Jenis-Jenis Media Humas

5560 views

Salah satu tugas penting humas (public relations) adalah menangani media publikasi atau media humas (PR Media). Karenanya, praktisi humas atau staf PR wajib memiliki keterampilan menulis (writing skills) atau menguasai ilmu jurnalistik sebagai “ilmu mengelola konten media”.

media humas

Selain writing skills, dalam konteks media humas, praktisi PR juga harus menguasai desain komunikasi visual untuk merancang media kehumasan.

Media merupakan alat publikasi PR. Dilansir Binus Malang, dulu kinerja seorang humas diukur dari seberapa baik mereka membuat tulisan di surat kabar dalam menyampaikan press release.

Kini, humas profesional haruslah mampu menggunakan berbagai media, termasuk media online di internet, dan memanfaatkan berbagai alat komunikasi yang super canggih untuk mengomunikasikan pesan.

Pengertian Media Humas

Media humas atau PR media adalah segala bentuk sarana komunikasi dan saluran publikasi informasi yang dapat digunakan untuk publikasi informasi penting kepada publik.

Media Humas berfungsi sebagai sarana promosi, meningkatkan pelayanan atau pemasaran, meningkatkan kepercayaan publik, dan akhirnya menjaga dan meningkatkan citra lembaga (perusahaan/organisasi).

Jenis-Jenis Media Humas

Jenis-Jenis Media Humas dibagi menjadi dua kategori, yaitu: media eksternal dan media internal.

Media eksternal yaitu media massa atau media pers untuk publikasi siaran pers (press release), pemasangan iklan, dan kegiatan hubungan media (media relations).

Media eksternal kehumasan ini terdiri dari:

  1. Media Cetak — surat kabar (koran), tabloid, majalah.
  2. Media Penyiaran — radio dan televisi
  3. Media Siber — situs berita atau media pers online

Media internal humas yaitu media yang diproduksi oleh humas sendiri, meliputi media humas konvensional dan media humas modern di internet (Online PR Tools).

Media Humas Konvensional

1. Inhouse Magazine

Disebut juga Company Magazines, House Journal,  atau Media Internal. Biasanya berbentuk majalah. Desain atau tampilan dan rubrikasi seperti majalah umum/komersil, namun isinya tentang informasi seputar “dapur” lembaga atau aktivitas lembaga.

Baca: Manajemen Media Internal Inhouse Magazine

2. Newsletter

Secara harfiyah artinya “laporan berkala” atau “surat berita”. Media informasi &komunikasi internal lembaga, biasanya terdiri dari dua hingga delapan lembar kertas kwarto atau folio, tanpa cover. Isinya bervariasi mirip majalah, misalnya agenda dan berita kegiatan, artikel, feature, gambar, dsb.

3. Brosur (Brochure) 

Selebaran, satu halaman kertas yang terlipat dua atau lebih, berisi keterangan, informasi, atau gambaran tentang sebuah perusahaan, instansi, produk, atau jasa, atau bisa juga berisi sebuah ide dan kegiatan. Penyebaran: dibagi-bagikan langsung kepada publik.

4. Booklet

Mirip brosur. Buku kecil tanpa jilid/cover berisi informasi dan gambar tentang suatu produk atau jasa. Bisa terdiri dari beberapa lembar kertas sehingga menyerupai buku. Penyebaran: dibagi-bagikan langsung kepada publik.

5. Flyer

Brosur atau selebaran, biasanya digantung.

6. Pamflet

Ukuran satu halaman kertas print

7. Leaflet

ukuran kertas kecil.

8. Poster

“Surat tempelan”, ukuran kertas besar, disebarkan dengan cara ditempel.

9. Spanduk

10 Papan Reklame

Jenis media humas berupa brosur hingga papan reklae di atas dikenal dengan sebutan Media Luar Ruang (Outdoor Media).

11. Folder

Bentuknya mirip map, namun berisi banyak informasi dan bagian dalamnya terdapat kantung untuk menyimpan aneka berkas seperti surat, brosur, leaflet, kartu nama, dan sebagainya.  Folder dapat berfungsi sebagai tempat penyimpan berkas informasi atau promosi.

12. Kalender

Ini media promosi yang berlaku satu tahun penuh! Jangan sampai ‘gak punya tuh.

13. Buku

Isi buku ini bisa bermacam-macam, misalnya saja mengenai seluk-beluk organisasi, petunjuk lengkap mengenai cara penggunaan produk-produknya atau bisa juga mengenai keterangan tentang berbagai aspek yang berkenaan dengan produk atau organisasi itu sendiri.

14. Audio-visual

Media ini terdiri dari slide dan kaset video, film-film dokumenter.

Media Humas Modern (Online)

1. Website resmi 

Situs resmi lembaga yang buka 24 jam. Berisi berbagai informas dan dokumen yang bisa diakses oleh publik, kapan dan di mana saja. Informasi terbaru, produk, layanan, dan rilis online juga bisa dimuat di sini.

Humas harus mampu mengelola website, update, dan menerapkan Search Engine Optimization (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari.

2. Media Sosial

Akun resmi media sosial khususnya Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Selain media promosi, media sosial juga menjadi media interaksi lembaga dengan konsumen, klien, atau publik secara real time.

Humas harus mampu menerapkan Social Media Strategy (strategi mengelola media sosial) dan Social Media Monitoring (pengawasan media sosial).

3. Blogging

Dalam konteks media humas, blogging berupa business blogging atau corporate blogging, yaitu pembuatan konten untuk promosi, edukasi, atau pemasaran online (internet marketing).

Cek: Online PR Tools

Demikian pengertian dan jenis-jenis media humas atau media publikasi PR. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Humas Kelengkapan Humas Peran Humas PR Tools public relations

Related Post

Leave a reply