Lowongan Menulis Online: Daftar 10 Situs untuk Penulis Lepas

7200 views

Sejumlah situs menerima tulisan dan menyediakan honor. Anda bisa bisa menjadi penulis lepas (freelancer) atau menulis online (content writer) untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

menulis online penulis lepasDULU para penulis artikel biasa mengirimkan tulisannya ke koran, tabloid, atau majalah untuk dipublikasikan dan dapat honor.

Kini, para penulis juga masih bisa melakukannya, namun kian terbatas seiring tererusnya media cetak oleh media online.

Para penulis “zaman now” bisa beralih ke media online jika lowongan menulis di media konvensional menyempit atau tutup.

Berikut ini lowongan menulis online untuk para penulis artikel lepas. Anda akan dibayar dengan menulis di situs-situs berikut ini.

1. Babe

Silakan kunjungi Babe. Aplikasi baca berita ini membuka kesempatan bagi para penulis untuk bergabung dengan Komunikasi Kontributor. Menulis artikel di BaBe akan dibayar Rp 50.000 per satu artikel, dengan syarat viewers atau pembaca harus mencapai minimal 100 viewers.

Panduan Menulis Artikel di Babe a.l. artikel harus bersifat mendalam (indepth) dengan minimal 550 kata dan maksimal 800 kata, bukan copas atau jiplakan tulisan milik orang lain. Topik tersedia di ragam kategori tulisan, mulai sosial, politik, hiburan, hingga agama (Islam).

babe baca berita

2. Vebma

Kunjungi Vebma. “Dapatkan penghasilan tambahan dengan menulis online,” demikian tertulis di halaman depannya. Anda bisa login dengan akun Facebook atau email.

Seperti halnya Babe, Vebma adalah portal artikel dan membuka kesempatan buat para penulis lepas untik enjadi kontributor .

Vebma menyediakan honor Rp10 ribu per tulisan. Bila tulisan berhasil mendapatkan 1.000 page views (jumlah kunjungan), akan mendapatkan bonus Rp1.200.

menulis di vebma

3. Voxpop

Kunjungi Voxpop Indonesia. Voxpop mengklaim sebagai rumah besar para penulis, komikus, dan fotografer Indonesia.

Jika ingin menjadi kontributor atau penulis lepa di Voxpop, kirim saja email ke mail@voxpop.id dengan menyertakan identitas dan biodata singkat.

Voxpop Indonesia menerima tulisan opini dengan sudut pandang beragam. Satu tulisan bisa dibayar hingga Rp250.000.

voxpop indonesia

4. IDN Times

Buka IDN Times. Menulis di IDN Times bisa mendapatkan bayaran hingga jutaann rupiah.

“Terbitkan Artikelmu di IDN Times Community, Dapatkan Penghasilan Hingga Jutaan Rupiah. 1 artikel saja bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah lho!”

IDN Times merilis kanal IDN Times Community pada Februari 2017. IDN Times Community merupakan platform menulis dari IDN Times untuk generasi millennial Indonesia yang memiliki hobi dan ketertarikan di dunia tulis-menulis.

Setiap tulisan yang kamu submit, pastinya akan mendapatkan kesempatan untuk dibaca dan di-share oleh jutaan orang!

Soal honor tulisan, penghasilan berupa POIN dari views. 100 views = 1 poin. Minimum jumlah poin yang bisa ditukarkan (redeem) adalah 2500 poin atau sama dengan Rp 250.000. Uang akan ditranser ke rekening.

IDNtimes

 

5. Geotimes Indonesia

Buka Goeotimes. Situs ini mengklasim sebagai portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. Tema artikel lebih mengedepankan isu aktual dan timeless.

Ketentuan Pengiriman Naskah antara lain tulisan terdiri dari 750 – 1000 kata dan merespons isu-isu aktual. Redaksi akan memproses seleksi dan penyuntingan, apabila layak, maksimal 2 minggu setelah pengiriman sudah diterbitkan.

Honor yang disediakan Rp350.000 per tulisan. Bayarannya bisa lebih dari sejuta jika itu memang dari ahlinya. Pemimpin redaksi Geotimes Indonesia adalah wartawan senior Farid Gaban.

geotimes indonesia

6. Remotivi

Buka Remotivi. Ketentuan pengiriman tulisan di menu Kirim Tulisan.

Remotivi adalah pusat studi media dan komunikasi. Cakupan kerjanya meliputi penelitian, advokasi, dan penerbitan. Remotivi bisa membayar tulisan mulai Rp350.000 hingga Rp1.500.000 per tulisan.

remotivi

7. Basabasi

Buka Basabasi. Situs ini memiliki tagline “tempat nongkrong dan bercerita”. Basabasi fokus ke sastra atau artikel fiksi. Ketentuannya ada di laman Cara Mengirim Tulisan ke Basabasi.

Basabasi menerima cerpen, puisi, esai, resensi buku, dan hibernasi atau artikel ringan. Setiap tulisan dihargai berbeda. Tulisan ringan Rp100.000, cerpen dan esai Rp300.000, puisi Rp250.000 dan resensi buku Rp200.000.

Setiap tulisan yang masuk ke mereka akan dikurasi. Jika lolos, maka tulisannya akan ditayangkan. Mereka juga tidak membatasi berapa pun tulisan yang dikirim. Jika banyak dan semuanya lolos, maka akan mereka tayangkan. Yang menariknya lagi, setiap penulis yang pertama kali tulisannya tayang akan diberi kaos dari Basabasi.

basabasi-co

8. Jalan Tikus

Buka Jalan Tikus. Situsi ini fokus ke topik teknologi dan gadget.

“JalanTikus adalah sebuah portal teknologi online yang memberikan layanan download aplikasi dan games gratis, tidak hanya itu, JalanTikus juga menyajikan konten-konten menarik yang mengedukasi masyarakat dan juga memberikan hiburan yang unik.”

Kabarnya sih, honor yang disediakan Rp 50.000 per tulisan. Untuk menjadi anggota tim JalanTikus, kirimkan CV & Lamaran via emai ke info@jalantikus.com.

jalantikus

9. UCNews

Buka UCNews Indonesia. UC News adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor atau penulis lepas melalu kanal UC We- Media.

Anda harus daftar dulu. Kalau data sudah lengkap, tunggu persetujuan (approval) oleh pihak UC News karena untuk daftar UC News harus melalui tahap approval dulu baru bisa menulis dan menghasilkan uang.

uc news indonesia

10. Nulis

Nulis yang merupakan website yang menyediakan artikel kehidupan sehari-hari. Biasanya menyangkut tips. Media ini menyediakan kesempatan buat para penulis jadi kontributor.

Setiap orang mendapatkan kesempatan untuk menjadi ICs di Nulis, sepanjang mampu menghasilkan karya yang berkualitas dan sesuai dengan tata aturan yang diterapkan.

nulis website

Selain 10 situs untuk penulis lepas di atas, mungkin masih banyak yang lainnya, tapi ada juga yang sudah tidak online alias tutup. Semoga daftar situs penulis lepas di atas masih “hidup” dan “kuat bayar penulis” ya.

Demikian Lowongan Menulis Online: Daftar 10 Situs untuk Penulis Lepas. Berminat? Punya pengalaman? Silakan share! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Kirim Tulisan lowongan penulis Menulis Penulis Lepas Situs Penulis Web Penuulis Freelance

Related Post

  1. author
    Dewi3 months agoReply

    BaBe & JalanTikus udah gak nerima tulisan sejak dahulu kala~~

Leave a reply