Pengertian Viral

  • Whatsapp

Pengertian Viral

Pengertian viral sudah saya bahas sekilas di postingan Pengertian Hoax, Meme, dan Viral. Kali ini saya bahas khusus arti kata viral yang kini menjadi viral di media onlie, baik media berita maupun media sosial.

Viral menjadi salah satu kata/istilah populer di era internet, selain hoax, meme, dan istilah media online lainnya. Apa sebenarnya arti viral?

Pengertian Viral

Viral adalah singkatan dari bahasa Inggris, virus virtual. Virus adalah penyakit. Virtual artinya tidak nyata. Jadi, secara etimologis, viral artinya “virus yang tidak nyata”.

Namun, istilah ini berkembang menjadi kata tersendiri dan memiliki arti tersendiri pula. Kata viral sudah diadopsi kedalam bahasa Indonesia.

Berikut ini pengertian viral menurut KBBI Daring.

Viral:

  1. berkenaan dengan virus.
  2. bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus.

Laman Google Translate mengartikan kata viral (dalam bahasa Inggris) sebagai “virus”. Definisi viral dalam bahasa Inggris memiliki sinonim virus.

Viral:

  1. sifat, disebabkan oleh, atau berkaitan dengan virus atau virus.
  2. berkaitan dengan atau melibatkan gambar, video, potongan informasi, dll., yang diedarkan dengan cepat dan luas dari satu pengguna Internet ke pengguna Internet lainnya. Contoh: “iklan video viral”
  3. gambar, video, iklan, dll., yang beredar dengan cepat di Internet.

Menurut kamus Merriam-Webster, definisi virus adalah:

  1. dari, terkait dengan, atau disebabkan oleh virus
  2. dengan cepat dan luas menyebar atau dipopulerkan terutama melalui media sosial

Pengertian viral menurut kamus online Cambridge juga memiliki dua pengertian:

  1. Viral adalah kata sifat yang berhubungan dengan kesehatan (penyakit), yang artinya disebabkan oleh virus seperti terinfeksi virus (penyakit)
  2. Viral adalah kata sifat yang berhubungan dengan internet yang artinya adalah untuk menggambarkan sesuatu yang sangat cepat menjadi populer di kalangan pengguna internet dengan cara mempublikasikan atau mengirim email,ke orang-orang. Misalkan foto, video atau cuplikan informasi.

Kesimpulan, arti kata viral adalah “menyebar luas dengan cepat bagaikan virus” atau “menjadi populer di kalangan penguna internet atau warganet karena banyak dibagikan, dikomentari, atau disuka (like).”

Demikian pengertian viral.

Contoh penggunaan kata viral

Video viral adalah sebuah video yang menjadi populer melalui proses viral dari pembagian Internet, biasanya melalui situs web berbagi video, media sosial dan surat elektronik (Wikipedia).

Konten internet –teks, gambar, video– yang menjadi viral biasanya mengandung “nilai berita” unik, aneh, janggal, lucu banget, luar biasa, mengandung hal baru, menggemparkan, mengagetkan, dan sejenisnya. Umumnya video atau foto viral dibuat “tidak sengaja” atau kebetulan.*

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *