Mengatasi Error Saat Edit Posting Blog – Disable ModSecurity

521 views

Dalam seminggu terakhir ini, saya lagi rajin-rajinnya edit dan update postingan di blog ini. Update posting terbukti meningkatkan pengunjung (traffic).

 

modsecurity

 

Namun, ada dua tulisan yang saat diedit, blog ini malah jadi error, tidak bisa diakses.

Yang pertama, tulisan yang berisi kode JavaSscript. Usai diedit, tidak bisa disave. Blog malah jadi error.

Setelah kode itu JS itu dihapus, hasil edit dan update baru bisa disave. No error.

Yang kedua, ini yang paling parah, saat mengedit postingan yang mengandung beberapa istilah bahasa Inggris. Berkali-kali diedit, berkali-kali pula gagal disimpan, dan fatalnya… romeltea.com tidak bisa diakses sama sekali.

Parahnya lagi, cpanel pun tidak bisa diakses.

Nah, kalu sudah menyangkut Cpanel, langsung saya membuat “support ticket”. Hasilnya, ditemukan masalah Error Saat Edit Posting dan solusinya.

Ketanya, IP ISP saya terblokir dikarenakan adanya Rules yang diduga oleh ModSecurity merupakan aktivitas yang dapat membahayakan keamanan hosting.

Ternyata “Si Emod” ini sumber masalahnya.

Maka dari itu, saat melakukan editing, saya disarankan menonaktifkan (disable) secara sementara ModSecurity via Cpanel. Setelah melakukan editing post, saya dapat mengaktifkan kembali ModSecurity tersebut.

Saran saya jalankan. Alhamdulillah, editing & updating tulisan lancar jaya!

Dari dua kasus di atas, saya menarik “hikmah”, jika terjadi Error Saat Edit Posting, kemungkinannya:

  1. Ada kode script yang dicurigai membahayakan hosting atau blog. Waspada dengan kode-kode yang disisipkan di postingan.
  2. Disable ModSecurity  untuk sementara, jika terjadi error saat edit, lalu Enable-kan lagi. Soalnya, ModSecurity adalah aplikasi firewall, Open source, yang memberikan perlindungan Halaman Web host di server.

Itu saja sekedar berbagi pengalaman dengan sesama pengguna blog selfhosted CMS WordPress. Untuk bantuan 24 jam nan cepat, Anda bisa gunakan provider domain-hosting Qwords saat akan membuat blog atau website dengan WP.

Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Blogging Error Blog Mengatasi Error WP Wordpress

Related Post

Leave a reply