Cara Memilih Template Blog

Cara Memilih Template Blog

new-iwata-blogger-templateCara Memilih Template Blog yang Baik. Template atau tema (theme) yaitu desain tampilan blog.

Di platform blog Blogger, semula desain tampilan blog ini disebut Template. Kini sudah berubah jadi Tema (Theme), sebagaimana WordPress yang sejak awal memilih nama Theme.

Tema Blog sangat berlimpah, baik yang gratis (free donwload) maupun yang berbayar (premium).

Gaya tampilan tema pun sangat beragam, mulai yang simple (sederhana) hingga yang gaya majalah (magazine style) atau gaya situs berita (news site style).

Desain template blog simple biasanya seperti tampilan halaman hasil pencarian (SERP), berupa daftar judul plus snippet/summary. berurutan ke bawah. Seperti ini:

Desain template blog simple

Tampilan desain template blog gaya majalah tidak sesimple itu, tapi seperti ini:

Newspaper-WordPress-Theme

Tema blog simple akan lebih ringan (fast loading) ketimbang template gaya majalah/berita.

Silakan bebas memilih tampilan template blog yang mana, namun harus diperhatikan, mesin pencari Google menyarankan blog atau website tampil cepat saat dibuka (tidak lebih dari 4 detik), responsive atau ramah seluler (mobile-friendly).

Cara Memilih Template Blog

Template blog yang Anda pilih dan pasang di blog Anda hendaknya ramah mesin telusur (SEO Friendly) dan ramah pengguna (User Friendly) dengan ciri-ciri:

  1. Sederhana (Simple). Apalagi saat ini banyak –bahkan mungkin kebanyakan– pengguna internet mengakses website/blog melalui mobile (smartphone)
  2. Ringan (Fast Loading). Loading blog yang berat, lama tampil, akan ditinggalkan pengunjung.
  3. Ramah Seluler (Responsive/Mobile Friendly). Template blog yang Anda pilih hendaknya ramah seluler. Anda bisa cek demo template yang akan digunakan di Mobile-friendly test.

Template demikian akan membuat blog atau posting blog mudah dan cepat terindeks Google.

Indeks Google merupakan pintu pembuka bagi banyaknya pembaca atau pengunjung blog. Indeks Google yang baik akan membuat blog muncul di halaman depan hasil pencarian.

Simple, Ringan, dan Responsive merupakan desain template blog yang menjadi trending web design saat ini.

Apalagi tampilan blog “seramai” apa pun, kemungkinan lebih banyak dibuka di seluler atau di smartphone, sehingga yang tampil tetap versi seluler yang simple.

Anda bisa mengecek koleksi tema blogger simple di Koleksi Template Blogger Simple.

Demikian cara memilih template blog –panduan buat blogger pemula. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Alasan Mengapa Harus Punya Blog? Jangan tanya alasan "mengapa harus punya blog?" karena memang tidak ada yang mengharuskan. Namun, jika Anda ingin tahu seberapa penting peran blog bag...
Platform Blog Terbaik: WordPress vs Blogger Bagus Mana: Blogger atau WordPress? Blogspot.com atau Wordpress.com? ADA dua platform atau situs tempat membuat blog gratis terpopuler di dunia saa...
Situs Berita & Blogger Andalkan Google Adsens... Sumber penghasilan utama situs-situs berita dan para blogger adalah Google Adsense. So, be blogprenuer alias onlinepreneur sekarang juga! MEDIA onl...
10 Alasan Blog Lebih Baik dari Facebook Blogging (ngeblog, punya blog) lebih baik daripada Facebook. Anda boleh saja "Facebook-mania", aktif banget di Facebook, tapi... "but if you’re not bl...

COMMENTS