa Korea atau “mami” dalam bahasa Ceko. Kata-kata yang setara untuk ayah juga serupa tetapi bervariasi lebih luas.

Bagaimana ini bisa terjadi? Penelitian menunjukkan bahwa semua itu ada hubungannya dengan perkembangan bicara anak. Di mana pada masa awal belajar bicara bayi biasa mengatakan “mmmm..” dan “a….”.

Suara-suara ini dikombinasikan menciptakan kata pertama yang umum: “mama.” Suara yang sama, interpretasi yang sama, kata yang sama. Jadi, kapan pun Anda ingin memanggil mama Anda, di mana pun Anda berada di dunia, orang-orang akan tahu apa yang terjadi.

8. Oke

Istilah “OK” sering disebut sebagai salah satu kata paling terkenal di dunia. Jika ditelisik, “Oke” muncul di AS sebagai lelucon. Singkatan “OK” digunakan untuk berarti “orl korrekt,” salah mengeja yang disengaja dari “semua benar”.

Ada beberapa teori di balik perjalanan mudah kata “OK”. Salah satunya adalah estetika; “O” yang melengkung dan garis lurus “K” berdampingan adalah hal yang sangkat khas.

Selain itu adalah bahwa suara “oh,” “k,” dan “ay” ada di sebagian besar bahasa. “OK” belum benar-benar diterima dalam pidato formal (meskipun diakui oleh beberapa kamus). Namun, istilah itu telah menemukan ketenarannya sendiri di seluruh dunia.

9. Haha

“Haha” adalah suara universal untuk menggambarkan tawa. Variasi lainnya, seperti “hehe,” “hee-hee,” atau “ho-ho,” juga cukup populer. Kata ini semakin universal ketika banyak orang menuliskan emosi positifnya -tertawa- di atas keyboard gawai.

Setiap bahasa, tentu saja, memiliki cara berbeda untuk mengekspresikan dan mengetik suara “haha” ini. Misalnya, bahasa Spanyol adalah “jaja.” Di Thailand, angka 5 diucapkan “ha,” sehingga mereka akan sering mengekspresikan tawa pada keyboard dengan mengetik “55555!”

Demikian ragam bahasa universal. Manusia di seluruh dunia ini memang berasal dari satu keluarga, pasangan Adam dan Hawa. Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *