Lowongan Menulis Online: Daftar 10 Situs untuk Penulis Lepas

43708 views

Sejumlah situs menerima tulisan dan menyediakan honor. Anda menulis, dibayar! Anda bisa bisa menjadi penulis lepas (freelancer) atau menulis online (content writer) untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

menulis online penulis lepas

DULU para penulis artikel biasa mengirimkan tulisannya ke koran, tabloid, atau majalah untuk dipublikasikan dan dapat honor.

Kini, para penulis juga masih bisa melakukannya, namun kian terbatas seiring tergerusnya media cetak oleh media online (media siber).

Para penulis “zaman now” bisa beralih ke media online, jika lowongan menulis di media konvensional menyempit atau bahkan sudah tertutup.

Berikut ini lowongan menulis online untuk para penulis artikel lepas (freelance writer) juga wartawan lepas. Anda akan dibayar atau mendapatkan honorarium dengan menulis di situs-situs atau website berikut ini.

Daftar Situs yang Membayar Penulis Lepas

Berikut ini daftar website yang menerima tulisan penulis lepas dan menyediakan honor atau bayaran.

1. Rancah.com

Kunjungi Rancah.com dan Anda bisa menulis tentang apa pun yang menjadi perhatian atau bidang keahlian Anda. Seperti taglinenya “The Netizen Talk”, di Rancah.com Anda bisa menulis tentang apa saja yang sedang trending, viral, atau sedang hangat-hangatnya.

Menulis di Rancah.com Anda bisa mendapatkan uang tambahan. Setiap tulisan Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah views dari artikel yang Anda tulis dan lolos publikasi mereka.

Bergabung di situs ini juga mudah saja. Cukup mendaftar, Anda langsung bisa memulai menulis dan mulailah mengumpulkan pundi-pundi uang yang akan ditransfer setiap awal bulan (gajian dong… 😀 ). Daftarkan diri Anda dan jadilah penulis lepas!

rancah id card penulis lepas

2. Vebma

Kunjungi Vebma. “Dapatkan penghasilan tambahan dengan menulis online,” demikian tertulis di halaman depannya. Anda bisa login dengan akun Facebook atau email.

Vebma adalah portal artikel dan membuka kesempatan buat para penulis lepas untik menjadi kontributor.

Vebma menyediakan honor Rp10 ribu per tulisan. Bila tulisan berhasil mendapatkan 1.000 page views (jumlah kunjungan), akan mendapatkan bonus Rp1.200.

menulis di vebma

3. Voxpop

Kunjungi Voxpop Indonesia. Voxpop mengklaim sebagai rumah besar para penulis, komikus, dan fotografer Indonesia.

Jika ingin menjadi kontributor atau penulis lepa di Voxpop, kirim saja email ke mail@voxpop.id dengan menyertakan identitas dan biodata singkat.

Voxpop Indonesia menerima tulisan opini dengan sudut pandang beragam. Satu tulisan bisa dibayar hingga Rp250.000.

voxpop indonesia

4. IDN Times

Buka IDN Times. Disebutkan, menulis di IDN Times bisa mendapatkan bayaran hingga jutaan rupiah! Wow!

“Terbitkan Artikelmu di IDN Times Community, Dapatkan Penghasilan Hingga Jutaan Rupiah. 1 artikel saja bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah lho!”

IDN Times merilis kanal IDN Times Community pada Februari 2017. IDN Times Community merupakan platform menulis dari IDN Times untuk generasi millennial Indonesia yang memiliki hobi dan ketertarikan di dunia tulis-menulis.

Setiap tulisan yang kamu submit, pastinya akan mendapatkan kesempatan untuk dibaca dan di-share oleh jutaan orang!

Soal honor tulisan, penghasilan berupa POIN dari views. 100 views = 1 poin. Minimum jumlah poin yang bisa ditukarkan (redeem) adalah 2500 poin atau sama dengan Rp 250.000. Uang akan ditranser ke rekening.

IDNtimes

 

5. Geotimes Indonesia

Buka Goeotimes. Situs ini mengklasim sebagai portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. Tema artikel lebih mengedepankan isu aktual dan timeless.

Ketentuan Pengiriman Naskah antara lain tulisan terdiri dari 750 – 1000 kata dan merespons isu-isu aktual. Redaksi akan memproses seleksi dan penyuntingan, apabila layak, maksimal 2 minggu setelah pengiriman sudah diterbitkan.

Honor yang disediakan Rp350.000 per tulisan. Bayarannya bisa lebih dari sejuta jika itu memang dari ahlinya. Pemimpin redaksi Geotimes Indonesia adalah wartawan senior Farid Gaban.

geotimes indonesia

6. Remotivi

Buka Remotivi. Ketentuan pengiriman tulisan di menu Kirim Tulisan.

Remotivi adalah pusat studi media dan komunikasi. Cakupan kerjanya meliputi penelitian, advokasi, dan penerbitan. Remotivi bisa membayar tulisan mulai Rp350.000 hingga Rp1.500.000 per tulisan.

remotivi

7. Basabasi

Buka Basabasi. Situs ini memiliki tagline “tempat nongkrong dan bercerita”. Basabasi fokus ke sastra atau artikel fiksi. Ketentuannya ada di laman Cara Mengirim Tulisan ke Basabasi.

Basabasi menerima cerpen, puisi, esai, resensi buku, dan hibernasi atau artikel ringan. Setiap tulisan dihargai berbeda. Tulisan ringan Rp100.000, cerpen dan esai Rp300.000, puisi Rp250.000 dan resensi buku Rp200.000.

Setiap tulisan yang masuk ke mereka akan dikurasi. Jika lolos, maka tulisannya akan ditayangkan. Mereka juga tidak membatasi berapa pun tulisan yang dikirim. Jika banyak dan semuanya lolos, maka akan mereka tayangkan. Yang menariknya lagi, setiap penulis yang pertama kali tulisannya tayang akan diberi kaos dari Basabasi.

basabasi-co

8. UCNews

Buka UCNews Indonesia. UC News adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor atau penulis lepas melalu kanal UC We- Media.

Anda harus daftar dulu. Kalau data sudah lengkap, tunggu persetujuan (approval) oleh pihak UC News karena untuk daftar UC News harus melalui tahap approval dulu baru bisa menulis dan menghasilkan uang.

uc news indonesia

9. Nulis

Nulis yang merupakan website yang menyediakan artikel kehidupan sehari-hari. Biasanya menyangkut tips. Media ini menyediakan kesempatan buat para penulis jadi kontributor.

Setiap orang mendapatkan kesempatan untuk menjadi ICs di Nulis, sepanjang mampu menghasilkan karya yang berkualitas dan sesuai dengan tata aturan yang diterapkan.

nulis website

Selain 10 situs untuk penulis lepas di atas, mungkin masih banyak yang lainnya, tapi ada juga yang sudah tidak online alias tutup. Semoga daftar situs penulis lepas di atas masih “hidup” dan “kuat bayar penulis” ya.

10. Get Craft

GeCraft hadir untuk content creator. GetCraft adalah marketplace yang membantu pelaku bisnis kreatif dan marketers untuk bertemu dan berkolaborasi dalam kegiatan pemasaran, mulai dari merancang strategi, membuat konten, hinga mendistribusikan konten (media placement).

Nulis Artikel Dibayar

Berbeda dengan website penulis artikel lainya, ini merupakan platform kusus yang hanya mempertemukan penulis dengan kliennya.

Nantinya klien Anda yang berhak memilih siapa di antaranya yang sesuai dengan keinginanya. Jika sudah cocok, maka Anda akan di-hire untuk menjadi penulis. Anda dapat memberikan harga sendiri.

Menulis di Situs Berita

Bagaimana dengan situs berita? Apakah menerima tulisan dan menyediakan honor?

Situs berita seperti detikcom juga menerima tulisan dari luar. Mereka menyediakan rubrik Kolom dan Opini. Dalam rilisnya, detikcom mengundang pembaca untuk mengirimkan karya-karya terbaik ke redaksi.

“Jangan sungkan, jangan ragu, bergabunglah bersama kami dalam arus perubahan dan perkembangan media online terkini,” tulisnya.

“Kirimkan kolom ataupun opini Anda mengenai isu-isu politik, ekonomi dan sosial budaya secara umum, juga tulisan-tulisan lain non-berita, semacam esai atau prosa yang berangkat dari pengalaman pribadi yang emosional, reflektif, mengenai suatu tema atau tempat, berkaitan dengan memori kolektif, yang bisa dibagi kepada pembaca, untuk melihat fenomena masa kini, menjembatani pemahaman antara masalalu dengan masa sekarang.”

Tulisan hendaknya tidak lebih dari 6000 karakter, orisinal, belum pernah dimuat di media lain, disertai dengan identitas atau biodata diri singkat (dalam satu-dua kalimat untuk dicantumkan ketika tulisan tersebut dimuat), serta foto diri yang menarik. Kirimkan tulisan Anda ke redaksi@detik.com atau mumu@detik.com, dan kami tunggu mulai hari ini.

Setiap tulisan tentu akan melalui proses kurasi yang ketat, dan redaksi berhak menyunting dan melakukan penyesuaian lain seperlunya tanpa mengubah esensi isi dan pesan yang hendak disampaikan. Tersedia honorarium yang layak untuk setiap tulisan yang dimuat, yang bisa dipakai untuk mentraktir ngopi segenap teman, ataupun menambah uang saku jalan-jalan Anda.

Link Kirim Tulisan ke Detikcom

Menulis di Detikcom

Situs Lainnya

Sebelumnya, setidaknya ada dua situs lagi yang menerima penulis lepas, yaitu Babe dan Jalan Tikus. Namun kabarnya, Babe dan Jalan Tikus sudah menghentikan layanannya ini.

Babe

Silakan kunjungi Babe. Aplikasi baca berita ini membuka kesempatan bagi para penulis untuk bergabung dengan Komunikasi Kontributor. Menulis artikel di BaBe akan dibayar Rp 50.000 per satu artikel, dengan syarat viewers atau pembaca harus mencapai minimal 100 viewers.

Panduan Menulis Artikel di Babe a.l. artikel harus bersifat mendalam (indepth) dengan minimal 550 kata dan maksimal 800 kata, bukan copas atau jiplakan tulisan milik orang lain. Topik tersedia di ragam kategori tulisan, mulai sosial, politik, hiburan, hingga agama (Islam).

babe baca berita

Jalan Tikus

Buka Jalan Tikus. Situsi ini fokus ke topik teknologi dan gadget. “JalanTikus adalah sebuah portal teknologi online yang memberikan layanan download aplikasi dan games gratis, tidak hanya itu, JalanTikus juga menyajikan konten-konten menarik yang mengedukasi masyarakat dan juga memberikan hiburan yang unik.”

Kabarnya sih, honor yang disediakan Rp 50.000 per tulisan. Untuk menjadi anggota tim JalanTikus, kirimkan CV & Lamaran via emai ke info@jalantikus.com.

jalantikus

Demikian Lowongan Menulis Online: Daftar 10 Situs untuk Penulis Lepas. Berminat? Punya pengalaman? Silakan share! Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Kirim Tulisan lowongan penulis Menulis Penulis Lepas Situs Penulis Web Penuulis Freelance

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

  1. author
    renda069 months agoReply

    Nice. Terimakasih. Bisa tambah tempat buat upload upload tulisan lagi…

  2. author
    Dewi1 year agoReply

    BaBe & JalanTikus udah gak nerima tulisan sejak dahulu kala~~

    • author
      Gam11 months agoReply

      wah pantes pngn nulis lagi gk bisa, waktu itu cuma sempet nulis beberapa artikel doang dan sekarang udh gk bisa lagi

    • author
      Linus10 months agoReply

      kira-kira yang masih on sampai sekarang apa ya?

Leave a reply