Pengertian Presentasi, Contoh, Tips, dan Jenis-Jenisnya

Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi public speaking atau berbicara di depan umum (orang banyak). Presentasi biasanya dilakukan pemateri pelatihan, dosen, guru, marketer, dll. Berikut ini Pengertian Presentasi, contoh, tips, dan jenis-jenisnya.

presentasi

Pengertian Presentasi

Presentasi adalah penyajian suatu ide, pemikiran, program, produk, atau layanan. Presentasi biasa dilakukan oleh pemateri pelatihan, dosen, guru, marketer, sales, dan sebagainya.

Presentasi termasuk kegiatan berbicara, komunikasi lisan, atau komunkasi verbal di hadapan banyak orang (public speaking).

Presentasi sering dibawakan dalam acara acara bisnis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian presentasi adalah proses memperkenalkan, menyajikan, dan atau mengemukakan sesuatu dalam suatu diskusi atau forum.

Baca Juga

presentasi/pre·sen·ta·si/ /préséntasi/ n 1 pemberian (tentang hadiah); 2 pengucapan pidato (pada penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (tentang seseorang kepada seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara, film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang;

Menurut “Kamus Google”, presentasi (presentation) artinya:

  • the giving of something to someone, especially as part of a formal ceremony (pemberian sesuatu kepada seseorang, terutama sebagai bagian dari upacara formal).
  • a speech or talk in which a new product, idea, or piece of work is shown and explained to an audience. (pidato atau pembicaraan di mana produk, ide, atau karya baru ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens).

Menurut Cambridge Dictionary, presentasi artinya:

  • a talk giving information about something (pembicaraan yang memberikan informasi tentang sesuatu)
  • an occasion when prizes, qualifications, etc. are formally given to those who have won or achieved them (suatu kesempatan ketika hadiah, kualifikasi, dll. secara resmi diberikan kepada mereka yang telah memenangkan atau mencapainya)
  • the way something looks when it is shown to other people, or the way someone looks (cara sesuatu terlihat saat diperlihatkan kepada orang lain, atau penampilan seseorang)
  • the act of giving or showing something, or the way in which something is given or shown (tindakan memberi atau menunjukkan sesuatu, atau cara di mana sesuatu diberikan atau diperlihatkan)
  • a talk to a group in which information about a new product, plan, etc. is presented (pembicaraan dengan kelompok di mana informasi tentang produk baru, rencana, dll disajikan).

Secara umum, pengertian presentasi adalah kegiatan berbicara di depan hadirin yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Orang yang menyampaikan presentasi disebut presenter. Orang yang mendengarkan presentasi disebut audiens.

Itu dia pengertian presentasi.

presentasi

Tujuan Presentasi

Tujuan presentasi bermacam-macam. Sebagaimana tujuan komunikasi pada umumnya, tujuan presentasi secara umum adalah menciptakan pemahaman bersama atau mengubah persepsi, bahkan perilaku.

Secara rinci, berikut ini tujuan presentasi:

  1. Menyampaikan informasi
  2. Memberikan pemahaman
  3. Membujuk atau persuasi
  4. Meyakinkan
  5. Memotivasi
  6. Promosi
  7. Menghibur
  8. Memberikan inspirasi.
  9. Mengajarkan keterampilan (skills)

Ada juga tujuan presentasi perkenalan atau mengenalkan diri.

Presentasi berupa pengenalan diri biasa digunakan ketika seseorang melakukan wawancara kerja, seperti seseorang yang melamar pekerjaannya lalu ia memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan data pribadi dan daftar riwayat hidupnya.

Cara Presentasi

Dalam penyampaian materi, presenter bisa menyampaikan materinya atau melakukan presentasi dengan cara:

  1. Menggunakan alat bantu visual (visual aids) — misalnya menggunakan slide power point di proyektor atau menggunakan catatan di whiteboard.
  2. Menggunakan catatan garis besar materi (using notes)
  3. Membacakan naskah presentasi lengkap (script reading)
  4. Menyampaikan hafalan naskah presentasi.

Presentasi dimulai dengan pembukaan, paparan materi, sesi tanya jawab, dan penutup. Untuk membuka presentasi, lihat Tips Membuka Presentasi yang Baik.

Jenis-Jenis Presentasi

Jenis-jenis presentasi berdasarkan cara penyampaian materi sama dengan jenis-jenis pidato atau public speaing sebagai berikut:

  1. Dadakan (Impromptu) – presentasi dilakukan secara mendadak tanpa persiapan apa pun.
  2. Baca Naskah (Manuscript) – membaca naskah atau membacakan naskah yang sudah disusun/disiapkan sebelumnya.
  3. Hafalan (Memoriter) – menyampaikan hapfalan teks atau naskah yang telah disediakan.
  4. Ekstempore – pembicara mempersiapkan materi dengan garis besarnya saja, kemudian pada saat presentasi akan dijabarkan secara mendetail.

Jenis presentasi paling umum dilakukan adalah jenis no. 4 dengan menggunakan slide yang dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint (PPt) atau Online Presentation Maker seperti Canva, Visme, Google Slides, dll.

Dari segi materi dan tujuan, jenis-jenis presentasi antara lain:

  1. Presentasi Bisnis — promosi produk/jasa.
  2. Presentasi Materi — pelatihan, kuliah, workshop, seminar, dll.
  3. Presentasi Laporan — progress report sebuah program.
  4. Presentasi Memecahkan Masalah

Dari segi gaya, berikut ini jenis gaya presentasi:

  1. Pelatih (Coach) — trainer, populer di kalangan pembicara motivasi.
  2. Penghubung (Connector) — pembicara menyoroti kesamaan mereka dengan audiens.
  3. Instruktur — gaya mengajar di kelas seperti dosen dan guru.
  4. Berkisah (Storytelling) — monolog, termasuk gaya penyiar radio.
  5. Visual — pembicara menggunakan slide yang besar dan berwarna-warni dengan jumlah teks yang sedikit.

Gaya visual paling umum dilakukan dalam presentasi. Ini adalah gaya yang bagus untuk pembicara yang percaya bahwa slide seharusnya hanya melengkapi pidato mereka atau yang memiliki waktu singkat untuk mempersiapkan dan menyajikan.

Demikian Pengertian Presentasi, Contoh, Tips, dan Jenis-Jenisnya. (Sumber: Indeed, Live and Learn, BPG).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *