Jumlah Pengguna Internet Saat Ini Capai 5 Miliar, 92 Persen Menggunakan HP

Internet Manifesto

Jumlah pengguna internet di dunia saat ini mencapai 5 miliar atau 65% dari jumlah penduduk dunia. Masih ada sekitar 3 miliar penduduk dunia yang belum bisa menggunakan internet.

Demikian data pengguna internet dunia terbaru yang dirilis Data Reportal. Dalam laporan bertajuk Digital Around the World, Data Reportal melaporkan, sebanyak 5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan internet saat ini – setara dengan 63 persen dari total populasi dunia.

Jumlah pengguna internet ini terus bertambah. Data terbaru menunjukkan populasi dunia yang terhubung dengan internet tumbuh hampir 200 juta dalam 12 bulan hingga April 2022.

Saat ini ada kurang dari 3 miliar orang yang masih “tidak terhubung” ke internet. Mayoritas orang yang belum bisa mengakses internet ini berada di kawasan Asia Selatan, Asia Timur, dan di Afrika.

Tren saat ini menunjukkan, dua pertiga populasi dunia harus online pada pertengahan tahun 2023.

Perangkat yang Digunakan

Sebagian besar pengguna internet dunia – 92,4 persen – menggunakan ponsel atau HP smartphone untuk online setidaknya dalam beberapa waktu. Ponsel sekarang menyumbang lebih dari separuh waktu online kita dan lebih dari separuh lalu lintas web dunia.

Namun, kira-kira dua pertiga pengguna internet di ekonomi dunia yang lebih besar masih menggunakan laptop dan desktop, setidaknya untuk beberapa aktivitas online mereka.

Pengguna Internet Dunia

 

Pengguna Media Sosial

Penggunaan media sosial juga terus tumbuh. Pengguna global mencapai 4,65 miliar pada April 2022.

Itu sama dengan 58,7 persen dari semua orang di bumi, dan menunjukkan bahwa lebih dari 9 dari 10 pengguna internet sekarang menggunakan media sosial setiap bulan.

Jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia telah meningkat sebesar 7,5 persen selama 12 bulan terakhir.

Sebanyak 326 juta pengguna baru bergabung dengan media sosial antara April 2021 dan April 2022, sama dengan pertumbuhan hampir 900.000 pengguna baru setiap hari.

Untuk konteksnya, itu berarti pengguna media sosial saat ini tumbuh dengan kecepatan lebih dari 10 pengguna baru setiap detik.

Tingkat pertumbuhan media sosial telah melambat selama beberapa bulan terakhir dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan yang kita lihat selama penguncian COVID-19, dengan total pengguna global hanya meningkat sebesar 0,7 persen dalam tiga bulan pertama tahun 2022.

Tiga perempat dari audiens yang “memenuhi syarat” berusia 13 tahun ke atas sudah menggunakan setidaknya satu platform media sosial setiap bulan.

Data terbaru mengungkapkan, lebih dari dua pertiga dari total populasi dunia kini menggunakan ponsel, dengan jumlah pengguna ponsel “unik” mencapai 5,32 miliar pada April 2022.

Jumlah koneksi seluler yang terkait dengan ponsel cerdas terus meningkat, dan angka terbaru menunjukkan bahwa ponsel cerdas saat ini menyumbang sekitar 4 dari 5 ponsel yang digunakan di seluruh dunia saat ini.

Pengguna internet di seluruh dunia

Saat ini jumlah pengguna internet di seluruh dunia mencapai 5 miliar. Jumlah total pengguna internet di dunia tumbuh sebesar 196 juta dalam 12 bulan terakhir.

Rata-rata pengguna internet global menghabiskan hampir 7 jam online setiap hari. Pengguna internet dunia akan menghabiskan lebih dari 1,4 miliar tahun gabungan keberadaan manusia secara online pada tahun 2022.

internet users

Statistik media sosial penting

Mayoritas pengguna internet adalah pengguna media sosial. Ada 4,65 miliar pengguna media sosial di dunia saat ini atau setara dengan 58,7 persen dari total populasi dunia.

Rata-rata pengguna global menghabiskan 2 jam 29 menit di media sosial setiap hari. Penduduk dunia menghabiskan lebih dari 10 miliar jam menggunakan media sosial setiap hari.

Pengguna Media Sosial

Statistik seluler dari seluruh dunia

Ada 5,32 miliar pengguna ponsel unik di dunia saat ini, menurut data terbaru dari GSMA Intelligence.

Data terbaru dari Ericsson menunjukkan, jumlah koneksi seluler yang terkait dengan ponsel cerdas telah mencapai 6,57 miliar, terhitung hampir 4 dari 5 ponsel yang digunakan di seluruh dunia saat ini [perhatikan bahwa banyak orang menggunakan lebih dari satu ponsel].

Jumlah smartphone yang digunakan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 5,7 persen, dengan rata-rata hampir 1 juta smartphone baru mulai digunakan setiap hari.

Demikian data terbaru tentang jumlah pengguna internet di seluruh dunia, perangkat yang digunakan, dan data pengguna media sosial.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.