Jenis-Jenis Percetakan dan Kertas Karton Beserta Kegunaannya

1108 views

Percetakan adalah usaha industri yang memproduksi tulisan dan gambar secara masal dengan menggunakan tinta di atas kertas serta menggunakan mesin cetak. Banyak produksi buku dan surat kabar atau media cetak lainnya yang menggunakan jasa percetakan.

Dalam dunia percetakan juga kita selalu membutuhkan kertas yang merupakan salah satu benda yang sangat penting untuk percetakan seperti, kertas A4, kertas karton dan kertas lainnya.

Bagi Anda yang sering berhubungan dengan dunia percetakan, pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas ini. Karena karton banyak digunakan untuk membuat paper bag, poster, kartu nama, undangan dan banyak kegunaan lainnya.

Kertas karton merupakan bahan yang bersifat isolator, mudah sobek, terbakar, tembus air dan ringan. Kertas ini juga mudah dibentuk dan dapat dibuat apa saja yang kita inginkan, kertas ini paling banyak digunakan untuk melengkapi keperluan cetak mencetak di percetakan seperti foto copy.

Karton memiliki banyak fungsi dan jenis. Untuk itu, simak jenis-jenis percetakan dan karton yang harus anda tahu berikut ini.

Jenis-Jenis Percetakan

1. Cetak Offset

Cetak Offset

Sumber: balakampret

Proses cetak offset ini merupakan teknik cetak yang banyak digunakan, karena cara kerjanya yaitu image bertinta di transfer atau di offset dulu dari plat ke lembaran karet. Percetakan ini cocok untuk usaha relief, sablon dan lainnya.

2. Sablon/cetak saring

Sablon cetak saring

Sumber: pranata printing

Cara kerja percetakan ini menggunakan alat berupa saringan yang akan di timpah tinta, yang di atas kain sudah direkatkan membentuk layer yang sudah ada desainnya. Percetakan sablon paling banyak digunakan oleh produksi kaos, jaket, dan hoodie.

3. Digital printing

Digital printing

Sumber: sakerapedia

Percetakan digital menggunakan teknologi reproduksi yang menerima data elektronik menggunakan titik.

Saat ini perkembangan cetakan menggunakan aplikasi digital dan menggunakan 3 mesin campuran di antaranya yaitu:

  • Printer press
  • Press printer
  • Scanner printer

Berdasarkan mesin cetak aplikasi ,cetak digital dapat digolongkan menjadi 3

  • Printer untuk PC
  • Copie seperti mesin fotocopy dan dilengkapi dengan scanner
  • Press seperti mesin cetak offset

Jenis-Jenis Karton

Berikut ini jenis – jenis karton

1. Karton Gelombang

Karton Gelombang

Sumber: sentralindo

Kertas karton ini memiliki gelombang pada tekstur kertasnya dan agak tebal karena terbuat dari lapisan kertas kraft liner atau kertas medium. Tujuan dari gelombangnya untuk memperkuat dari karton itu sendiri, karton ini biasa digunakan untuk membuat kardus box.

2. Duplex

Duplex

Sumber: Shopee.co.id

Kertas karton Duplex memiliki 2 sisi warna yang berbeda, 1 sisi berwarna putih dan sisi ke 2 memiliki warna abu-abu.

Kertas ini sering digunakan untuk mengemas nasi box. Kertas karton ini juga memiliki harga yang cukup murah dari jenis kertas karton lainnya.

3. Yellow Board

Yellow Board

Sumber: vendorpedia

Kertas karton jenis ini cukup tebal dan banyak digunakan untuk undangan atau keperluan hardcover. Kertas yellow board terlihat elegan dan sangat cocok untuk membuat undangan.

Kegunaan Kertas Karton

Selain itu, kertas karton juga mempunyai kegunaan dalam industri percetakan, simak beberapa kegunaan berikut ini!

1. Untuk pembuatan paper bag

Kertas ini bisa digunakan untuk paper bag dengan berat 190-400 gram. Lalu anda juga bisa mencetak desainnya di atas kertas karton secara offset atau digital.

2. Kartu nama

Kertas karton bisa digunakan untuk kartu nama yang biasa disebut dengan art carton atau kertas BC. Kertas ini juga mempunyai perbedaan finishing dalam hasil cetakan biasa dan menarik dalam tampilan yang berbeda.

3. Percetakan undangan

Karton mempunyai varian bahan yang berbeda seperti kertas BC atau manila yang biasa digunakan untuk pembuatan kertas undangan. Kertas yang paling sering digunakan untuk undangan adalah karton atau ivory karena tampilannya begitu jelas saat dicetak dan gambarnya pun tidak buram.

4. Untuk perlengkapan ATK

Peralatan ATK pada umumnya menggunakan kertas ini yang digunakan untuk membuat stofmap, kartu pos, map arsip, guide dan lain-lain. Yang paling sering digunakan adalah kertas berbahan BC atau manila dengan permukaan yang bertekstur rapih.

Demikianlah beberapa jenis – jenis percetakan dan kertas karton yang harus anda ketahui. Semoga apa yang kami ulas bisa bermanfaat untuk Anda.*

 

fungsi karton jenis karton jenis percetakan karton kertas percetakan

Related Post

Leave a reply